Tips Mengatasi Emosi Saat PMS

SHARE:

Tips Mengatasi Emosi saat PMS . PMS singkatan dari premenstrual syndrome atau bahasa kita berarti “sindrom sebelum menstruasi”. Menurut wiki...

Tips Mengatasi Emosi Saat PMSTips Mengatasi Emosi saat PMS. PMS singkatan dari premenstrual syndrome atau bahasa kita berarti “sindrom sebelum menstruasi”. Menurut wikipedia PMS merupakan kumpulan gejala berupa fisik, psikologis, serta emosi yang berkaitan dengan siklus menstruasi wanita. Sekitar 80-95 persen wanita mengalami gejala PMS yang dapat mengganggu kehidupannya. Gejala PMS dapat diperkirakan dan biasanya terjadi secara regular sebelum menstruasi. Namun hal tersebut bisa hilang begitu pendarahan dimulai, namun juga bisa berkelanjutan setelahnya.

Beberapa gangguan kesehatan seperti pusing, depresi, perasaan sensitif berlebih merupakan gejala yang datang sekitar dua minggu sebelum haid, namun hal tersebut dianggap hal yang wajar bagi wanita usia produktif. Sekitar 40% wanita berusia 14 – 50 tahun, menurut penelitian, mengalami sindrom PMS.

Lalu, bagaimana cara atau tips mengatasi emosi saat PMS? Sebelum Anda mengkomsumsi obat untuk mengatasi gejala PMS maka sebaiknya Anda meminimalisir penyebab-penyebab yang dapat membuat Anda stress dan usahakan untuk tenang dan rileks selama memasuki masa PMS.

Berikut beberapa tips mengatasi emosi saat PMS :

Tips Mengatasi Emosi Saat PMS

Kontrol Emosi dan Lakukan Diet

Hal pertama dan yang paling utama yang harus Anda perhatikan adalah makanan yang Anda konsumsi. Usahakan untuk menghindari makanan yang memiliki kadar garam tinggi atau makanan yang menyimpan banyak air dalam tubuh. Kurangi juga mengkonsumsi minuman kopi dan teh yang bisa menjadikan Anda mudah marah. Mengkomsumsi makanan dan minuman manis pun sebaiknya dikurangi.

Tips mengatasi emosi saat PMS berikutnya adalah hindari minuman beralkohol dan juga tembakau. Pada dasarnya alkohol dan tembakau dapat membuat Anda merasa santai, tapi setelahnya bisa meningkatkan risiko emosi yang tidak stabil. Tidur cukup dan berolahraga (senam-senam ringan) secara teratur lakukan dapat membantu mengatasi bahkan mencegah gejala PMS.

Menurut dokter, makanan kaya kalsium, mangan dan magnesium sudah terbukti efektif untuk mengurangi gejala PMS. Para dokter juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan asupan zat besi, lemak tak jenuh dan vitamin B6 sebagai tips mengatasi emosi saat PMS.

Tips Mengatasi Emosi Saat PMS

Kegunaan obat

Wanita mana yang suka dengan PMS, PMS cukup mengganggu bahkan kadang mengganggu keharmonisan hubungan dengan pasangan diakibatkan emosi yang tak terkendali, namun hal tersebut bukanlah suatu penyakit serius. Sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan obat, karena mepergunakan obat-obatan untuk mengatasi gejala PMS belum dapat ditoleransi dan termasuk gaya hidup yang tidak sehat demikian kutipan tips mengatasi emosi saat PMS.

Salah satu fungsi pil kontrasepsi adalah memblokir siklus ovulasi. Kandungan Progestin yang terdapat dalam pil KB bisa mengurangi gejala sindrom PMS dan mampu membantu Anda untuk rileks dan cepat tidur.

Obat lainnya yaitu anxiolytics bisa digunakan mengatasi gangguan psikologis terkait gangguan sindrom PMS ini. Obat-obat tersebut bisa digunakan dalam takaran dosis kecil selama beberapa hari setiap bulannya, pada paruh kedua siklus menstruasi.

Untuk mengurangi timbulnya konstipasi Anda bisa mengkonsumsi analgesik yakni obat penghilang rasa sakit atau obat anti-inflamasi.

Diuretik bisa membantu mengurangi rasa berat pada kaki, dan lebih baik gunakan celana ketat untuk mendukung fungsi obat tersebut secara maksimal.

Berbagai terapi alternatif seperti; homeopati, phytotherapy, atau akupunktur dapat membantu Anda mengatasi masalah PMS ini.

Tips Mengatasi Emosi Saat PMS

Demikian sedikit tips mengatasi emosi saat PMS, semoga bermanfaat!

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,Acne Treatment,2,Air Bebas Mineral,1,Aku dan Alam Semesta,1,anak,1,anti aging,1,Aplikasi,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,17,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,Demam,1,Dunia Wanita,52,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,1,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,1,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,2,games,1,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,35,Keluarga,31,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,18,Keuangan,4,Kisera,1,Klinik Kecantikan Bandung,1,Komunitas,2,Komunitas Bandung,1,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,29,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,13,Luka,1,Make Up Artist,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,13,Pengelolaan Keuangan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,1,Resep Masakan,9,Review,34,safi age defy,1,Senka Indonesia,1,Skincare,4,Software,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,11,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,1,wisata edukasi,1,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Tips Mengatasi Emosi Saat PMS
Tips Mengatasi Emosi Saat PMS
http://1.bp.blogspot.com/-LJBNJI7EwiQ/T83rcmXXTpI/AAAAAAAABZA/U87qNyMA-gM/s400/PMS.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-LJBNJI7EwiQ/T83rcmXXTpI/AAAAAAAABZA/U87qNyMA-gM/s72-c/PMS.jpg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2012/06/tips-mengatasi-emosi-saat-pms_5.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2012/06/tips-mengatasi-emosi-saat-pms_5.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi