recent

Tips Mengatasi Emosi Saat PMS

Tips Mengatasi Emosi Saat PMSTips Mengatasi Emosi saat PMS. PMS singkatan dari premenstrual syndrome atau bahasa kita berarti "sindrom sebelum menstruasi". Menurut wikipedia PMS merupakan kumpulan gejala berupa fisik, psikologis, serta emosi yang berkaitan dengan siklus menstruasi wanita. Sekitar 80-95 persen wanita mengalami gejala PMS yang dapat mengganggu kehidupannya. Gejala PMS dapat diperkirakan dan biasanya terjadi secara regular sebelum menstruasi. Namun hal tersebut bisa hilang begitu pendarahan dimulai, namun juga bisa berkelanjutan setelahnya.

Beberapa gangguan kesehatan seperti pusing, depresi, perasaan sensitif berlebih merupakan gejala yang datang sekitar dua minggu sebelum haid, namun hal tersebut dianggap hal yang wajar bagi wanita usia produktif. Sekitar 40% wanita berusia 14 - 50 tahun, menurut penelitian, mengalami sindrom PMS.

Lalu, bagaimana cara atau tips mengatasi emosi saat PMS? Sebelum Anda mengkomsumsi obat untuk mengatasi gejala PMS maka sebaiknya Anda meminimalisir penyebab-penyebab yang dapat membuat Anda stress dan usahakan untuk tenang dan rileks selama memasuki masa PMS.

Berikut beberapa tips mengatasi emosi saat PMS :

Tips Mengatasi Emosi Saat PMS


Kontrol Emosi dan Lakukan Diet

Hal pertama dan yang paling utama yang harus Anda perhatikan adalah makanan yang Anda konsumsi. Usahakan untuk menghindari makanan yang memiliki kadar garam tinggi atau makanan yang menyimpan banyak air dalam tubuh. Kurangi juga mengkonsumsi minuman kopi dan teh yang bisa menjadikan Anda mudah marah. Mengkomsumsi makanan dan minuman manis pun sebaiknya dikurangi.

Tips mengatasi emosi saat PMS berikutnya adalah hindari minuman beralkohol dan juga tembakau. Pada dasarnya alkohol dan tembakau dapat membuat Anda merasa santai, tapi setelahnya bisa meningkatkan risiko emosi yang tidak stabil. Tidur cukup dan berolahraga (senam-senam ringan) secara teratur lakukan dapat membantu mengatasi bahkan mencegah gejala PMS.

Menurut dokter, makanan kaya kalsium, mangan dan magnesium sudah terbukti efektif untuk mengurangi gejala PMS. Para dokter juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan asupan zat besi, lemak tak jenuh dan vitamin B6 sebagai tips mengatasi emosi saat PMS.

Tips Mengatasi Emosi Saat PMS


Kegunaan obat

Wanita mana yang suka dengan PMS, PMS cukup mengganggu bahkan kadang mengganggu keharmonisan hubungan dengan pasangan diakibatkan emosi yang tak terkendali, namun hal tersebut bukanlah suatu penyakit serius. Sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan obat, karena mepergunakan obat-obatan untuk mengatasi gejala PMS belum dapat ditoleransi dan termasuk gaya hidup yang tidak sehat demikian kutipan tips mengatasi emosi saat PMS.

Salah satu fungsi pil kontrasepsi adalah memblokir siklus ovulasi. Kandungan Progestin yang terdapat dalam pil KB bisa mengurangi gejala sindrom PMS dan mampu membantu Anda untuk rileks dan cepat tidur.

Obat lainnya yaitu anxiolytics bisa digunakan mengatasi gangguan psikologis terkait gangguan sindrom PMS ini. Obat-obat tersebut bisa digunakan dalam takaran dosis kecil selama beberapa hari setiap bulannya, pada paruh kedua siklus menstruasi.

Untuk mengurangi timbulnya konstipasi Anda bisa mengkonsumsi analgesik yakni obat penghilang rasa sakit atau obat anti-inflamasi.

Diuretik bisa membantu mengurangi rasa berat pada kaki, dan lebih baik gunakan celana ketat untuk mendukung fungsi obat tersebut secara maksimal.

Berbagai terapi alternatif seperti; homeopati, phytotherapy, atau akupunktur dapat membantu Anda mengatasi masalah PMS ini.

Tips Mengatasi Emosi Saat PMS


Demikian sedikit tips mengatasi emosi saat PMS, semoga bermanfaat!

No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.