Aset, Omzet dan Profit

SHARE:

Apa itu aset, omzet dan profit, simak penjelasannya berikut ini



Apa itu Aset?

Aset adalah istilah yang tentu sudah sering kita dengar, terutama apabila bicara soal keuangan perusahaan. Apa yang dimaksud dengan aset?

Aset adalah sumber daya Dikutip dari Investopedia, aset adalah sumber daya dengan nilai ekonomi yang dimiliki atau dikendalikan oleh individu, perusahaan, atau negara dengan harapan akan memberikan manfaat di masa depan. 

Aset dilaporkan di neraca perusahaan dan dibeli atau dibuat untuk meningkatkan nilai perusahaan atau menguntungkan operasi perusahaan.  

Aset adalah dapat dianggap sebagai sesuatu yang, di masa depan, dapat menghasilkan arus kas, mengurangi pengeluaran, atau meningkatkan penjualan, terlepas dari apakah itu berupa aset berwujud maupun tak berwujud. 

Sementara dalam akuntansi, pengertian aset adalah sebagai kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan ketika melakukan proses operasinya. Dalam praktik akuntansi, nilai aset suatu perusahaan akan terus diperbaharui dan harus dilaporkan dalam laporan keuangan. 

Sementara apa yang dimaksud aset merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aset adalah sesuatu yang memiliki nilai tukar. Arti aset lainnya adalah kekayaan. 

Aset adalah komponen penting karena menunjang berjalannya aktivitas perusahaan. Tanpa adanya aset, perusahaan tidak akan bisa menjalankan roda bisnisnya sama sekali.

Sifat Aset

1. Aset adalah sumber daya Aset merupakan sumber daya, baik perorangan maupun pribadi, yang bisa dimanfaatkan secara ekonomi. 

2. Aset bisa diperjualbelikan Karena aset memiliki nilai ekonomi, tentunya aset adalah bisa diperjualbelikan, dalam hal ini bisa ditukar dengan aset lainnya yang bernilai sama. 

3. Aset bisa dikonversikan menjadi uang tunai Aset adalah harta, sehingga tentunya bisa dikonversikan menjadi uang tunai, meski pada dasarnya uang juga adalah aset.  

4. Dikuasai perusahaan atau perorangan Sifat aset adalah dimiliki dan atau dikuasai suatu perusahaan agar menghasilkan nilai lebih tinggi. Aset dapat berasal dari kepemilikan pribadi (dibeli dengan modal sendiri), hibah, atau diberi hak pemakaian oleh orang lain. 

5. Memberikan manfaat di masa depan Sifat dari aset adalah wajib memiliki sifat produktif, yang artinya mampu menambah kas dan mengurangi hutang. Selain itu, aktiva juga dapat menghasilkan barang dan jasa, melunasi kewajiban perusahaan, memenuhi keperluan bisnis, dan dapat ditukar dengan bentuk aktiva lain.

6. Diperoleh dari transaksi ekonomi di masa lalu Aset adalah sumber daya berasal dari aktivitas yang timbul di masa lalu. Setiap transaksi ekonomi perusahaan dahulu akan berdampak pada hal-hal di masa sekarang, salah satunya aktiva. Terkumpulnya aktiva biasanya dikarenakan penambahan profit, hibah, dan sebagainya. 

7. Aset adalah dapat dipindatangankan  Sifat selanjutnya dari aset adalah bisa dipindahtangankan. Baik dipinjamkan maupun dibeli.

Apa Perbedaan Omzet dan Profit dalam Bisnis Adalah?

Omzet dan profit adalah hal yang berbeda. Apa itu omzet atau profit? Apa perbedaan di antara keduanya? Agar lebih jelas, simak ulasan berikut dari Blog Mekari Jurnal.

Sebagai seorang pengusaha, Anda pasti sering diberikan pertanyaan mengenai berapa omzet yang didapatkan? Atau berapa profit nya? Kedua pertanyaan tersebut merupakan pembicaraan yang umum di kalangan para pengusaha.

Selain sebagai pembicaraan yang umum, omzet dan profit juga perlu dipahami oleh pengusaha karena keduanya merupakan bagian  dari sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

Melalui omzet dan profit bisa diketahui bagaimana penjualan dari sebuah perusahaan dan apakah perusahaan tersebut dapat berjalan untuk beberapa tahun kedepan.

Pengertian Omzet dan Profit

Secara pengertian, omzet merupakan jumlah uang hasil penjualan barang (dagangan) tertentu selama suatu masa jual.

Uang yang Anda dapatkan tersebut belum dikurangi HPP dan biaya (listrik, air, gaji, perlengkapan dsb). Dapat dikatakan omzet adalah laba kotor atau pendapatan kotor yang dihasilkan usaha anda.

Sementara, profit adalah pendapatan bersih perusahaan atau jumlah uang yang Anda hasilkan dari penjualan dalam periode tertentu yang sudah dikurangi dengan HPP dan biaya.

Dapat dikatakan juga sebagai laba bersih atau pendapatan bersih. Dari pengertian tersebut sudah dapat dibedakan bukan, bahwa omzet dan profit adalah hal yang berbeda sehingga jika seorang pengusaha membicarakan omzetnya bukan berarti itu adalah profit atau keuntungan yang didapatkan.

Cara Menghitung Omzet dan Profit

Merujuk pengertiannya, omzet dapat dihitung dengan cara mengalikan harga dan kuantitas produk yang dijual. Jika dituliskan sebagai berikut:

Omzet = Harga × Jumlah Produk

Sebagai contoh misalkan pada periode ini Anda memproduksi barang atau produk sebanyak 1000 unit dengan harga jual sebesar Rp10.000 per unit, maka omzet Anda pada periode tersebut adalah sebanyak 1000 unit x 10.000 = 10.000.000.

Sedangkan, untuk profit atau keuntungan dihitung dengan cara adalah berikut ini:

Penjualan 10.000.000

Retur penjualan (500.000)

Penjualan bersih 9.500.000

HPP (6.000.000)

Laba kotor 3.500.000

Beban usaha (1.000.000)

Laba sebelum pajak 2.500.000

Pajak (250.000)

Laba bersih (Profit) 2.250.000

Omzet & Profit dalam Bisnis

Setelah memahami pengertian dan cara menghitung omzet dan profit, berarti Anda sudah dapat menentukan mana yang lebih harus Anda kejar dalam bisnis bukan?

Omzet ataupun profit juga dapat disesuaikan dengan tipe usaha atau bisnis yang dijalankan.

a. Omzet

Omzet yang besar dapat Anda peroleh dengan bisnis yang memiliki produk yang memiliki perputaran persediaan yang cepat.

Maksudnya, produk bisnis tersebut memiliki tanggal kadaluwarsa yang cepat sehingga penjualan harus cepat dilakukan karena jika tidak, bukan omzet yang didapatkan melainkan rugi.

Selain itu, Anda juga harus mengukur cashflow dan profit yang tepat sehingga jika perputaran produk ternyata lama Anda perusahaan tidak langsung merugi. Dengan demikian, bisnis Anda berorientasi jangka panjang juga.

b. Profit

Jika Anda ingin mendapatkan profit yang besar maka bisnis yang cocok adalah tipe bisnis dengan produk pasar ritel.

Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk menjual produk yang tidak memiliki waktu kadaluwarsa.

Namun, untuk mendapatkan profit yang adalah besar biasanya pelaku usaha memilih bisnis dengan orientasi jangka pendek dan persaingan yang ketat sehingga Anda harus bekerja sangat keras untuk mendapatkan profit yang besar.

Manfaat Memahami Omzet dan Bisnis

Memberi tahu tentang masalah kualitas atau produksi. Omzet rendah mungkin karena masalah dengan produk atau layanan Anda yang dapat Anda perbaiki secepatnya.

Membantu persiapan dan cara menghitung laba rugi. Lagi pula, Anda tidak dapat menilai keuntungan Anda tanpa terlebih dahulu menghitung omzet penjualan Anda.

Memberi kesempatan untuk berinvestasi ketika omzet tinggi. Jika omzet Anda tinggi, Anda dapat menggunakan keuntungan ekstra untuk memasukkan lebih banyak uang ke bidang bisnis lainnya.

Memberi kesempatan untuk menyesuaikan pengeluaran lain saat omzet rendah. Dengan cara ini, Anda adalah masih bisa menghasilkan untung (profit).

Apakah omzet dan profit adalah dapat diperoleh bersamaan? Dari beberapa uraian di atas mungkin, Anda memiliki pertanyaan demikian.

Omzet dan profit dapat diperoleh dalam satu waktu jika Anda memiliki penjualan yang terus meningkat dan cashflow yang sehat.

Banyak orang berpikir jumlah omzet berbanding lurus dengan jumlah profit. Nyatanya tidak selalu demikian. Secara ideal, jumlah omzet memang seharusnya lebih besar dibanding profit.

Dengan mengetahui apa itu omzet dan profit melalui artikel di atas, kini Anda bisa lebih fokus untuk membedakan serta menarik kesimpulan dari pendapatan yanga adalah didapat dari perusahaan Anda.

Sumber: Kompas.com & Jurnal.id

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,2021,1,Acne Treatment,5,Air Bebas Mineral,1,Aksara Nusantara,1,Aku dan Alam Semesta,1,alfagift,1,anak,2,anemia,1,anti aging,2,Aplikasi,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bahasa,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,24,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,COVID-19,1,Demam,1,Demfarm,1,Drama Korea,1,Dry Skin Lotion,1,Dunia Wanita,59,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,2,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,2,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,2,games,3,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hampers Lebaran,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,HappyFresh,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,40,Kecantikan,1,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,40,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,21,Keuangan,5,Kisera,1,KitaBeli,1,Klinik Kecantikan Bandung,2,Komunitas,2,Komunitas Bandung,2,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,29,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,15,Lingkungan,1,Luka,1,Make Up Artist,1,Menanam,1,Merajut Indonesia,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,movie,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,online shopping,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,13,Pengelolaan Keuangan,1,Perawatan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Petani Millenial,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,2,Resep Masakan,9,Review,40,safi age defy,1,Salon,1,Senka Indonesia,1,Skin Treatment Expert,1,Skincare,5,Social Commerce,1,Software,1,Spa,1,The Body Shop® Green Ramadan,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,12,Ultimate Acne Cure,1,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,2,wisata edukasi,2,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Aset, Omzet dan Profit
Aset, Omzet dan Profit
Apa itu aset, omzet dan profit, simak penjelasannya berikut ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_XBIIRSt-Wy1sEfwrIxYLYVfVzKPpeNoH8KChFW75g2XqMlIxHWn7LZtdHTHjBjlaqe0HUdkbNEjI2PW0AZ_JLZsFaJSrWtPTVljqvVb3EF_zA63LuKQtOSdMOdZDOXdqKPYTDCIYNrVn7XpAvFYX525X9O4zYWutFYeDpklnrSB150nunk7_16Yo/s320/Aset,%20Omzet%20dan%20Profit.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_XBIIRSt-Wy1sEfwrIxYLYVfVzKPpeNoH8KChFW75g2XqMlIxHWn7LZtdHTHjBjlaqe0HUdkbNEjI2PW0AZ_JLZsFaJSrWtPTVljqvVb3EF_zA63LuKQtOSdMOdZDOXdqKPYTDCIYNrVn7XpAvFYX525X9O4zYWutFYeDpklnrSB150nunk7_16Yo/s72-c/Aset,%20Omzet%20dan%20Profit.jpg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2022/09/aset-omzet-dan-profit.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2022/09/aset-omzet-dan-profit.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi