Merayakan Hari Menanam Pohon Nasional Bersama Demfarm dan Petani Millennial

SHARE:

Hai... Sudah tahu belum kalau tanggal 28 November kemarin adalah diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional? Yups... 28 November 2021 ...

Hai...

Sudah tahu belum kalau tanggal 28 November kemarin adalah diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional?

Yups... 28 November 2021 itu bertepatan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Nasional. Lucky me pada hari itu aku berkesmpatan menjadi salah satu peserta untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara daring untuk memperingati hari menanam pohon yang dipersembahkan oleh Demfarm bertajuk Cerita Petani Millennial Mendapat Berkah Dari Kebun.

Talk show ini menghadirkan tiga narasumber di antaranya Soraya Cassandra selaku Founder Kebun Kumara, Adrian R.D. Putera selaku Project Manager Program Makmur PKT, dan Iqbal sebagai perwakilan petani millennial binaan PKT.

Keseruan Virtual Tree Planting Bersama Demfarm

Sebelum memulai bincang bersama para narasumber semua peserta melakukan ceremonial virtual tree planting, kami dikirim gardening kit yang berisi media tanam, beberapa jenis benih, semprotan spray, pot, sekop serta alat berkebun lainnya.

Kami memulai dengan menanam benih bersama, memanfaatkan gardening kit yang sudah dikirim tersebut. Hari menanam pohon ini bertujuan agar kita semua berperan dalam menjaga dan melestarikan alam dengan menanam baik itu pohon, tanaman hias, atau pun tanaman lainnya. Dengan menanam pohon minimal satu orang satu sudah memberi sumbangsih dalam pelestarian alam dan menyumbang oksigen alami.

Tujuan lainnya dari kegiatan menanam pohon dan talk show ini adalah untuk meningkatkan minat generasi muda kita di bidang pertanian, salah satunya adalah memulai dengan bercocok tanam dari rumah. Sehingga dengan munculnya minat tersebut, ke depan akan lahir petani-petani millennial yang sukses memajukan sektor pertanian Indonesia.

Perlu diketahui bahwa saat ini, menjadi petani, tidak lagi bekerja dengan cara-cara lama. Petani masa kini sudah dapat menggunakan teknologi di bidang pertanian yang terus berkembang. Teknologi ini berfungsi sebagai potensi memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Aku sendiri sudah mulai aktif menanam dirumah, meski tidak memiliki pekarangan dan lahan khusus menanam tapi aku bisa memanfaatkan tempat sekecil apa pun untuk menanam dan Alhamdulillah sudah beberapa kali panen hasil tanam aku, benar-benar mendapatkan berkah nya.

Yang membuat aku semakin semangat untuk menjadikan aktivitas menanam ini adalah berkat event kemarin nih, mendengar para petani millennial yang juga bisa sukses menjadi seorang petani adalah satu hal yang membanggakan.

Cerita Petani Millennial Mendapat Berkah Dari Kebun


Sektor pertanian memiliki peluang besar dalam meraih kesuksesan kuncinya adalah kita punya dasar ilmunya.

Project Manager Program Makmur PKT, Adrian R.D. Putera mengatakan bahwa PKT memiliki program dalam rangka meningkatkan pemberdayaan petani dan produktivitas pertanian di Indonesia. Adrian juga mengatakan pihaknya terus mendukung dan melakukan pendampingan kepada petani milenial untuk meningkatkan produktivitas dengan cara-cara yang lebih kekinian.
“Program Makmur kita laksanakan di sejumlah wilayah tanggungjawab distribusi PKT, seperti
Jawa Timur, Kalimantan, dan Sulawesi. Program ini juga merupakan upaya PKT dalam meningkatkan penggunaan pupuk nonsubsidi dalam negeri, dengan menciptakan ekosistem untuk mendorong produktivitas dan kesejahteraan petani Indonesia, termasuk petani millennial,”
Disampaikan Adrian, program makmur ini memberikan ekosistem lengkap yang bertujuan meningkatkan produktivitas hingga penghasilan petani. Ekosistem di sini menghubungkan petani dengan pihak project leader, asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, pemerintah daerah, agro input, ketersediaan pupuk non subsidi, dan offtaker.
“"Jadi program makmur ini berlaku untuk semua petani, termasuk petani millenial. Harapan kami akan semakin banyak petani muda yang memajukan pertanian di daerah masing-masing sehingga cita-cita ketahanan pangan nasional bisa kita tercapai. Sektor ini butuh tenaga millennial,” katanya.
  • Cerita Iqbal Seorang Petani Millennial Asal Jember

Salah satu petani milenial yang menjadi narasumber hari itu adalah Iqbal seorang petani muda binaan PKT yang sudah merasakan kesuksesan dengan menjadi petani. 

Iqbal Petani Millennial asal Jember ini mengaku memilih profesi menjadi petani di usia muda karena ingin mematahkan stigma buruk mengenai profesi petani.

Iqbal mengatakan saat talk show berlangsung bahwa “Menjadi petani adalah suatu pengabdian karena selain ketekunan, regenerasi juga dibutuhkan. Apalagi, kehadiran modernisasi turut memberi peluang besar untuk digarap generasi milenial demi mengambil ceruk pasar yang sangat potensial lewat inovasi dan terobosan segar,”

Iqbal juga mengatakan modal dasar menjadi petani adalah ilmu. Mulai dari mengetahui strategi,
pasar, dan mengadopsi teknologi pertanian. Sehingga bertani tidak lagi menjadi pekerjaan yang berat semata.
“Menjadi petani itu awalnya kita harus tau pasarnya. Punya strategi sejak awal. Jika kita paham dengan teknologi pertanian, kita lebih mudah dapat peluang untuk sukses, ini jadi latar belakang saya memilih menjadi profesi sebagai petani, kan tujuan dari kerjaan profit,”
Dari keterangan Iqbal dalam acara Demfarm tersebut, dalam satu tahun ia bisa melakukan empat kali panen dengan masa tanam selama 60 hari. Saat ini, kelompok tani milenial Iqbal berjumlah 100 petani.
“Saya mengajak generasi muda kembali bertani dan mengembangkan sektor pertanian Indonesia. Jika ditinjau dari pengalaman, menjadi petani malah pekerjaan yang paling diidamkan pada masa tua seseorang. Jadi kenapa tidak kita mulai saja dari muda,” tambah nya.

  •  Cerita Soraya Cassandra yang merupakan Founder Kebun Kumara

Sepakat dengan perkataan Iqbal, Soraya Cassandra pun mengajak masyarakat untuk menjadi “petani milenial” dimulai dengan membuat kebun di rumah sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Melalui sosial media beliau selalu membagikan kegiatan berkebun nya beliau mengatakan :

“Kebun Kumara kami buat untuk mengajak lebih banyak teman Gen Z untuk memulai langkah kecil menjadi petani milenial di rumah sendiri dan membiasakan diri melakukan kebaikan untuk diri sendiri dan bumi,”

Dalam kegiatan ini, Sandra begitu sapaan akrab nya berbagi tips tentang berkebun agar terhindar dari hewan-hewan liar yang mengganggu tanaman yang sering menjadi masalah setiap orang saat memulai aktivitas menanam. Misalnya masalah yang hadir itu untuk jenis serangga, Sandra menyarankan untuk menanam tumbuhan pengalih, seperti tanaman bunga basil, kemangi atau tanaman berdaun wangi lainnya.

“Suka duka berkebun itu ya salah satunya gangguan serangga. Tapi kalau belum gede intervensinya itu gak apa-apa, menandakan kebun kita itu sehat. Tapi kalau intervensinya udah gede dan tidak seimbang apalagi merugikan, kita bisa tanam tanaman ngalih. Sementara untuk hewan yang lebih gede seperti tikus, tutup semua jalan masuknya,” katanya. 

Belajar Seputar Menanam Bersama Demfarm


Demfarm.id merupakan website yang berisi informasi terkini tentang pertanian Indonesia, tips bercocok tanam, hingga orang-orang yang telah sukses menjadi petani. Aku mengenal Demfarm berawal dari rekomendasi teman dan selama ini Demfarm menjadi sumber inspirasi dan sumber informasi yang sangat berguna saat aku memulai menanam.

Banyak tips dan trik yang dibagikan di website Demfarm.id selain itu disana juga banyak cerita-cerita petani sukses yang sangat menginspirasi dan menyemangati aku untuk mulai menanam dirumah.

Aku masih menanam dalam skala kecil sekali dan menanam beberapa jenis sayur yang menjadi favorit keluarga seperti kangkung, bayam, selada, pakcoy, serta caisin.



Banyak manfaat yang saya rasakan semenjak membaca informasi seputar menanam melalui Demfarm dan sampai pada hari kemarin aku menjadi semangat untuk menanam karena mendengar cerita dari para petani Millennial Indonesia.

Meski baru menanam beberapa bulan aku sudah mendapatkan berkah nya, semoga seiring bertambahnya waktu aku juga bisa merasakan kesuksesan dengan menanam seperti cerita para petani Millenial diatas ya :D

Menanam sendiri memberi keseruan tersendiri loh, melihat benih yang kita tanam tumbuh dengan baik memberi kebanggaan tapi jika ada yang kurang baik tumbuhnya juga menjadi suatu perhatian khusus sehingga aku mencari tahu lebih banyak dan harus melakukan apa agar tanaman aku tumbuh subur. Jadi orang yang lebih perhatian deh pokoknya, hehe

Teman-teman jika ingin memulai menanam bisa juga loh langsung mulai dari yang sederhana dan tidak perlu khawatir kekurangan informasi dan pengetahuan tentang menanam karena ada Demfarm yang bisa teman-teman kunjungi sebagai portal berita seputar menanam. Selamat mencoba :)

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,2021,1,Acne Treatment,5,Air Bebas Mineral,1,Aksara Nusantara,1,Aku dan Alam Semesta,1,alfagift,1,anak,2,anemia,1,anti aging,2,Aplikasi,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bahasa,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,23,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,COVID-19,1,Demam,1,Demfarm,1,Drama Korea,1,Dry Skin Lotion,1,Dunia Wanita,59,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,2,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,2,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,2,games,3,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hampers Lebaran,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,HappyFresh,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,40,Kecantikan,1,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,40,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,20,Keuangan,4,Kisera,1,KitaBeli,1,Klinik Kecantikan Bandung,2,Komunitas,2,Komunitas Bandung,2,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,29,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,15,Lingkungan,1,Luka,1,Make Up Artist,1,Menanam,1,Merajut Indonesia,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,movie,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,online shopping,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,13,Pengelolaan Keuangan,1,Perawatan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Petani Millenial,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,2,Resep Masakan,9,Review,39,safi age defy,1,Salon,1,Senka Indonesia,1,Skin Treatment Expert,1,Skincare,4,Social Commerce,1,Software,1,Spa,1,The Body Shop® Green Ramadan,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,12,Ultimate Acne Cure,1,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,2,wisata edukasi,2,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Merayakan Hari Menanam Pohon Nasional Bersama Demfarm dan Petani Millennial
Merayakan Hari Menanam Pohon Nasional Bersama Demfarm dan Petani Millennial
https://1.bp.blogspot.com/-r1r-rkuvzx8/YaWOVxkUxKI/AAAAAAAAe3s/M3rfC2g-Z4QTF-B3wDpjZuhzxZRNa3s3wCLcBGAsYHQ/s320/Demfarm%2BHari%2BPohon.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-r1r-rkuvzx8/YaWOVxkUxKI/AAAAAAAAe3s/M3rfC2g-Z4QTF-B3wDpjZuhzxZRNa3s3wCLcBGAsYHQ/s72-c/Demfarm%2BHari%2BPohon.jpeg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2021/11/merayakan-hari-menanam-pohon-nasional.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2021/11/merayakan-hari-menanam-pohon-nasional.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi