Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Nutrisi untuk Mendukung Mikrobiota Sehat

SHARE:

Ternyata banyak fakta yang belum aku ketahui tentang melahirkan Caesar padahal aku sudah 3 kali melahirkan dengan proses Caesar. Banyak ya...


Ternyata banyak fakta yang belum aku ketahui tentang melahirkan Caesar padahal aku sudah 3 kali melahirkan dengan proses Caesar.

Banyak yang beranggapan bahwa proses melahirkan Caesar hanya berisiko pada ibu sehingga treatment pun hanya diberikan pada ibu saja. Tapi ternyata proses persalinan Caesar juga meninggalkan dampak pada anak.

Namun melahirkan Caesar tidak bisa dielakan untuk beberapa ibu termasuk aku salah satunya. Tentu pilihan untuk menjalani persalinan Caesar diambil bukan tanpa alasan. Indikasi panggul sempit yang terjadi padaku juga menjadi faktor aku harus melahirkan dengan proses Caesar karena jika dipaksakan normal akan beresiko pada ibu dan anak.

Faktor lain yang mempengaruhi keputusan persalinan Caesar

  • Faktor medis seperti penyakit  atau faktor tekanan darah
  • Panggul sempit
  • Riwayat Caesar sebelumnya
  • Proses persalinan tidak maju
  • Kelainan letak plasenta atau posisi bayi
  • Hambatan jalan lahir
  • Prolapse tali pusat

Jika terdapat indikasi-indikasi yang mengharuskan untuk menjalani persalinan Caesar maka jalani saja sesuai anjuran dokter karena itu dilakukan demi keselamatan ibu dan anak. Persiapkan dengan matang sebelum menjalani proses persalinan Caesar!

Fakta seputar melahirkan Caesar

Fakta seputar melahirkan dengan metode Caesar selanjutnya banyak aku ketahui saat mengikuti webinar bersama @nutriclub_id dengan tema : Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat

Dengan narasumber : Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal DR. dr. Ali Sungkar, SpOG(K) bersama Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi  Prof. Dr. Moh. Juffrie, SpA(K), PhD serta Celebrity Mama, Cynthia Lamusu yang membagikan pengalaman melahirkan Caesar.

Jika sekilas membaca tema nya justru disini anak dengan kelahiran Caesar lah yang menjadi peran utama nya kan?

Ternyata Mama... Si kecil juga punya risiko loh dalam proses kelahirannya dengan metode Caesar. Dan ini lah fakta seputar anak yang dilahirkan secara Caesar :

  1. Bakteri Usus yang disebut Mikrobiota Tubuh lebih sedikit jika dilahirkan secara caesar

Bakteri usus atau Mikrobiota mempunyai peran penting dalam tubuh manusia karena bertanggung jawab atas faktor-faktor kesehatan dan daya tubuh manusia. Anak yang dilahirkan secara normal (vaginal delivery) mempunyai mikrobiota alami yang lebih banyak karena saat lahir anak akan melalui jalan lahir nya dan terpapar bakteri baik yang terdapat pada tubuh ibu.

Paparan pertama dengan komunitas mikrobiota maternal (vagina, feses, ASI, mulut dan kulit) akan menentukan kematangan usus, perkembangan metabolik dan imunologi serta konsekuensi status kesehatan jangka pendek dan jangka panjang,” tambah dr. Ali.

Bakteri baik yang diterima akan membentuk microbiota yang berperan sebagai kekebalan tubuh alami saat dilahirkan.

Sedangkan anak yang dilahirkan secara Caesar tidak memiliki proses dan kesempatan itu karena langsung dikeluarkan dari rahim ibu. Mikrobiota anak dengan kelahiran Caesar hanya didapat dari rumah sakit dan lingkungan sehingga anak yang dilahirkan Caesar lebih rentan sakit jika tidak mengetahui treatment yang tepat.

2 Masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang

Anak dengan kelahiran Caesar sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Salah satunya karena kurangnya microbiota di awal kelahiran, faktor lain yang mempengaruhi kesehatan adalah karena banyak nya cairan yang bisa menyebabkan masalah pernafasan dan paru-paru. Berbeda dengan anak persalinan normal yang akan melalui proses tekanan yang bermanfaat mengurangi cairan didalam paru-parunya.

Masalah kesehatan jangka pendek lainnya termasuk kesulitan menyusui karena ikatan menyusui dini yang tertunda. Sementara masalah jangka panjang yang terkait dengan operasi caesar dan memungkinkan terjadi pada anak nantinya adalah peningkatan risiko asma, obesitas, dan keterlambatan perkembangan.

3. Rentan mengalami risiko

Anak yang dilahirkan Caesar juga rentan mengalami resiko seperti terkena laser saat proses bedah, atau terkena sayatan atau pun cedera operasi lainnya. Namun kasus seperti ini jarang ditemukan namun tidak menutup kemungkinan risiko ini akan terjadi.

Sejujurnya setelah mengetahui fakta-fakta diatas itu sedikit membuat aku kaget, merasa sedikit kecewa pada diri sendiri karena tidak melahirkan normal dan ada rasa khawatir tertinggal di hati ini karena menganggap anak-anak aku yang dilahirkan secara Caesar akan tumbuh lemah nantinya 😭

Beruntung kemarin aku mendapatkan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada narasumber dan mengutarakan unek-unek aku itu dalam pertanyaan upaya apa yang harus aku lakukan sebagai ibu yang melahirkan anak dengan proses Caesar agar tumbuh optimal.



Bagaimana Cara Mengoptimalkan Imunitas Anak kelahiran Caesar?

Alhamdulillah… Tanggapan atas pertanyaanku semuanya dijawab dengan sangat memuaskan!


Sehingga semua kekhawatiran aku sebagai ibu yang melahirkan secara Caesar ini langsung sirna, karena Prof. Dr. Moh. Juffrie, SpA(K), PhD dan DR. dr. Ali Sungkar, SpOG(K) selaku narasumber menjelaskan bahwa anak yang dilahirkan caesar juga mempunyai kesempatan untuk mencapai mikrobiota usus yang serupa dengan anak lahir normal dengan memberikan asupan prebiotik & probiotik yang juga dapat ditemukan dalam ASI, agar mikrobiota seimbang dan saluran cernanya terjaga sehingga berdampak pada imunitasnya.

Sebuah penelitian menunjukkan anak lahir caesar butuh waktu enam bulan untuk mencapai mikrobiota usus yang serupa dengan anak lahir normal sehingga anak lahir caesar memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai gangguan sistem imunitas.

Prof Juffrie juga menjelaskan “Awal kehidupan hingga usia 3 tahun merupakan jangka waktu penting pada anak untuk mengembalikan profil mikrobiota menjadi seimbang. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian ASI eksklusif, karena ASI mengandung lebih dari 200 spesies mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik dan human milk oligosaccharides atau yang dikenal sebagai prebiotic.”

Kombinasi probiotik dan prebiotik yang bekerja sinergis dan memberikan efek, dikenal juga dengan Sinbiotik, dapat membantu mempercepat kolonisasi bakteri baik dan meningkatkan jumlah bakteri baik seperti Bifidobacterium pada Si Kecil yang lahir secara caesar. Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem imun selama dua tahun pertama kehidupan serta menurunkan risiko anak mengidap penyakit alergi,” tambah Prof. Juffrie.

Cynthia Lamusu juga membagikan pengalaman melahirkan anak kembarnya yang dilahirkan Caesar dan pengalamannya itu membesarkan hatiku bahwa indikasi melahirkan Caesar adalah ikhtiar lain untuk menyelamatkan ibu dan anak yang dilahirkan.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah bersyukur sebesar-besarnya karena buah hati dilahirkan dengan selamat lalu selanjutnya sebagai usaha menempuh perkembangan dan pertumbuhan anak agar tetap optimal lakukan usaha-usaha terbaik saat membesarkannya.

Cynthia Lamusu menceritakan pengalaman mempersiapkan proses kelahiran caesar anak kembarnya. “Kehamilan Tatjana & Bima merupakan kelahiran berisiko mengingat kami menggunakan metode bayi tabung (IVF), kehamilan di usia 37 tahun dan janin kembar. Kondisi ini menjadi faktor risiko yang mengharuskan saya melahirkan secara caesar. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat kami menyambut kelahiran si kembar. Kami meningkatkan intensitas cek ke dokter agar kesehatan ibu dan anak terus terpantau. Kami juga mempelajari berbagai hal tentang persalinan caesar termasuk risiko imunitas yang lemah dan potensi alergi yang lebih tinggi pada anak,” ujar Cynthia.

Cynthia menambahkan bahwa dukungan yang baik dari pihak rumah sakit, suami, dan orang-orang terdekat membuatnya kuat dan mampu menghadapi tantangan dalam proses persalinannya. Anjuran dokter untuk melakukan tes potensi caesar merupakan pengetahuan dan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi hidupnya. “Saya bersyukur diberkahi support system yang kuat dalam setiap proses dari kehamilan, melahirkan hingga merawat si kembar,” tambah Cynthia. 


Dalam sesi akhir webinar Arif Mujahidin, sebagai Corporate Communications Director Danone Indonesia berkomitmen akan mewadahi para orangtua dalam mencari informasi seputar kesehatan ibu dan anak, nutrisi ibu hamil dan menyusui dan nutrisi untuk anak termasuk informasi untuk mengenali faktor serta risiko tentang kelahiran Caesar dengan meluncurkan Test Potensi Caesar di website www.nutriclub.co.id

"Kami percaya bahwa setiap anak, apapun metode kelahirannya, harus didukung agar siap dan tangguh menghadapi tantangan di masa depan—termasuk tantangan imunitas bagi anak kelahiran caesar. Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Nutriclub berharap dengan adanya kegiatan diskusi ini, lebih banyak orang tua dapat mengetahui secara lengkap informasi yang mereka perlukan dalam mempersiapkan kelahiran caesar dan khusus bagi orang tua dengan anak lahir caesar dapat mendukung komposisi mikrobiota sehat untuk mengoptimalkan sistem imunitas si Kecil. Tutup Arif Mujahidin

Kesimpulan

Proses melahirkan ternyata sangat berpengaruh besar pada anak terutama untuk sistem daya tahan tubuh. Jika proses persalinan Caesar adalah satu-satunya jalan terbaik maka tidak perlu berkecil hati dan bersedih, karena ini adalah tantangan besar untuk kita selaku orangtua agar melakukan usaha terbaik untuk tumbuh kembang anak agar tetap optimal.

Bersyukurlah karena buah hati dilahirkan sehat dan terus kawal perkembangan buah hati dengan memberikan asupan nutrisi agar perkembangan imunitas anak lahir Caesar pun memiliki microbiota sehat dan optimal.

  1. Microbiota memiliki peran penting dalam interaksi dengan usus dan memacu sistem imun tubuh
  2. Beri nutrisi terbaik dengan menyusui selama 2 tahun untuk menyeimbangkan microbiota setara anak yang dilahirkan normal
  3. ASI adalah nutrisi terbaik termasuk untuk anak yang lahir secara Caesar karena mengandung nutrisi lengkap termasuk prebiotok dan probiotik yang membentuk microbiota.
  4. Lanjut dengan memberikan asupan nutrisi yang mengandung prebiotic dan probiotik alami
  5. Selalu semangat dan minta dukungan keluarga agar menjadi support system yang baik saat membesarkan putra-putri kita.
  6. Selalu cari tahu informasi tentang nutrisi dan kesehatan bersama Nutriclub di www.nutriclub.co.id atau Instagram @nutriclub_id ya! J

Well… semoga ulasan aku tentang webinar kemarin memberikan banyak manfaat untuk para ibu yang melahirkan caesar seperti aku. Tetap semangat ya…

“Be a rainbow in someone else’s cloud”

~Maya Angelo~

 






COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,Acne Treatment,2,Air Bebas Mineral,1,Aku dan Alam Semesta,1,anak,1,anti aging,1,Aplikasi,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,18,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,Demam,1,Dunia Wanita,53,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,1,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,1,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,2,games,1,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,38,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,34,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,18,Keuangan,4,Kisera,1,Klinik Kecantikan Bandung,1,Komunitas,2,Komunitas Bandung,1,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,29,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,13,Luka,1,Make Up Artist,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,12,Pengelolaan Keuangan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,1,Resep Masakan,9,Review,34,safi age defy,1,Senka Indonesia,1,Skincare,4,Software,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,11,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,1,wisata edukasi,1,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Nutrisi untuk Mendukung Mikrobiota Sehat
Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Nutrisi untuk Mendukung Mikrobiota Sehat
https://1.bp.blogspot.com/-QFV5pz1YkmI/X1mEb_KRlXI/AAAAAAAAOc4/o3sKl32k-00ggIUipLnbUt4x5tP4iy30ACLcBGAsYHQ/s320/DSC_0355.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-QFV5pz1YkmI/X1mEb_KRlXI/AAAAAAAAOc4/o3sKl32k-00ggIUipLnbUt4x5tP4iy30ACLcBGAsYHQ/s72-c/DSC_0355.JPG
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2020/09/optimalkan-imunitas-anak-kelahiran.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2020/09/optimalkan-imunitas-anak-kelahiran.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi