Ayo Siapkan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa

SHARE:

Menyambut World Breastfeeding Week di bulan Agustus ini aku akan sharing pengalaman tentang pentingnya Air Susu Ibu (ASI) yang bernutrisi.

Di masa pandemi ini semua orang sedang dilanda rasa khawatir tentang kondisi kesehatan, tak ayal begitu pun seorang ibu hamil dan menyusui pasti merasakan juga rasa khawatir itu. Namun perasaan khawatir yang berlebihan justru akan menurunkan daya imun kita terutama seorang ibu hamil dan menyusui yang begitu sensitif, perasaan khawatir dan panik berpengaruh besar pada janin dan bayi yang menyusu karena ASI berkualitas volume nya jadi lebih sedikit disebabkan faktor kecemasan.

ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk si Kecil di masa Golden Age yang diberikan ibu selama 2 tahun. Karena ASI memenuhi berbagai vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh, ASI juga mengandung sumber imunitas yang meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil agar tidak mudah sakit.

Perjuangan menyusui itu tidak lah mudah, dan melatih kesabaran maka para ibu ini memang patut kita support dan apresiasi ya!

Maka untuk menjaga hal-hal yang datang pada para ibu adalah sesuatu yang positif dan jadi sugesti healthy mind alangkah baiknya keluarga terdekat dan sahabat selalu memberi banyak dukungan, salah satu bentuk dukungan aku kepada ibu hamil/menyusui dan juga untuk menyambut World Breastfeeding Week yang diperingati pada bulan Agustus ini aku akan sharing pengalaman dan tips tentang pentingnya Air Susu Ibu (ASI) yang bernutrisi.

Tips Lancar Menyusui

Berdasarkan pengalaman 3 kali melahirkan aku selalu diingatkan bidan tentang tips lancar menyusui, dan poin-poin ini sangat berkaitan untuk kelancaran mengASIhi jadi jangan sampai ada yang di skip ya. Poin-poin itu diantaranya : 

  • Memijat Payudara

    Dengan melakukan pemijatan yang benar maka produksi ASI bisa meningkat.

Teknik pijat lancar ASI itu gampang banget kok 


1. Pertama pastikan tangan bersih. Jadi cucilah tangan sebelum memijat. Agar tidak sakit bisa tuangkan minyak atau baby oil ke telapak tangan.

2. Kedua, sokong payudara kiri dengan tangan kiri. Lalu pijat mulai dari bagian tengah menuju ke atas mengelilingi payudara. Ketika sampai di bagian bawah payudara, angkat, kemudian lepaskan perlahan-lahan. Lakukan 30 kali pada masing-masing payudara.

3. Langkah selanjutnya sangga payudara di bawah dengan salah satu tangan. Kepalkan tangan Anda, kemudian urut perlahan bagian atas payudara (dari tepi luar ke arah dalam) dengan bagian bawah tangan yang dikepalkan (bukan dengan buku jari). Lakukan gerakan tersebut dengan lembut, minimal 30 kali. Agar bersih dan relax kompres kedua payudara dengan waslap hangat selama 2 menit. Kemudian, ganti dengan waslap dingin selama 1 menit. Kompres bergantian sampai 3 kali berturut-turut, akhiri dengan kompres hangat. Pijat laktasi ini bisa dilakukan pada pagi hari dan malam hari.

Tips selanjutnya agar lancar menyusui yaitu :

  • Rajin memompa ASI

    Saat bayi tidur atau pada malam hari jangan lupa memompa ASI jadi produksinya terus meningkat. Memompa ASI juga membantu ibu yang baru melahirkan merangsang ASI karena biasanya sulit keluar.

  • Menyusui setiap 2-3 jam

    Bayi baru lahir biasanya lebih banyak tidur jangan lupa untuk tetap menyusuinya setiap 2-3 jam sekali.

  • Posisi Menyusui

    Ternyata posisi menyusui juga mempengaruhi kelancaran ASI loh, usahakan menyusui dengan posisi yang nyaman baik ibu dan bayi yang digendong. Pastikan saat menyusui areola payudara juga masuk mulut bayi agar payudara tidak lecet dan tidak ada udara masuk saat bayi menghisap ASI.

  • Hindari stres

    Ini adalah yang paling utama, hindari rasa stres atau rasa khawatir seperti khawatir, ASI tidak banyak atau rasa khawatir lainnya karena selain lebih sensitif emosi pun kadang berubah setelah melahirkan. Jangan segan minta dukungan pasangan atau keluarga jika diperlukan.

  • Makan makanan bergizi

    Selain bisa membantu menambah produksi ASI, makan makanan bergizi juga membantu memberi kualitas ASI yang baik pula dan bernutrisi untuk bayi.

  • Banyak mengosumsi air putih

    Kuantitas air minum juga harus cukup saat hamil dan menyusui karena cairan banyak keluar maka ibu hamil dan menyusui tidak boleh sampai dehidrasi

  • Memperbanyak makan kacang-kacangan dan sayuran hijau

    Kacang-kacangan dan sayuran hijau kaya akan asam folat dan zink yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan organ dan syaraf bayi. 

  • Meminum suplemen ASI

    Selain makanan bergizi suplemen juga sangat dibutuhkan ibu hamil dan menyusui karena didalam suplemen biasanya ada tambahan mineral dan vitamin serta penambah darah yang diperlukan ibu hamil dan menyusui.
Salah satu suplemen yang aku rekomendasikan adalah suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold karena suplemen ini bebas bau serta bentuk suplemen nya itu dari soft capsule yang praktis.


Kebetulan saat hamil dan menyusui penciuman aku itu agak sensitif dan setelah mencoba beberapa suplemen itu terasa bau amis sehingga buat aku mual.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini beda banget dan saat lihat kandungannya pas banget dikonsumsi ibu hamil dan menyusui dengan takaran dosis yang pas.

Yang membuatku merasa aman mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold karena ini adalah produk dari Kalbe Blackmores Nutrition. Pokoknya produknya Kalbe ter-the best kalau soal kebutuhan nutrisi kan ya :)

Selain itu Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini juga adalah produk favorit teratas yang paling banyak direkomendasikan.

Sedikit aku bahas mengenai produknya disini ya...

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini bentuknya soft capsule yang mengandung minyak ikan serta setiap kapsulnya mengandung vitamin dan mineral yang lengkap dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui, seperti omega 3, vitamin B1, B2, B6, E, D3, dan C.

Dan tidak hanya vitamin, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, hingga zat besi dan potasium. Jadi selain masa kehamilan suplemen juga dibutuhkan ibu menyusui untuk menjaga kualitas ASI.


Komposisi :
    Asam folat 200 µg, Kalium iodide 98 µg (Iodium 75 µg), Fish oil 500 mg mengandung 165 mg Omega-3 (DHA 125 mg + EPA 25 mg), Fe (II) fumarate 15.7 mg (Zat besi 5 mg), Niasin 7.5 mg, Vitamin C 30 mg, Kalsium karbonat 300 mg (Kalsium 120 mg), Zinc sulfat 20.8 mg (Zinc 7.5 mg), Magnesium oksida 49.8 mg (Magnesium 30 mg), Thiamine nitrate 500 µg (Vitamin B1 405 µg), Riboflavin (Vit B2 750 µg), Pyridoxine HCl (Vit B6 750  µg), Vit B12 1.5 µg, d-alpha tocopherol (natural Vit E 5.21 IU), Dunaliella salina cell extract soft concentrate 72 mg
        Isi :
        Ada 3 varian botol dengan isi 60 kapsul, 120 kapsul dan 180 kapsul
            Dosis atau saran penyajian :
            Dewasa: 2 kapsul/hari
                Harga : 
                - Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold (60 Soft Capsule)
                Mulai dari Rp 165.000
                    - Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold (120 Soft Capsule)
                    Mulai dari Rp 307.500
                        - Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold (180 Soft Capsule)
                        Mulai dari Rp 446.250
                            Toko :
                            Produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce : Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store ya agar keasliannya terjamin :) 

                            Hal-hal yang mempengaruhi produksi ASI

                            Begitu banyak literatur atau pun artikel yang sudah sering membahas tentang keunggulan ASI. Bahkan pekan ASI juga sudah ditetapkan dan diperingati setiap tahun nya karena ASI adalah satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada 6 bulan pertama setelah kelahirannya, dilanjutkan  hingga 2 tahun. 

                            Banyak faktor yang mempengaruhi produksi ASI bahkan aku juga pernah mengalami kesulitan ASI tidak keluar karena faktor melahirkan dengan tindakan operasi sectio caesar saat itu dan memang pada hari pertama mendapat kendala ASI sulit keluar mungkin karena faktor obat-obatan dan juga faktor psikologis aku yang kesakitan setelah reaksi obat bius hilang :D

                            Beruntung aku selalu didampingi perawat dan bidan yang memberi dukungan dan pijatan agar aku bisa relax. Ibu juga harus tahu hal-hal lain yang mempengaruhi produksi ASI, diantaranya adalah:.

                            • Makanan
                            • Ketenangan jiwa dan pikiran
                            • Penggunaan alat kontrasepsi
                            • Perawatan payudara
                            • Anatomis payudara
                            • Faktor fisiologi
                            • Pola istirahat
                            • Faktor isapan anak atau frekuensi penyusuan
                            • Faktor obat-obatan
                            • Berat lahir bayi
                            • Umur kehamilan saat melahirkan
                            • Konsumsi rokok dan alkohol

                            ASI yang bernutrisi sangat berperan penting pada 1000 hari kehidupan pertama manusia, karena didalam ASI selain terdapat nutrisi juga terdapat sumber imunitas.

                            ASI memiliki kandungan nutrisi yang penting dibutuhkan bayi sesuai usianya dan ini adalah satu-satunya makanan untuk bayi yang tercipta satu paket di masa kehamilan dan menyusui tentu dengan ASI nya yang tersedia.

                            Maka dari itu apa yang menjadi asupan Ibu sangat menentukan kualitas ASI yang dihasilkan, jangan sampai menyepelekan karena itu sangat penting. Ayo para ibu perhatikan asupan makanannya, agar bisa memberikan ASI yang bernutrisi untuk bayi yang istimewa.

                            Lalu dari mana sih cara mengetahui ASI bernutrisi itu?

                            ASI bernutrisi bisa dilihat dari tekstur ASI kental yang berwarna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup.

                            Saking penasaran aku pun saat memerah ASI melihat apakah ASI aku termasuk ASI yang bernutrisi dan saat lihat hasil perahan warnanya sesuai aku pun mulai tenang.

                            Kenapa Ibu Menyusui Harus Minum Suplemen ASI?


                            Bagi beberapa ibu, masa menyusui ternyata tidak selalu mudah. Bahkan tak jarang para ibu menyusui khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi melalui ASI.

                            Meski beberapa berpendapat bahwa belum diyakini 100% suplemen bisa menambah volume ASI tapi suplemen berperan penting sebagai pendukung dan pelengkap nutrisi ASI yang artinya berpeluang untuk ASI yang melimpah dengan catatan tetap menjalani serangkaian tips yang aku bahas diatas tadi.

                            Penting diingat, selain makan makanan sehat dan minum air putih yang cukup, Ibu sebaiknya juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi suplemen bernutrisi lengkap untuk masa menyusui. Salah satunya mengonsumsi suplemen yang aku rekomendasikan yaitu Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.

                            Kenapa harus Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold?

                            Pasti banyak yang bertanya kenapa harus Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold?

                            Well... Siapa sih yang enggak kenal Blackmores? Selain produk ini sudah menjadi primadona para ibu hamil dan menyusui Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold mempunyai keunggulan berikut ini yaitu Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold pada setiap kapsulnya itu mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui. Beberapa yang bisa disebutkan seperti kandungan :

                            • Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia.
                            • Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu.
                            • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit.
                            • Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
                            • Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui.

                            Sehingga dengan mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold Ibu dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati.

                            Manfaat ASI bernutrisi berpengaruh besar pada pertumbuhan janin dan bayi di 1000 hari kelahiran buah hati dan ini adalah investasi.

                            Beberapa manfaat yang ibu dan bayi dapatkan dari ASI bernutrisi antara lain :

                          • Membantu menguatkan daya tahan tubuh bayi yang baru lahir dan serangan penyakit.
                          • Membentuk lapisan pada perut bayi yang membantu menyeimbangkan mikrobiota tubuh dan mencegah serangan patogen penyebab penyakit, seperti bakteri dan virus.
                          • Membantu menjaga bilirubin dan mencegah sakit kuning pada bayi dengan cara mengeluarkan zat-zat sisa berbahaya dari tubuh bayi.
                          • Memberikan zat gizi yang cukup dan dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangan dan pertumbuhan otak, mata, dan jantung bayi di 1000 hari pertamanya.
                          • Memiliki kandungan protein yang tinggi dan berkualitas, rendah gula, kaya akan lemak baik dan vitamin.
                          • Jumlah kandungan zat gizi nya pas dan sesuai untuk bayi sehingga mudah dicerna oleh perut bayi yang baru lahir.
                          • Mencegah kadar gula darah rendah pada bayi.
                          • Meningkatkan kecerdasan bayi
                          • Membantu pertumbuhan rambut, tulang, kulit, dan organ tubuh yang baik

                          • ASI adalah nutrisi teristimewa yang paling praktis dan mudah diberikan ibu kepada bayi. Ibu tidak perlu khawatir lagi jika sudah melakukan usaha dalam persiapan ASI bernutrisi. Andalkan selalu Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dalam usahamu itu :)

                            Selain banyak manfaat kandungan yang baik dalam setiap kapsulnya, Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold juga mempunyai keunggulan lain yang membuat aku bangga dan membuat para ibu bahagia yaitu karena Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mempunyai program yang mulia yang sudah berjalan sejak tahun 2017 untuk selalu mendukung para ibu di masa kehamilan dan menyusui dan sudah menjadi program rutin setiap tahun nya dengan bekerjasama dengan Yayasan Bumi Sehat dengan membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold di Klinik Bumi Sehat. 

                            Ini adalah bentuk dukungan yang sangat luar biasa :)

                            World Breastfeeding Week 2020

                            Seperti yang sedikit aku singgung diatas tentang program rutin tahunan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang sudah dijalani sejak tahun 2017 sampai saat ini dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020, tahun ini Kalbe Blackmores Nutrition kembali melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di social media @blackmoresid seputar ASI dan Menyusui, untuk lebih meningkatkan lagi kesadaran para Ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati, karena Blackmores percaya, setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu baginya.

                            Jadi jangan lupa untuk selalu ikuti update info terbaru mengenai kehamilan dan menyusui di akun @blackmoresid ya buuu....

                            Tidak hanya itu saja. Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk unggulannya untuk Ibu Hamil dan Menyusui yaitu Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati.


                            Komitmen berkelanjutan Kalbe Blackmores Nutrition dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui juga telah dibuktikan melalui kerjasama Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat, organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak.

                            Kalbe Blackmores Nutrition memahami bahwa semua ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati. Sejak 2017, kami bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua,” dikutip dari Dickson Susanto, General Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

                            My Point of View


                            Well... untuk memperingati world breastfeeding week tahun ini dari aku, begitulah sedikit sharing tentang pengalaman saat menyusui yang penuh perjuangan karena moment menyusui bukan lah waktu yang sebentar.

                            Seorang ibu meski masih dalam keadaan sakit pasca melahirkan mereka selalu tetap bangkit untuk buah hati tanpa ada jeda para ibu harus kembali lagi kuat dan bertenaga untuk menyusui buah hati.

                            Namun memang semua perjuangan itu terbayar!
                            Rasa sakit seketika hilang dengan memandang wajah bayi yang sudah sejak dalam kandungan dicintai
                            Rasa lelah selama menyusui terbayar dengan melihat tumbuh kembang buah hati yang baik 

                            Semuanya terbayar oleh sebuah kebahagiaan...

                            Nutrisi untuk buah hati sudah disiapkan sejak dalam kandungan, maka mari kita lanjutkan dengan memberi ASI bernutrisi sampai dua tahun kedepan.

                            Jangan lupa selalu siapkan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold untuk mendampingimu selama hamil dan menyusui :)

                            Karena jika Mama sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk siapkan ASI bernutrisi serta mengonsumsi suplemen ASI Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold maka tidak perlu khawatir lagi akan nutrisi ASI tidak terpenuhi ya :)

                            Bentuk dukungan aku memang baru sedikit yaitu baru bisa memberi semangat untuk para ibu pejuang ASI.

                            Ayo Siapkan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi Istimewa!

                            Instagram : @blackmoresid


                            Sumber bacaan :
                            Nutrisi Pintar Ibu Hamil & Menyusui (A)
                            Payudara dan Laktasi
                            Klikdokter
                            HalloSehat 

                            COMMENTS

                            BLOGGER: 2
                            1. Semoga blognya makin sukses, mampir karena sepertinya ini blog istrinya Mas Hakimtea.com :)

                              ReplyDelete
                              Replies
                              1. Halo mas, salam kenal...
                                Sukses juga untuk blog Ponjer nya 😊

                                Delete
                            Jadi netizen bijak, Pilih platform komen Anda diatas dan beri komen positif dan membangun :).

                            Name

                            2019,1,Acne Treatment,2,Air Bebas Mineral,1,Aku dan Alam Semesta,1,anak,1,anti aging,1,Aplikasi,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,18,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,Demam,1,Dunia Wanita,53,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,1,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,1,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,2,games,1,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,38,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,34,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,18,Keuangan,4,Kisera,1,Klinik Kecantikan Bandung,1,Komunitas,2,Komunitas Bandung,1,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,29,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,13,Luka,1,Make Up Artist,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,12,Pengelolaan Keuangan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,1,Resep Masakan,9,Review,34,safi age defy,1,Senka Indonesia,1,Skincare,4,Software,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,11,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,1,wisata edukasi,1,Wisata Kuliner,15,Word,1,
                            ltr
                            item
                            RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Ayo Siapkan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa
                            Ayo Siapkan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa
                            Menyambut World Breastfeeding Week di bulan Agustus ini aku akan sharing pengalaman tentang pentingnya Air Susu Ibu (ASI) yang bernutrisi.
                            https://1.bp.blogspot.com/-sF53GbWhngk/XzpQJOCLlQI/AAAAAAAANok/yBCPtnc8iOYyJ5hGy57G58bX5Boz2QafgCLcBGAsYHQ/s640/blackmores%2Bthumbnail.jpeg
                            https://1.bp.blogspot.com/-sF53GbWhngk/XzpQJOCLlQI/AAAAAAAANok/yBCPtnc8iOYyJ5hGy57G58bX5Boz2QafgCLcBGAsYHQ/s72-c/blackmores%2Bthumbnail.jpeg
                            RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
                            https://www.raisahakim.com/2020/08/ayo-siapkan-asi-bernutrisi-untuk-ibu.html
                            https://www.raisahakim.com/
                            https://www.raisahakim.com/
                            https://www.raisahakim.com/2020/08/ayo-siapkan-asi-bernutrisi-untuk-ibu.html
                            true
                            4573796442838754670
                            UTF-8
                            Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi