Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Utama Untuk Tumbuh Kembang Optimal

SHARE:

Memiliki anak sehat dengan tumbuh kembang optimal adalah aset setuju gak nih? Yups moms betul, anak-anak itu adalah aset berharga untuk memb...


Memiliki anak sehat dengan tumbuh kembang optimal adalah aset setuju gak nih?

Yups moms betul, anak-anak itu adalah aset berharga untuk membentuk fondasi masa depan bangsa yang berkualitas karena anak adalah generasi penerus.

Lalu apa dong upaya kita sebagai orangtua untuk menjaga aset berharga ini? Sedang kan berdasarkan data WHO anak balita (0-5 tahun) merupakan golongan yang paling rentan terkena berbagai macam infeksi. 

Di Indonesia sendiri berdasarkan data RISKESDAS 2018 yang paling banyak ditemukan dengan kasus tertinggi adalah infeksi saluran nafas akut (ISPA) 13,7% dan gastroenteritis akut (diare) sebesar 12,8% kasus 😭

Beruntung banget kemarin aku mengikuti seminar digital bersama @nutriclub_id yang membahas seputar "Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal"


 
Dengan narasumber Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenteritis DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dan Prof. Yvan Vandenplas. MD, PhD (Head of Department of Pediatric, Vrije Universities Brussel)

Seperti yang aku janjikan sebelumnya, dalam tulisan ini aku akan sedikit mengulas pembahasan webinar kemarin agar pengetahuannya tidak hanya berhenti di aku tapi bisa juga dijadikan pedoman untuk semua orangtua.

Karena semua orangtua pasti setuju kan bahwa anak sehat dan tumbuh kembang dengan baik adalah sebuah aset.

Mengenal Tentang Imunitas


Sistem imun manusia itu adalah perisai, pelindung tubuh dari penyakit dan infeksi maka dari itu imunitas sangat penting dijaga dan dirawat. Salah satu cara menjaga imunitas tentu dengan asupan nutrisi yang baik dan menyehatkan agar fungsi imun bekerja dengan optimal.

Imunitas sudah terbentuk sejak awal kehidupan dan akan terus berkembang menjadi lebih kuat dan lebih kompleks seiring dengan pertambahan usia anak. Sudah menjadi tanggung jawab semua orangtua untu memberikan asupan nutrisi yang baik dan menyehatkan.

Tidak hanya itu, dalam seminar digital ini aku jadi tahu bahwa kunci tumbuh kembang optimal terdapat pada imunitas! 

Yups, masa pertumbuhan manusia itu adalah fondasi jika tumbuh kembangnya optimal maka banyak keuntungan yang didapatkan.

Manfaat tumbuh kembang optimal :

Yang utama tentu adalah kesehatan. Tumbuh lebih sehat
Tumbuh lebih ceria dan aktif
Lebih cepat tanggap 

Sebuah dambaan bukan memiliki buah hati yang tumbuh kembangnya optimal? Disini lah peran orang tua dibutuhkan untuk memastikan agar perkembangan sistem imun terjaga dengan baik. 
Namun menjaga tumbuh kembang tetap optimal ini tetap menjadi sebuah tantangan juga bagi orang tua karena anak-anak di usia dini itu rawan sakit. Ternyata memang ada alasannya loh.
 
Berdasarkan pemaparan DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) “Di usia 0-5 tahun sel-sel usus pada anak masih renggang. Ini lah yang mengakibatkan apabila ada kuman akan mudah masuk pada sel-sel tersebut.

Dari penjelasan tersebut maka di masa-masa itu semua orang tua wajib banget fokus untuk menjaga imunitas sikecil salah satunya adalah dengan memerhatikan setiap asupan nutrisinya.

Peran Nutrisi Pada Sistem Imun

Mengapa nutrisi dianggap sangat berperan untuk tumbuh kembang yang optimal? Asupan Nutrisi sangat berperan dalam pembentukan dan pematangan sistem imun manusia” Begitu ungkap dr. Ariani
Lalu apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk pembentukan system imun? Terdapat 2 jenis nutrisi yaitu Makro dan Mikro yang mencakup :

Makro : Asam Amino, Carnosine, Lemak, Karbohidrat
Mikro : Vitamin, dan Mineral

Penyerapan nutrisi pun sangat bergantung pada kualitas sel-sel usus salah satunya adalah bakteri pada mikrobioma yang berperan penting terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri pathogen. Dimana dalam tubuh manusia terdapat 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah yang paling banyak adalah yang terdapat pada usus yang berarti berpusat pada pencernaan ya :)


 
Lebih lanjut dan Prof. Yvan Vandenplas. MD, PhD juga menjelaskan tentang penelitiannya dalam pembahasan microbioma ini moms.

Mikrobioma gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma di dalam usus) yang sehat sangat berperan penting untuk perkembangan system imunitas anak sejak dini.

Nah cara menjaganya untuk tetap seimbang ialah dengan konsumsi nutrisi yang tepat dan juga mengandung kombinasi prebiotik FOS & GOS. Karena selain mampu membantu menjaga kesehatan saluran cerna, FOS & GOS juga dapat mendukung daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi. 

Prof Yvan juga melakukan penelitian pada GIANT Study yang menunjukan bahwa anak diatas 1 tahun yang mengonsumsi susu pertumbuhan yang dilengkapi FOS & GOS memiliki infeksi yang lebih rendah loh!

Kesimpulan 

Dengan pembahasan tentang mikrobioma ini Prof. Yvan Vandenplas memberikan kesimpulan bahwa :

Saluran pencernaan adalah organ pendukung yang penting dalam system imun
Mikrobiota saluran cerna yang sehat akan mendukung system imun yang kuat
Prebiotic seperti FOS, dan GOS berperan dalam perkembangan microbiota yang sehat
Prebiotic membantu perkembangan system imun yang seimbang
Susu pertumbuhan yang disuplementasi prebiotic FOS dan GOS dapat membantu menurunkan resiko infeksi pada anak.

So… untuk semua orang tua, ternyata impian memiliki generasi yang tumbuh optimal tidak hanya cukup dengan memberi makan saja ya. Kita tetap harus memerhatikan asupan nutrisinya terutama asupan yang mendukung dan menjaga keseimbangan microbiota saluran cerna si kecil karena itu lah kuncinya.

Oia… Untuk pembahasan lebih lanjut seputar kesehatan dan nutrisi ayah – Bunda juga bisa mengakses lebih banyak tentang tumbuh kembang optimal langsung di website www.nutriclub.co.id ya 

Semoga rangkuman webinar yang aku bagikan ini banyak memberikan manfaat :)

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,2021,1,Acne Treatment,5,Air Bebas Mineral,1,Aksara Nusantara,1,Aku dan Alam Semesta,1,alfagift,1,anak,2,anemia,1,anti aging,2,Aplikasi,1,Aqiqah,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bahasa,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,26,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,COVID-19,1,Demam,1,Demfarm,1,Drama Korea,2,Dry Skin Lotion,1,Dunia Wanita,59,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,2,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,2,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,3,games,4,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hampers Lebaran,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,HappyFresh,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,40,itsmyBASE,1,Jung Hae-in,1,Kecantikan,2,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,41,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,21,Keuangan,5,Kisera,1,KitaBeli,1,Klinik Kecantikan Bandung,2,Komunitas,2,Komunitas Bandung,2,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,30,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,15,Lingkungan,1,Luka,1,Macbook,1,Make Up Artist,1,Menanam,1,Merajut Indonesia,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,movie,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,online shopping,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,14,Pengelolaan Keuangan,1,Perawatan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Petani Millenial,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,2,Resep Masakan,9,Review,40,reviewitsmyBASE,1,Rumah Aqiqah,1,safi age defy,1,Salon,1,Senka Indonesia,1,Skin Treatment Expert,1,Skincare,6,SkincareVegan,1,Social Commerce,1,Software,1,Spa,1,The Body Shop® Green Ramadan,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,12,Ultimate Acne Cure,1,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,2,wisata edukasi,2,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Utama Untuk Tumbuh Kembang Optimal
Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Utama Untuk Tumbuh Kembang Optimal
https://1.bp.blogspot.com/-M8Mezb15vuY/XyQTGBuzG_I/AAAAAAAANPQ/26AmMM2A-XY7-Uw8pSgS-cqbOlQTYSBawCLcBGAsYHQ/s640/Webinar%2BNutrilon%2Braisa.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-M8Mezb15vuY/XyQTGBuzG_I/AAAAAAAANPQ/26AmMM2A-XY7-Uw8pSgS-cqbOlQTYSBawCLcBGAsYHQ/s72-c/Webinar%2BNutrilon%2Braisa.jpeg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2020/07/nutrisi-untuk-imunitas-kunci-utama.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2020/07/nutrisi-untuk-imunitas-kunci-utama.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi