Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare By Biofarma

SHARE:

Prakata Hari Minggu 27 Januari 2019 yang lalu aku dan keluarga punya weekend yang berfaedah sekali karena kami menghadiri kegiatan seru b...

Prakata

Hari Minggu 27 Januari 2019 yang lalu aku dan keluarga punya weekend yang berfaedah sekali karena kami menghadiri kegiatan seru bersama beberapa komunitas di Bandung dengan segudang ilmu tentang kesehatan yang didapatkan pada soft launching Imunicare by Biofarma.

Dalam acara soft launching kemarin Biofarma resmi mengumumkan bahwa klinik khusus imunisasi dan vaksin kini dibuka secara umum untuk melayani konsultasi tentang vaksinasi serta pelayanan vaksin nya sendiri. Sebenarnya sudah lama masyarakat tahu bahwa selain sebagai laboratorium terbesar memproduksi berbagai jenis vaksin, antiserum, dan KIT di Biofarma pun menerima layanan imunisasi atau vaksinasi secara langsung hanya saja agar lebih elegan maka klinik ini di branding kembali secara khusus dengan nama Imunicare.

Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare

Mengusung tema Petualangan Imunisasi bersama Imunicare pelataran Biofarma kemarin disulap menjadi sangat menarik untuk sarana piknik ditaman bersama keluarga.


Banyak keluarga yang hadir mengikuti kegiatan ini termasuk diantaranya hadir dari beberapa komunitas parenting di Bandung, aku sendiri datang sebagai perwakilan dari komunitas Bandung Hijab Blogger bersama empat teman lainnya. Acara nya terbilang sukses karena digelar di dua tempat yaitu di pelataran Eduplex – Dago saat berlangsung Car Free Day disana Biofarma bersama Imunicare menggelas kegiatan talk show serta senam dan jalan sehat. Acara di pelataran Biofarma pun berlangsung sangat meriah karena para orangtua berkesempatan mendapatkan edukasi tentang vaksinasi yang beberapa waktu lalu hingga saat musim imunisasi tertentu selalu ramai dijadikan perdebatan di kalangan orang tua.

Sedangkan anak-anak bisa asyik berpetualangan bersama kakak-kakak dari Tepuk Tangan mendengarkan cerita, melakukan kegiatan menari bersama, menyelesaikan berbagai tantangan, serta membuat permainan board game dari kreasi.id lalu petualangan diakhiri dengan eksplorasi ke Museum Biofarma.


Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare ke Museum Biofarma
Anak-anak diberi kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang imunisasi lalu eksplorasi ke Museum Biofarma. Manfaat yang dirasakan adalah anak-anak menjadi tidak takut untuk imunisasi karena mereka mengetahui manfaatnya.
Bahkan tidak sedikit anak-anak yang mempunyai mimpi menjadikan profesi dokter dan ilmuan sebagai cita-cita mereka.



Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare

Peresmian Imunicare

Keseruan kegiatan bermula dengan sambutan dan membunyikan terompet sebagai simbol soft lauching Imunicare.

Peresmian Imunicare Oleh Direktur Utama Pemasaran Biofarma Sri Harsiteteki
Acara dibuka oleh Ibu Sri Harsiteteki selaku Direktur Utama Pemasaran Biofarma dengan membunyikan terompet sebagai tanda resmi Imunicare telah dibuka. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan acara talk show di moderatori MC dari radio Sonora FM yang disiarkan live on air.

Dr. Mahsun Muhammadi M.KK
Dr. Mahsun Muhammadi M.KK mengenalkan bahwa Biofarma sudah eksis selama 1890 itu berarti sudah 129th umur Biofarma berperan penting di dunia kesehatan dunia menciptakan vaksin untuk kesehatan.

Beliau menjelaskan pula tentang Imunicare adalah sebagai layanan resmi vaksinasi
Biofarma sudah melayani vaksinansi selama 30th lalu yang kini membranding kembali layanan vaksinansi khusus di klinik pratama Biofarma dengan nama Imunicare.

Yang spesial dari klinik Imunicare ini terjamin mutunya dan terjamin keasliannya serta menyediakan vaksin yang lengkap.

Produk Vaksin Biofarma

Museum Biofarma
Selain sudah berpengalaman selama 129 tahun di bidang vaksin dan antisera Biofarma juga telah menjadi pemasok utama vaksin yang diekspor ke 132 negara termasuk diantaranya 49 negara mayoritas Muslim karena produknya memang mempunyai kualitas internasional, berdaya saing global, produknya ramah lingkungan, kemudian produk-produknya telah meraih banyak penghargaan WHO Pre-Qualification.

Ada pun beberapa produk vaksin, Anti Serum, dan Kit Diagnostik dari Biofarma yang bisa didapatkan di layanan Imunicare adalah:

Produk Vaksin

  1. Vaksin Poliomyelitis – Oral Bivalen Tipe 1 & 3 (bOPV)
    Vaksin ini digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit Poliomyelitis yaitu vaksin yang mengandung virus Polio hidup yang dilemahkan tipe 1 & 3. Vaksin ini biasanya diberikan empat kali mulai dari usia 0, 2, 3, dan 4 bulan.
  2. Vaksin campak
    Vaksin campak ini digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit Campak. Vaksin ini berbentuk beku kering, mengandung virus campak hidup yang dilemahkan. vaksin ini mulai diberikan pada anak usia 9 bulan, lalu di usia 18 bulan sebagai dosis booster atau dikenal dengan imunisasi ulangan.
  3. Vaksin Flubio (Vaksin Influenza HA)
    Vaksin ini digunakan untuk pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus Influenza. Vaksin ini mengandung strain untuk tipe A (H1N1 & H3N2) dan tipe B yang disesuaikan rekomendasi WHO untuk Northern Hemisphere.
  4. Vaksin Hepatitis B Rekombinan
    Vaksin ini digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit hepatitis  B. Kandungan danam Vaksin ini adalah antigen virus hepatitis B (HBsAg) yang dihasilkan dari biakan sel ragi dengan teknologi rekayasa DNA.*FYI Vaksin ini diberikan dalam bentuk uniject kemasan prefilled injection device dengan dosis 0,5 mL untuk usia dibaha 10 tahun dan 1 mL untuk diatas usia 10 tahun. Vaksin ini diberikan sesuai jadwal yaitu : 0-1-6 bulan atau 0-1-2 bulan atau 0-7-21 hari. lalu vaksin ini diberikan hanya untuk dewasa yang bepergian ke daerah endemisitas tinggi sehingga memberikan perlindungan cepat.
  5. Vaksin BCG
    Vaksin ini dikenal untuk pencegahan terhadap penyakit Tuberkulosis mengandung bakteri Mycobacterium bovis hidup yang dilemahkan. Vaksin ini mulai diberikan pada bayi dibawah satu tahun sebanyak 1x.
  6. Vaksin Jerap Td dan Vaksin Jerap Bio-Td
    Kedua vaksin ini mengandung toksoid tetanus dan toksoid difteri murni. Digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit Tetanus dan Difteri dan diberikan sebagai dosisi booster untuk individu mulai usia 7 tahun.Pada dasarnya keduanya mempunyai fungsi dan kandungan yang sama hanya saja berbeda pada kemasan dan dosis.
  7. Vaksin TT dan Vaksin Bio-TT
    Vaksin ini mengandung toksoid tetanus murni digunakan untuk pencegahan penyakit Tetanus dan Tetanus Neonatorum (Tetanus pada bayi baru lahir)*Untuk perbedaan kedua jenis vaksin ini bisa langsung konsultasikan pada dokter di Biofarma
  8. Vaksin Pentabio
    Vaksin ini digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit difteri, tetanus, pertusis (batuk rejan), hepatitis B, dan infeksi Haemophilus influenza tipe B secara simultan. Vaksin ini diberikan tiga kali pada usia 2, 3, dan 4 bulan lalu diberikan lagi pada usia 18 bulan untuk dosis booster.

Produk Anti Serum

  1. Serum Anti Bisa Ular (BioSAVE)
    Antiserum digunakan untuk pengobatan terhadap gigitan ular berbisa yang mengandung efek neurotoksik (Naja sputatrix – ular kobra dan Bungarus fasciatus – ular belang) dan hemotoksik (Agkistrodon rhodostoma – ular tanah)
  2. Serum Anti Tetanus (BioSAT 1.5)
    Antiserum ini mengandung antioksidan tetanus 1.500 IU/mL digunakan untuk profilaksis dan pengobatan terhadap tetanus.
  3. Serum Anti Difteri (Bio-ADS)
    Antiserum ini mengandung antioksidan difteri 2.000 IU/mL digunakan untuk pengobatan terhadap difteri.

KIT Diagnostik

  1. Tuberkulin RT 23 SSI (2 TU)
    Kit diagnostik ini digunakan untuk mendeteksi infeksi tuberkulosis (Uji Mantoux). Dosis yang digunakan adalah 0,1 mL cairan PPD RT 23. Hasil pengujian test ini memerlukan waktu 48-72 jam setelah penyuntikan untuk dapat mengetahui hasilnya biasanya dokter menyarankan untuk tidak memakai atau menghindari beberapa bahan kimia terkena pada bekas suntikan agar tidak menghilangkan efek KIT karena kemungkinan akan merusak hasil test nya.

Lengkap sekali kan varian vaksin yang dimiliki imunicare, ya iya lah toh Imunicare memang membuatnya sendiri. Nah, manfaat dan keuntungannya sendiri jika kita vaksin di Imunicare ini banyak sekali seperti keutamaan kelengkapan vaksin, kualitas yang terjamin, keasliannya terjamin, harganya lebih terjangkau karena membeli langsung dari pusatnya.

Isu Gen Babi Pada Vaksin

Sharing seputar acara Imunicare
Saat sesi talk show kemarin aku berkesempatan bertanya tentang isu vaksin yang mengandung gen babi yang membuat beberapa kelompok menjadi antivaksin lalu isu vaksin yang tidak logis karena justru memasukkan virus kedalam tubuh (seperti penjelasan kandungan vaksin diatas). Alhamdulillah saat itu juga aku mendapatkan jawaban dari ahlinya langsung dan terjawab dengan sangat jelas.

Dr. Mahsun Muhammadi M.Kk menjelaskan kenapa sampai ada antivaksin, katanya beberapa alasan ini lah yang menjadi kekhawatiran orang tua yang antivaksin seperti :
  1. Terkait efek samping
    Kita semua tahu bahwa efek samping dari vaksin itu adalah timbulnya gejala demam atau alergi (namun jarang terjadi) padahal demam adalah reaksi tubuh yang menerima dengan baik kandungan vaksin tersebut dan menjadi boost efek demam juga menandakan vaksin yang disuntikkan mempunyai kekebalan yang lebih baik dibandingkan vaksin yang memberi efek demam yang kecil.
  2. Ketidak tahuan manfaat tentang vaksin
    Vaksin adalah salah satu jenis ikhtiar imunitas, mencegah penyakit yang datang melalui virus kalau pun sampai terserang maka dampaknya tidak akan terlalu parah jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak di vaksin.
  3. Kandungan vaksinasi
    Dr. Mahsun mengungkapkan dengan rinci tentang ini dengan sangat hati-hati karena memang banyak kasus keraguan pada kebanyakan orangtua. Kandungan vaksinasi yang terbuat dari virus itu sendiri membuat ragu beberapa kalangan karena dianggap tidak logis padahal salah satu cara melawan virus itu adalah dengan jenis virus itu sendiri namun dalam kasus vaksinasi virus itu telah dilemahkan lalu diambil bagian yang bermanfaatnya saja.Ada pun isu tentang gen babi itu adalah proses yang bersinggungan di awal saja selanjutnya vaksin akan mengalami beberapa proses lagi untuk menjadi sebuah vaksin beku dan Insya Allah sudah hilang terkikis beberapa proses itu dan yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua vaksin bersinggungan dengan tripsin gen babi hanya vaksin Campak Rubela – MR saja.
Kabar baiknya semua jenis vaksin di Imunicare sendiri saat ini satu persatu sudah didaftarkan ke lembaga Halal MUI dan beberapa vaksin sudah mempunyai label Halal MUI. Untuk mendapatkan sertifikat halal MUI ini tahapannya berproses tidak bisa langsung didapatkan semua untuk setiap jenis vaksin nya karena ada tahap pemeriksaan kembali.

Rangkuman

  • Vaksin itu mencegah virus berbahaya.
  • Bakteri/Virus yang digunakan adalah virus yang sudah dijinakkan, hanya sedikit bagian dari virus yang diambil komponennya untuk dijadikan antibody.
  • Tentang kandungan vaksin, tidak semua vaksin itu dengan enzim tripsin tidak mengandung DNA babi. MR adalah contoh vaksin Campak Rubela yang bersinggungan dengan tripsin di awal.
  • Tentang pemberian immunisasi yang terlambat ternyata bisa dijadwalkan kembali dengan syarat sebelumnya sudah dikonsultasikan dan dijadwalkan oleh dokter specialist dari Imunicare.
  • Usaha biofarma kini sudah dalam naungan dan bekerjasama dengan KEMENKES
  • Biofarma sedang mendaftarkan semua jenis vaksinnya ke LPOM MUI agar kepercayaan masyarakat makin terjaga.
  • Biofarma adalah produsen vaksin berskala global
  • Biofarma mempunyai klinik dengan nama Imunicare
  • Biofarma punya museum yang 100% saham milik pemerintah jadi tentu saja ini adalah milik kita
Semoga apa yang aku share ini bermanfaat ya, sumber tulisan aku ini berdasarkan brosur dan tentu rangkuman dari penjelasan Dr. Mahsun Muhammadi M.Kk

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,2021,1,Acne Treatment,5,Air Bebas Mineral,1,Aksara Nusantara,1,Aku dan Alam Semesta,1,alfagift,1,anak,2,anemia,1,anti aging,2,Aplikasi,1,Aqiqah,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bahasa,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,26,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,COVID-19,1,Demam,1,Demfarm,1,Drama Korea,2,Dry Skin Lotion,1,Dunia Wanita,59,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,2,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,2,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,3,games,4,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hampers Lebaran,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,HappyFresh,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,40,itsmyBASE,1,Jung Hae-in,1,Kecantikan,2,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,41,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,21,Keuangan,5,Kisera,1,KitaBeli,1,Klinik Kecantikan Bandung,2,Komunitas,2,Komunitas Bandung,2,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,30,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,15,Lingkungan,1,Luka,1,Macbook,1,Make Up Artist,1,Menanam,1,Merajut Indonesia,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,movie,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,online shopping,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,14,Pengelolaan Keuangan,1,Perawatan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Petani Millenial,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,2,Resep Masakan,9,Review,40,reviewitsmyBASE,1,Rumah Aqiqah,1,safi age defy,1,Salon,1,Senka Indonesia,1,Skin Treatment Expert,1,Skincare,6,SkincareVegan,1,Social Commerce,1,Software,1,Spa,1,The Body Shop® Green Ramadan,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,12,Ultimate Acne Cure,1,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,2,wisata edukasi,2,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare By Biofarma
Petualangan Imunisasi Bersama Imunicare By Biofarma
https://1.bp.blogspot.com/-nvt60NH9HCM/XrEdpk6AJ5I/AAAAAAAAKIM/yeISQ2qAEy42cDylClZBzfkJIwkbuQ-WwCLcBGAsYHQ/s320/Petualangan%2BImunisasi%2BBersama%2BImunicare%2BBy%2BBiofarma%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nvt60NH9HCM/XrEdpk6AJ5I/AAAAAAAAKIM/yeISQ2qAEy42cDylClZBzfkJIwkbuQ-WwCLcBGAsYHQ/s72-c/Petualangan%2BImunisasi%2BBersama%2BImunicare%2BBy%2BBiofarma%2B1.jpg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2019/02/petualangan-imunisasi-bersama-imunicare.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2019/02/petualangan-imunisasi-bersama-imunicare.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi