Erhair Atasi Masalah Rambut Rontok Pasca Melahirkan

SHARE:

Baru kali ini aku merasakan keanehan pada diriku karena masalah rambut rontok. Kejadian ini bermula setelah melahirkan anak ketiga, aku ka...

Baru kali ini aku merasakan keanehan pada diriku karena masalah rambut rontok. Kejadian ini bermula setelah melahirkan anak ketiga, aku katakan aneh karena kerontokan rambut yang aku alami sangat diluar dugaan. Rambut yang rontok jumlahnya banyak sekali sampai menggumpal saat disisir bahkan saat tidak disisir rambut pun masih berjatuhan. Panik? Tentu saja, karena aku tidak terbiasa mempunyai masalah rambut rontok separah ini.

Sebelumnya memang ada sedikit kerontokkan dirambut tapi aku anggap wajar karena aku perempuan berhijab, rambutku seharian diikat sehingga saat menemukan ada beberapa helai rambut yang patah ya aku anggap wajar saja tapi tidak dengan kejadian kali ini.


Mengetahui Fakta Tentang Pertumbuhan Rambut
Sebelum berasumsi alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu fakta tentang pertumbuhan rambut.
  • Rambut Tumbuh Sejak Dalam Janin
    Rambut sudah mulai tumbuh saat kita masih dalam kandungan di minggu ke 22 saat janin mulai berkembang, saat dalam janin kurang lebih ada 5 Juta folikel rambut terbentuk yang menjadi struktur kulit dimana rambut nanti akan tumbuh dan dari masing-masing folikel tersebut menumbuhkan 20 helai rambut. Ada yang mau menghitung jumlahnya? 😀
  • Tentang Folikel Rambut
    Folikel adalah epidermis kulit dimana sumber akar rambut tumbuh. Normalnya rata-rata manusia memiliki 100.000 folikel rambut dan jumlahnya tidak akan bertambah namun sangat mungkin berkurang salah satunya karena faktor pertambahan usia. Namun perawatan yang baik dan efektif ternyata mampu mempertahankan kesehatan rambut dan folikelnya loh.
  • Fase Pertumbuhan Rambut
    Rambut adalah bagian tubuh yang unik karena mengalami fase pengulangan pertumbuhan yang berlangsung selama 2 hingga 7 tahun dan mengalami 3 fase yaitu; fase Anagen, fase Katagen dan fase Telogen.
1. Fase anagen adalah fase pertumbuhan dimana sekitar 90% dari rambut di kulit kepala yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 tahun.

2. Fase katagen, dimana folikel rambut menyusut. Hal ini terjadi pada 1% dari helai rambut dan memakan waktu sekitar waktu satu bulan.

3. Fase Telogen, fase rambut mulai rontok. Hal ini terjadi sekitar 10 – 15% dari helai rambut dan periode terakhir berlangsung selama 5 bulan. Kerontokan tersebut disebabkan oleh folikel rambut yang sedang beristirahat sejenak, sehingga rambut di folikel akan rontok. Fakta lainnya ternyata tidak semua folikel beristirahat, pada waktu yang berbeda sebagian rambut lainnya terus tumbuh, maka, kita cenderung tidak menyadari kerontokan tersebut. Tapi enggak perlu khawatir kok, karena rambut yang rontok akan tumbuh kembali.

Namun, jika rambut yang rontok sangat banyak, maka sebaiknya sih perlu berkonsultasi dengan dokter atau therapist untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat. Karena ternyata ada kerontokan rambut yang dipengaruhi hormon. Lalu apa penyebab kerontokan rambut pasca melahirkan?

Karena merasa apa yang aku alami diluar kewajaran maka aku kemarin memutuskan untuk berkonsultasi karena perasaan khawatir yang melanda ibu menyusui tidak boleh dibiarkan lama nanti efeknya malah jadi stres lalu mempengaruhi kelancara ASI.

Rekomendasi teman-teman yang mempunyai pengalaman yang sama denganku menyarankan aku untuk konsultasi kepada ahlinya dan sudah berpengalaman lebih dari 20 Tahun menangani masalah rambut yaitu Erha Skin, Hair & Laser Expert.




Erha Clinic

Saat berkonsultasi akhirnya aku mendapatkan jawaban mengapa aku mengalami kerontokan rambut yang cukup parah setelah melahirkan kemarin. Ternyata jawabannya simpel, karena faktor hormonal. Lalu apakah ini berbahaya? Jawabannya tidak, ini hal yang normal dan bisa diatasi.
Alhamdulillah setelah mendengar jawaban itu hati mulai tenang dan tidak khawatir lagi. Tapi kira-kira apa alasannya ya sehingga setelah melahirkan seorang ibu bisa mengalami rambut rontok?

Rambut Rontok Pada Ibu Pasca Melahirkan




Mitosnya setelah melahirkan anak laki-laki lalu selanjutnya melahirkan anak perempuan biasanya akan terjadi kerontokan rambut. Faktanya adalah setiap ibu yang baru melahirkan bisa saja mengalami rambut rontok. Alasannya adalah siklus atau lebih jelasnya pertumbuhan salah satu dari 3 fase diatas ada yang tertunda!

Pada wanita hamil umumnya ternyata mengalami 3 fase pertumbuhan rambut yang tidak sesuai siklusnya moms, alias tidak terjadi seperti biasanya. Hal ini dikarenakan kadar hormon estrogen di dalam tubuh ibu hamil mengalami lonjakan sehingga memperpanjang fase hidup rambut (fase anagen). Hasilnya yang dirasakan wanita hamil adalah rambut terasa lebih tebal dan lebih sedikit rambut yang mengalami kerontokan.

Sedangkan setelah melahirkan, produksi estrogen kembali ke tingkat normal maka siklus pertumbuhan rambut pun kembali ke siklus normalnya. Inilah alasan di balik jumlah rambut rontok yang terlihat lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini normalnya berlangsung selama beberapa bulan awal setelah melahirkan hingga bayi berusia lima atau enam bulan. Tapi pada sebagian kasus, ada juga ibu menyusui yang mengalami fase telogen ini hingga setahun lamanya dan aku termasuk salah satunya 😁

Dengan kata lain, kerontokan rambut setelah melahirkan merupakan kondisi normal ya moms yang jelas dari penjelasannya ini erat kaitannya dengan kadar hormon di dalam tubuh. Pesan baiknya setelah berkonsultasi kemarin aku menjadi tidak panik padahal sebelumnya aku sempat terburu-buru beranggapan bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan gizi atau vitamin bahkan sempat menyangka mengidap penyakit parah. Alhamdulillah ternyata tidak 🙂

Cara Tepat Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan


Dari pada panik ya sebaiknya dicari tahu penyebabnya sesegera mungkin, ada pun cara tepat mengatasi masalah rambut rontok adalah dengan melakukan beberapa tindakan perawatan yang tepat seperti yang saya lakukan kemarin 🙂

Simak yuk beberapa tips nya buibuk …
  • Perlakukan rambut dengan lembut
    Saat menghadapi rambut rontok setelah melahirkan, alangkah baiknya kita memperlakukan rambut dengan lembut, karena setidaknya dengan ini bisa mengurangi jumlah dan tingkat keparahan rambut yang rontok. Gak perlu banyak dimacem-macemin dulu rambutnya ya seperti hindari terlalu sering mengepang, menguncir, cukup pakai bandana saja dulu jika rambut sedikit mengganggu.
    Pastikan juga saat menyisir rambut, sisir lah rambut dengan lembut dan perlahan, bisa gunakan sisir ion juga nih yang lagi happening. Sebisa mungkin hindari juga menyisir terutama saat rambut sedang basah setelah keramas ya, karena pada saat inilah kondisi rambut lebih rapuh sehingga rawan rontok atau patah.
  • Kurangi pemakaian pengering dan pelurus rambut
    Agar rambut terhindar dari kerusakan yang lebih parah, hindari dulu pemakaian pengering dan pelurus rambut di fase ini. Tapi kalau masih ngerasa enggak nyaman karena rambut yang basah, pastikan alat pengering rambut yang digunakan diatur dulu pada tingkat kekuatan yang rendah ya moms.
  • Memakai produk perawatan rambut rontok
    Banyak produk perawatan rambut rontok yang dijual namun pada kenyataannya efek yang dirasakan kurang efektif. Beruntung saat konsultasi kemarin aku diberi saran sama therapist nya Erha untuk memakai rangkaian produk Hair Growth Series. Kabar baiknya kita bisa beli langsung produknya di Erha Apothecary kalau misalkan enggak sempat berkonsultasi. Maklum lah ya kan ibu menyusui gak bisa lama-lama keluar. Untuk mendapatkan produknya pun bahkan kita bisa kok hanya kirim DM ke akun social media nya Erha Dermatologist dan tanya-tanya disana.

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan 4
Erha Apothecary

Semudah itu ternyata, tapi kalau mau lebih afdol ya datang langsung ke klinik Erha diwilayahmu ya moms karena saat ini Erha sedang ada promo diskon 10% khusus untuk perawatan Erha Hair Follicle Activation Therapy di semua Cabang Erha kan lumayan banget. Bahkan saat aku kepoin langsung website ada promo package treatment dengan total potongan harga hampir 1jt. Keren banget kan?

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan

Hair Follicle Activation merupakan salah satu tindakan yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut khususnya pada pengidap androgenic alopecia, yaitu kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal.

Treatment ini cocok sekali jika kerontokan yang dialami sudah cukup parah sehingga terjadi kebotakan.

Tindakan yang dilakukan therapist Erha ini merupakan kombinasi Electroporation Needle System alat therapy ini menggunakan Auto Microneedle dan electroporation dan Red Light Therapy. Tindakan ini secara efektif dapat meningkatkan penetrasi obat atau serum sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.


Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Hair follicle activation auto micro needling tools


Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Hair Fillicle Activation – Red Light

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan

Pokoknya habis treatment di Erha dijamin Perfect hair become real karena dirawat oleh ahlinya langsung 🙂

Tapi kemarin aku gak sampai mengalami kebotakan yang begitu parah hanya saja rambut jadi lebih tipis dari biasanya, maka dari itu aku diperbolehkan untuk treatment menggunakan Hair Growth Series yang terdiri dari HairGrow Shampoo dan HairGrow Serum. Ini ada video unboxing untuk kedua produk itu 😀

Alhamdulillah produk Hair Grow series ini adalah salah satu dari produk bebas tanpa resep ERHA, jadi kita bisa dapatkan produk perawatan Hair Grow series langsung tanpa perlu konsultasi maupun resep dokter. Pembeliannya bisa langsung ke Erha Clinic, Erha Dermacenter, Erha Apothecary, dan Erha Skin.

Tentang Erha Yang Terpercaya
Siapa sih yang enggak tahu tentang PT ERHA INDONESIA?
FYI;
“Berdirinya ERHA berangkat dari karir dr. Ronny Handoko, SpKK(K), yang memulai praktek pribadinya sejak tahun 1968, praktek sebagai dokter spesialis kulit di tahun 1972. Klinik pertama ERHA didirikan di Kemanggisan, Jakarta pada tahun 1999.
Sejak awal berdiri, ERHA mengedepankan konsep personalized therapy yang didukung dengan tim dermatolog dan dokter terbaik, produk-produk inovatif, dan layanan dengan peralatan medis teknologi terkini. Kesuksesan ERHA juga tidak lepas dari dukungan pelayanan konsumen yang ramah.
Rangkain produk ERHA merupakan hasil formulasi terbaik yang telah teruji klinis efektif dan aman untuk digunakan. Untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat luas, ERHA hadir di 39 kota di Indonesia dengan 90 cabang. Jumlah outlet ERHA ditargetkan akan mencapai genap 100 cabang pada akhir tahun 2018.
Dengan semangat dan dedikasi tinggi, ERHA senantiasa berkembang dan melebarkan sayap untuk menjangkau dan menghadirkan solusi kesehatan kulit kepada masyarakat Indonesia.”
Dengan pengalaman selama hampir 20 tahun, ERHA telah dipercaya oleh 3 juta pelanggan di Indonesia untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala.

So, Percayakan ahlinya saja ya moms


Erhair Hair Growth Series
HairGrow shampoo

Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Erhair – HairGrow Shampoo

Erhair HairGrow Shampoo membantu mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti Panax Ginseng Extract dan Pumpkin Seed Extract, Erhair HairGrow Shampoo aman untuk digunakan setiap hari.
Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
HairGrow Shampoo – Mengurangi kerontokan dan menumbuhkan rambut baru.
Erhair HairGrow Shampoo diformulasikan secara khusus untuk tahap pemeliharaan mengurangi kerontokan rambut. Diperkaya bahan alami ekstrak Cucurbita Pepo Seed, ekstrak Ginseng dan Niacinamide yang berfungsi melancarkan mikrosirkulasi serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dan mineral, sehingga efektif merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menghambat hormon penyebab kerontokan. Erhair HairGrow Shampoo menggunakan bahan-bahan alami sehingga cocok digunakan setiap hari.

Tersedia dalam kemasan :
Botol 100ml
Botol 250 ml
HairGrow Serum

Erhair - Hair Grow Serum Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Erhair HairGrow Serum

HairGrow Serum. Formulanya telah terbukti secara klinis membantu mengurangi kerontokan dalam 3 minggu.

Tidak hanya mengatasi kerontokan, formula Erhair HairGrow Serum efektif meningkatkan pertumbuhan rambut baru dalam 4 minggu pemakaian.

Aplikasikan satu dosis Erhair HairGrow Serum sehari sekali, pada kulit kepala yang telah dibersihkan dalam keadaan kering atau setengah basah. Pijat lembut kulit kepala dan tidak perlu dibilas.

Pakai setelah keramas dengan Erhair HairGrow Shampoo untuk hasil terbaik.


Erhair - Hair Grow Serum - Erhair, Cara mengatasi rambut rontok secara alami Pasca Melahirkan
Erhair – Hair Grow Serum

Erhair HairGrow Serum mengandung Kopexil, Panax Ginseng Extract, Arginine, Biotin, dan D-Panthenol merupakan Hair Growth Stimulant untuk membantu mengurangi rambut rontok pada Androgenetic Alopecia sekaligus merangsang regenerasi rambut serta mengandung Vasodilator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru / regenerasi rambut. Erhair HairGrow Serum menutrisi kulit kepala dengan kandungan Nutrisi Vitamin dan Mineral di dalamnya serta mengandung anti iritasi sehingga sesuai untuk kulit sensitif.

Erhair – HairGrow Serum

CLINICALLY PROVEN
Bekerja sinergis dengan ERHAIR HairGrow Shampoo :
1. Efektif membantu mengurangi kerontokan
rambut dalam 3 minggu
2. Efektif membantu meningkatkan
pertumbuhan (densitas) rambut dalam
4 minggu
Cara Pemakaian:
Aplikasikan satu dosis ERHAIR HairGrow Serum sekali sehari pada kulit kepala yang sudah dibersihkan dalam keadaan kering atau setengah basah. Pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar untuk membantu penyerapan. Tidak perlu dibilas.
Tersedia dalam kemasan :
1 box @ 7 x 8 ml
1 box @ 28 x 8 ml
Produk-produk perawatan Hair Grow series diatas bisa langsung didapatkan tanpa perlu konsultasi maupun resep dokter loh. Hanya di: Erha Clinic, Erha Dermacenter, Erha Apothecary, dan Erha Skin atau bisa melalui social media account seperti Instagram @erha.dermatology Facebook Fan Page dan Website erha.co.id
Nah… Untuk perawatan lainnya yang bisa membantu mengurangi rambut rontok setelah melahirkan adalah;
  • Mengonsumsi makanan sehatManfaatnya banyak banget apalagi untuk ibu menyusui plus nya untuk membantu pertumbuhan rambut kembali, utamakan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak protein dan vitamin. Misalnya telur, susu, sayuran, dan buah-buahan. Zat besi, vitamin D, vitamin C, magnesium, dan omega-3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut sehat.
  • Mengonsumsi vitamin
    Vitamin dapat membantu kelengkapan gizi yang berkurang karena proses pengolahan makanan. Lagi pula pasca melahirkan dan selama menyusui memang disarankan tetap mengonsumsi vitamin prenatal setelah bayi lahir, terutama jika kita menyusui bayi. Jadi dapat nilai plus-plus selain kita sehat bayi pun ikut sehat ya moms
Itu dia beberapa tips yang bisa aku share moms. Jika tips dan cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan di atas belum berhasil, sekali lagi sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter demi mendapatkan penanganan medis yang tepat ya.

Sebagai penutup, harapannya semoga sharing tentang pengalama aku yang mengalami rambut rontok setelah melahirkan kemarin membantu para ibu yang mempunyai pengalaman yang sama saran aku jangan buru-buru panik seperti aku kemarin ya moms,karena kekhawatiran tidak menjadi jalan keluar 😀

Keep healthy moms :*
*Sumber Erha Dermatologist

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,Acne Treatment,2,Air Bebas Mineral,1,Aku dan Alam Semesta,1,anak,1,anti aging,1,Aplikasi,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,17,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,Demam,1,Dunia Wanita,52,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,1,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,1,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,2,games,1,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,35,Keluarga,31,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,18,Keuangan,4,Kisera,1,Klinik Kecantikan Bandung,1,Komunitas,2,Komunitas Bandung,1,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,29,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,13,Luka,1,Make Up Artist,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,13,Pengelolaan Keuangan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,1,Resep Masakan,9,Review,34,safi age defy,1,Senka Indonesia,1,Skincare,4,Software,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,11,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,1,wisata edukasi,1,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Erhair Atasi Masalah Rambut Rontok Pasca Melahirkan
Erhair Atasi Masalah Rambut Rontok Pasca Melahirkan
https://1.bp.blogspot.com/-SMvRZu3-mf4/XrEm0LpGaRI/AAAAAAAAKKQ/2i36sJSW_4IV-4zBO3pzxsOnNXJwBaahgCLcBGAsYHQ/s320/Erhair%2BAtasi%2BMasalah%2BRambut%2BRontok%2BPasca%2BMelahirkan%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SMvRZu3-mf4/XrEm0LpGaRI/AAAAAAAAKKQ/2i36sJSW_4IV-4zBO3pzxsOnNXJwBaahgCLcBGAsYHQ/s72-c/Erhair%2BAtasi%2BMasalah%2BRambut%2BRontok%2BPasca%2BMelahirkan%2B1.jpg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2019/01/erhair-atasi-masalah-rambut-rontok.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2019/01/erhair-atasi-masalah-rambut-rontok.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi