Cara Mendidik Anak Kelola Keuangan Di Era Digital Bersama Citi Peka

SHARE:

Financial Planner, Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWP Ternyata tidak hanya acara Parenting talk show saja yang digelar kemarin, para siswa SDN 191 Babakan Surabaya juga diajari langsung praktek tentang keuangan ini bersama kakak-kakak dari Prestasi Junior Indonesia dan Citi Peka. Mau tahu kegiatan hari kamis itu apa saja?

Prakata

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan Di Era Digital – Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak.

Apa sih financial literacy itu?
Seberapa penting sih mempelajari financial literacy?
Apa saja manfaatnya mengajarkan money literacy untuk anak?
Sebenarnya semua pertanyaan itu yang ada dibenak saya saat akan mengikuti kegiatan parenting talk show “Mendidik Anak Terampil Kelola Uang Di Era Digital” Kamis, 17 Januari 2019 kemarin.
Anak-anak diajarin ngurus duit? Masa iya sih? Emak nya aja keteteran. Hehehe

Tapi saat mengetahui pematerinya adalah orang-orang handal dibidangnya saya langsung penasaran dan ingin sekali tahu trik dan tips nya mengajarkan anak money literacy ini.

Bertempat di sebuah Sekolah Dasar Negeri di Bandung, tepatnya di SDN 191 Babakan Surabaya Jl. Ibrahim Adjie No. 147 acara parenting talk show ini digelar dengan tema bertajuk “Anak Terampil Kelola Uang Di Era Digital” bersama pemateri luar biasa yaitu Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli M.Psi.,Psi.

serta Financial Planner, Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWP 
Ternyata tidak hanya acara Parenting talk show saja yang digelar kemarin, para siswa SDN 191 Babakan Surabaya juga diajari langsung praktek tentang keuangan ini bersama kakak-kakak dari Prestasi Junior Indonesia dan Citi Peka. Mau tahu kegiatan hari kamis itu apa saja?

Yuk, kita gali bareng disini karena banyak sekali ilmu yang aku dapat kemarin.

Tentang Digital Financial Literacy For Children



Ternyata kegiatan kemarin itu ada pencetusnya, mereka adalah Citi Indonesia (CitiBank) yang telah rutin menyalurkan ide-ide tentang ini melalui payung kegiatan kemasyarakatannya yang dikenal dengan Citi Peka (Peduli dan BerKarya) bekerjasama dengan sebuah lembaga non profit yaitu Prestasi Junior Indonesia (PJI) melaksanakan program ajar terhadap siswa kelas 3, 4, dan 5 di Indonesia tentang literasi keuangan, industri keuangan, terutama hal yang berkaitan dengan perbankan.

Dalam programnya Digital Financial Literacy for Children telah disiapkan 3 modul kegiatan oleh PJI yang melingkupi kehidupan bertemakan; “Keluarga Kami” , “Wilayah Kami” dan “Kota Kami”
Ditegaskan kembali oleh Deputy Executive Director Prestasi Junior Indonesia, Bapak Agus Susanto

Deputy Executive Director Prestasi Junior Indonesia, Bapak Agus Susanto
“Karya nyata dari Citi Indonesia lewat program Citi Peka (Peduli dan Berkarya) yang sangat efektif mendukung Gerakan Literasi Nasional. Penggunaan media digital dipadu dengan konsep Gamification sangat tepat untuk anak-anak belajar literasi keuangan. Harapan luasnya dalam program ini dari beliau adalah “Semoga semakin banyak anak2 bisa menikmati modul-modul yang tersedia seperti yang diajarkan kemarin kepada para siswa, modul-modul yang melingkupi:

1. Keluarga Kami (Our Family) – belajar tentang needs/wants, jobs, skills and interdependence
2. Wilayah Kami (Our Region) – belajar tentang resources to create goods and services
3. Kota Kami (Our City) – belajar tentang “why banks are important” , “plan their own business

Keceriaan anak-anak pada acara cara mendidik anak mengelola keuangan di era digital – Citi Peka Pentingnya Memberi Bekal Financial Literacy Untuk Anak
Pada masing-masing modul sudah dirancang dan disesuaikan dengan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia dan tentu saja terdapat nilai dan pelajaran individu yang berkaitan dengan perbankan, bisnis, karir, komunikasi, pembangunan ekonomi, uang, produsen dan konsumen, sumber daya, pasokan dan permintaan.

Bankir muda yang tergabung dalam Citi Volunteers turut terlibat di dalam kelas untuk memberikan ilmu perbankan dan ilmu keuangan
Tidak hanya team PJI yang mengajar ternyata bankir muda yang tergabung dalam Citi Volunteers juga turut terlibat di dalam kelas untuk memberikan ilmu perbankan dan ilmu keuangan lainnya untuk membantu siswa menyelesaikan modul melalui gawai yang telah disediakan.


Saat berkesempatan mengunjungi kelas kemarin ternyata kegiatannya memang seru karena siswa-siswa diminta aktif mempresentasikan ide usaha mereka dengan memanfaatkan kekayaan sumber daya dari 3 modul tadi yaitu keluarga kami, wilayah kami, dan kota kami.


Agar nilai-nilai pembelajaran bisa efektif dan berkelanjutan maka pada keagiatan kemarin tidak hanya anak yang diajarkan tentang money literacy namun Citi Indonesia juga memberi kesempatan kepada orangtua dan guru untuk belajar bersama Pakar Keuangan dan Psikolog Anak dan Keluarga yang didatangkan langsung dalam sebuah kegiatan Parenting Talk show untuk melengkapi harapan diatas tadi.

Parenting Talk Show “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital”

Suasana Seminar Parenting Talk show “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital”
Seperti yang aku singgung sedikit diatas sesi parenting talk show ini diselenggarakan Citi Indonesia dan PJI bertujuan untuk mengoptimalkan program Digital Literacy for Children maka tema Parenting Talk show juga dibuatkan tema yang sesuai yaitu “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital” untuk memberikan motivasi kepada 100 orang tua siswa SDN 191 Babakan Surabaya Bandung, agar tak hanya menjadi bekal anak-anak tetapi memberikan pemahaman lebih jauh serta membimbing anak mendampingi saat mengelola keuangan di era yang serba cepat dan mudah ini.

Jika dikerucutkan poin utama dari tujuan sesi parenting talk show ini adalah :
  1. Memberikan pemahaman bagi orang tua untuk mengenali perilaku konsumtif pada anak serta dampak negatif jangka panjang jika dibiarkan terjadi secara terus menerus.
  2. Membangun kesadaran orang tua akan pentingnya memperkenalkan uang dan cara mengelolanya kepada anak-anak sejak usia dini.
  3. Memberikan motivasi dan dorongan kepada orang tua untuk memanfaatkan masa tumbuh kembang anak dengan membangun kebiasaan dan budaya kelola uang dengan baik.
  4. Membangun kesadaran orang tua mengenai pentingnya mengelola keuangan keluarga dengan baik sebagai bentuk teladan (role model) bagi anak-anak.
Agar tujuan-tujuan dan nilai yang diajarkan PJI teraplikasikan dengan baik maka diharapkan lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, serta lingkungan sosial bisa bersinergi untuk menciptakan habitus. Karena pendidikan nilai tidak terlepas dari pembentukan habitus melalui pelatihan/pengajaran, pembiasaan, pengalaman dan perjumpaan. Habitus dibangun melalui proses pendidikan keluarga, pendidikan sekolah dan pendidikan sosial. Ungkap Bapak Agus Susanto”

Keterlibatan Citibank Dalam Program Digital Financial Literacy

Elvera N. Makki Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia
Ibu Elvera N. Makki Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia mengungkapkan bahwa program ini sudah berjalan rutin secara bergiliran mendatangi kota-kota di Indonesia dan sudah 3 tahun bekerjasama dengan PJI serta Citi Volunteers untuk kelancaran seluruh kegiatannya. Semua kegiatan ini dilakukan murni semata-mata hanya ingin berbagi ilmu keuangan bersama masyarakat khususnya anak-anak di sekolah karena memang kebiasaan baik harus dilakukan dari dasar untuk menjadi sebuah habits.

Tidak ada sama sekali niat untuk menggaet nasabah untuk para orang tua atau pun siswa karena memang CitiBank tidak membuka tabungan di jenjang itu, saldo tabungan yang disetorkan rutin minimal harus 50jt jadi tidak mungkin membuka tabungan khusus pelajar atau anak-anak. Ungkapnya;
  • Sejalan dengan fokus bisnis Citibank yang mengedepankan digitalisasi perbankan, program Digital Financial Literacy for Children dimaksudkan untuk memanfaatkan tren penggunaan gawai bagi anak-anak digital native ke arah yang positif dengan memasukkan modul-modul edukasi keuangan dan pendekatan interaktif yang aman, komprehensif dan menyenangkan bagi anak-anak.
  • Program yang memasuki tahun ketiga ini merupakan bagian dari salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR) dari Citibank Indonesia, yaitu inklusi keuangan bagi generasi muda terutama bagi anak-anak usia tingkat Sekolah Dasar.
  • Upaya dari program Digital Financial Literacy for Children tak terlepas dari dukungan para orang tua yang dapat membimbing anak-anak mereka untuk mengelola uang secara cermat dan tepat guna. Sehingga dapat memberikan manfaat keuangan di masa mendatang.
  • Karenanya melalui sesi parenting talkshow, Citibank berharap dapat memberikan pemahaman pengelolaan keuangan secara lebih lengkap kepada para orang tua agar dapat mendampingi anakanak mereka. Sehingga mampu mewujudkan generasi muda yang dapat memberikan kontribusi positif dalam era digital.
Tidak hanya harapan Pak Agus Susanto saja, harapan saya dan para orang tua lainnya juga pasti setuju bahwa program ini sangat baik dan diharapkan ilmunya tentang money literacy bisa didapatkan anak-anak serta siswa lain yang belum dapat kesempatan sekolahnya dikunjungi Citi Indonesia dan PJI.

Tips Mengelola Keuangan Untuk Keluarga dan Anak


Mbak Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWP pakar keuangan Indonesia CEO & Co-Founder ZAP Finance
Seseorang yang dihadirkan langsung untuk sesi Parenting Talk Show kemarin salah satunya adalah Mbak Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWP seorang pakar keuangan Indonesia CEO & Co-Founder ZAP Finance yang juga rajin berbagi tentang pengelolaan keuangan di blog nya pritaghozie.com jadi sangan mudah jika ingin belajar langsung dengan beliau melaui pelatihan-pelatihan yang beliau adakan.

Tetapi sekali lagi berkat Citi Indonesia kemarin saya bersama orang tua siswa lainnya berkesempatan belajar dengan seorang pakar keuangan langsung tanpa harus repot cari jadwal sampai membayar, sudah dihadirkan didepan mata langsung 😀


Karena yang hadir rata-rata adalah full time mom maka diberi beberapa contoh dan simulasi serta tips investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga seperti membeli logam mulia, Tabungan Rencana, Usaha.

Namun tetap pada dasarnya orang tua juga harus mengelola pengeluaran apakah itu keinginan atau kebutuhan jangan sampai aturan money literacy yang sudah diajarkan hanya berlaku untuk melatih anak saja sedangkan orang tua tidak membatasi setiap pembelian. Kembali lagi pada tujuan awal yaitu pengelolaan keuangan ini berlaku untuk orang tua dan anak sehingga terbentuk habit yang saling mendukung.

Roslina Verauli M.Psi.,Psi atau Bunda Uli, Psikolog Anak dan Keluarga
Penyataan ini selaras dan juga disetujui oleh pembicara kedua yaitu Roslina Verauli M.Psi.,Psi atau Bunda Uli sapaan akrabnya yang kita kenal sebagai Psikolog Anak dan Keluarga. Kemarin Bunda Uli berpesan kepada orang tua agar selalu berkomunikasi bersama anak-anak lalu beri perhatian dan cinta lalu pesan tentang pengajaran money literacy khususnya untuk para ibu katanya “Emosi tidak dibayar dengan konsumsi”

Video Youtube Financial Literacy

Bunda Uli tahu banget penyakit para ibu yang suka lapar mata kalau pas emosi ya. Hehehe
Tapi memang bener kan ya? Untungnya kemarin aku rekam jadi selalu terngiang-ngiang pesan Bunda Uli 😀



Nah, agar kena juga pesannya silahkan ditonton rangkuman acara kemarin ya biar terngiang-ngiang juga ilmunya putar ulang-ulang deh 😀

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,2021,1,Acne Treatment,5,Air Bebas Mineral,1,Aksara Nusantara,1,Aku dan Alam Semesta,1,alfagift,1,anak,2,anemia,1,anti aging,2,Aplikasi,1,Aqiqah,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bahasa,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,26,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,COVID-19,1,Demam,1,Demfarm,1,Drama Korea,2,Dry Skin Lotion,1,Dunia Wanita,59,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,2,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,2,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,3,games,4,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hampers Lebaran,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,HappyFresh,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,40,itsmyBASE,1,Jung Hae-in,1,Kecantikan,2,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,41,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,21,Keuangan,5,Kisera,1,KitaBeli,1,Klinik Kecantikan Bandung,2,Komunitas,2,Komunitas Bandung,2,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,30,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,15,Lingkungan,1,Luka,1,Macbook,1,Make Up Artist,1,Menanam,1,Merajut Indonesia,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,movie,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,online shopping,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,14,Pengelolaan Keuangan,1,Perawatan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Petani Millenial,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,2,Resep Masakan,9,Review,40,reviewitsmyBASE,1,Rumah Aqiqah,1,safi age defy,1,Salon,1,Senka Indonesia,1,Skin Treatment Expert,1,Skincare,6,SkincareVegan,1,Social Commerce,1,Software,1,Spa,1,The Body Shop® Green Ramadan,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,12,Ultimate Acne Cure,1,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,2,wisata edukasi,2,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Cara Mendidik Anak Kelola Keuangan Di Era Digital Bersama Citi Peka
Cara Mendidik Anak Kelola Keuangan Di Era Digital Bersama Citi Peka
Financial Planner, Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWP Ternyata tidak hanya acara Parenting talk show saja yang digelar kemarin, para siswa SDN 191 Babakan Surabaya juga diajari langsung praktek tentang keuangan ini bersama kakak-kakak dari Prestasi Junior Indonesia dan Citi Peka. Mau tahu kegiatan hari kamis itu apa saja?
https://1.bp.blogspot.com/-S2gZ7eGhEHQ/XrZcXwwgcsI/AAAAAAAAKOc/WYNrBQKLC-gBPbDQMkW9kY8kYgq12TfvQCLcBGAsYHQ/s320/Cara%2BMendidik%2BAnak%2BKelola%2BKeuangan%2B2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-S2gZ7eGhEHQ/XrZcXwwgcsI/AAAAAAAAKOc/WYNrBQKLC-gBPbDQMkW9kY8kYgq12TfvQCLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BMendidik%2BAnak%2BKelola%2BKeuangan%2B2.jpg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2019/01/cara-mendidik-anak-kelola-keuangan-di.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2019/01/cara-mendidik-anak-kelola-keuangan-di.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi