Tips Anti Galau Memilih Ukuran Pakaian Bayi

SHARE:

Halo mak, bunda, mommy semua apa kabar? Aku nih merasa sering banget loh mengurus bayi. Perasaan baru kemarin lahiran anak pertama gitu sek...

Halo mak, bunda, mommy semua apa kabar? Aku nih merasa sering banget loh mengurus bayi. Perasaan baru kemarin lahiran anak pertama gitu sekarang sudah ngurusin lagi bayi yang ketiga. Hihi…

Alhamdulillah aku bahagia, saking bahagianya gak tahu cuma aku saja atau emang nalurinya emak yang punya bayi tuh suka kalap sama barang-barang lucu buat bayi terutama soal pakaian. Errrgggghhhh

Dari mulai bayi merah di zaman sekarang sudah segala up to date dan keren. Itu bedong rajut karakter ulat, kupu-kupu, putri duyung, dan cupid…  Ya Allah lucunya… Padahal kepakai palingan cuma sebulan ya paling lama tapi moment mengabadikannya itu loh yang bikin mamak selalu puas 😀

Beli baju bayi itu paling sering dan gak bisa di skip, setuju gaj? Karena pertumbuhan para bayi tuh cepat sekali dan kayaknya sudah gak musim gitu bayi sebulan naik 1kg mak, baby Layla kemarin naik 3kg dalam 1 bulan jadi wajib beli baju baru dengan size baru kecuali punya baju warisan turunan kakak-kakak nya (kayak anak kedua aku sih ini) tapi serius loh hati ini penasaran saja ya kalau gak beli tuh gatel dan merasa jadi emak yang tega, so… minimal ada lah beberapa baju baru pengobat hati emaknya. Kalau baby Layla sendiri sih diharuskan beli semua perlengkapan karena kemarin gak nyangka dianugerahi bayi secepat ini baju-baju kakak-kakak sudah dikasih juga belum lagi doi kan cewek gak cocok dipakein baju gambar mobilan kan…  kecuali selimut, gendongan gak apa-apa lah. Heu 😀

Pengalaman waktu anak pertama aku belanja kebutuhan bayi sama mamaku, beluai lebih berpengalaman soal segala keperluan dan tahu harus pilih ukuran yang mana untuk bayi baru lahir. Ini ya, wejangan dan bisikan mama sih saat belanja baju bayi jangan beli banyak-banyak nanti juga banyak kado katanya… Huahahaha
Selain pedenya dengan akan banyak kado alasan lain ya itu, bayi cepat tumbuh. Bertahap saja biar sering refreshing buat belanja… Uuuh Mamah 😛

Untuk anak kedua dan ketiga aku pergi belanja kebutuhan bayi sendiri, selain karena sudah berpengalaman pilih baju di zaman sekarang tuh sudah gampang banget kok. Size buat bayi biasanya tertera di baju juga penempatan juga dipisah-pisah sesuai kategori usia. Tapi kalau belanja online bagaimana? Tetap harus tahu dong ya ukuran buat bayi kita itu segimana…

Gak perlu khawatir kejeblos size sekarang kalau sudah baca ini, biar familiar sama ukuran baju bayi aku ulas juga berapa ukuran mulai dari bayi baru lahir sampai usia 2 tahun ya…

Bayi juga punya size chart berikut aku ulas jelasnya daftar ukuran baju bayi :

Daftar Ukuran Baju Bayi

Sebagai panduan untuk emak, bunda, mommy semua eh tapi bapak juga boleh banget kok baca, kan sayang anak 😀 jadi sebelum membeli baju bayi di toko atau online shop, cermati terlebih dahulu ukuran baju bayi berikut ini ya… Karena berat bayi macam-macam kita bisa ambil size satu ukuran lebih kecil atau lebih besar dari usianya. Biar gak mubadzir, hehe

NB
NB (New Born) adalah ukuran untuk bayi baru lahir. Untuk beberapa merk baju bayi yang branded selalu uraikan size pack baju nya jadi mommy bisa baca di packaging atau label baju tersebut. Untuk gambarnya ukuran NB kebanyakan pas untuk bayi dengan tinggi sekala 52 – 56 cm, berat badan 2.5 – 3.8 kg, lebar dada 41 – 42 cm, ukuran pinggang 43 – 44.5 cm, dan pinggul 42 – 43 cm.

Untuk keterangan pakaian bayi ini biasanya menggunakan Bahasa Inggris dan yang sering ditulis biasanya usia bayi dengan kategori NB, 3M, 9M, 12M, 18M, 24M untuk berat Weight, untuk tinggi Height, dan width untuk keterangan lebarnya.

3M
Ukuran 3M pada label merupakan singkatan 3 Months. Pakaian yang disarankan untuk bayi usia tiga bulan. Biasanya pakaian ukuran 3M bisa digunakan untuk bayi dengan tinggi badan 57 – 61 cm, berat badan 4 – 5.5 kg, lebar dada 42 – 43 cm, ukuran pinggang 44.5 – 46 cm, dan pinggul 43 – 44.5 cm.

9M
Berarti ukuran ini disarankan untuk bayi 9 bulan. Ukuran ini sesuai untuk bayi dengan tinggi badan 62 – 72.4 cm, berat badan 5.7 – 8.6 kg, lebar dada 44.5 – 45.7 cm, ukuran pinggang 47 – 48 cm, dan pinggul 45.7-47 cm.

12M
Sama seperti makna sebelumnya kode ini disebutkan untuk bayi berusia 12 bulan atau satu tahun. Mereka disarankan mengenakan pakaian berukuran 12M. Spesifikasinya pakaian ini sesuai dengan tubuh bayi dengan tinggi 74 – 44 cm, berat badan 8.9 – 9.8 kg, lebar dada 47 – 48 cm, ukuran pinggang 48 – 49.5 cm, dan pinggul 47 – 48 cm.

18M
Bayi yang berusia 18 bulan bisa mengenakan pakaian ukuran dengan kode 18M. Ukuran ini sesuai dengan bayi yang tinggi badannya sekitar 78 – 81 cm, berat badan 10 – 11 kg, serta lebar dada, pinggang, dan pinggul 49.5 – 51 cm.

24M / 2T
Untuk Si kecil yang berusia 24 bulan alias dua tahun bisa mengenakan pakaian dengan kode 24M atau 2T. Pakaian ini dirancang untuk bayi yang memiliki tinggi badan sekitar 82.6 – 90 cm, berat badan 11.1 – 12.7 kg, serta lebar dada, pinggang, dan pinggul dikatakan sama panjangnya sekitar 51 – 53 cm.

Untuk usia selanjutnya dilanjutkan dengan kode yang lebih genap 4T, 6T, 8T, 10T, 12T atau Toddler size chart untuk kategori ini setiap merk kadang berbeda ada yang small cutting, normal, bahkan ada yang lebih besar jika itu branded tapi sekarang ini dunia fashion untuk anak-anak juga sudah mulai menyesuaikan kok jadi gak perlu khawatir 😀

Kalau lihat dari size chart ini sebenernya designer pakaian sudah kasih jarak waktu untuk beli baju tiap berapa bulan sekali ya. Heheu

Tapi itu tidak menjamin ya toh berat badan emaknya sebulan naik berapa kilo hayooh. Uhuy…

Oia buat tambahan nih, tips penting lainnya sebelum membeli baju bayi selain dari ukurannya adalah perhatikan bahan baju yang akan dibeli. Kenyamanan tetap nomor satu kan…

Baju dengan harga yang mahal belum tentu nyaman di kulit si kecil loh, tetap diraba biar lebih asyik dan terasa halusnya sifat kainnya menyerap keringat atau tidak. Khususnya untuk baju pesta bayi biasanya bahan kurang nyaman untuk beberapa produk.

Selalu diingat ya mak, bahwa mencobakan baju baru itu sangat tidak dianjurkan sebelum dicuci terlebih dahulu. Meski baru dan di pelastikin dan ada tahap washing di pabrik tetap saja tidak menjamin bersih dari debu karena proses penyimpanan di toko ya.

Jadi selamat berbelanja baju tanpa rasa khawatir salah size lagi ya mak, semoga bermanfaat sharing aku ini. Kiss untuk si kecil :*

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,Acne Treatment,2,Air Bebas Mineral,1,Aku dan Alam Semesta,1,anak,1,anti aging,1,Aplikasi,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,18,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,Demam,1,Dunia Wanita,53,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,1,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,1,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,2,games,1,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,38,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,34,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,18,Keuangan,4,Kisera,1,Klinik Kecantikan Bandung,1,Komunitas,2,Komunitas Bandung,1,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,29,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,13,Luka,1,Make Up Artist,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,12,Pengelolaan Keuangan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,1,Resep Masakan,9,Review,34,safi age defy,1,Senka Indonesia,1,Skincare,4,Software,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,11,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,1,wisata edukasi,1,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Tips Anti Galau Memilih Ukuran Pakaian Bayi
Tips Anti Galau Memilih Ukuran Pakaian Bayi
https://1.bp.blogspot.com/-9LFh5sjcNVc/Wl7JiFlXOII/AAAAAAAAmRE/ua9hgRzAiB4ABKo0ygAQiKkU_f7oNVGpACLcBGAs/s320/C360_2018-01-17-10-34-50-785.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9LFh5sjcNVc/Wl7JiFlXOII/AAAAAAAAmRE/ua9hgRzAiB4ABKo0ygAQiKkU_f7oNVGpACLcBGAs/s72-c/C360_2018-01-17-10-34-50-785.jpg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2018/01/tips-anti-galau-memilih-ukuran-pakaian.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2018/01/tips-anti-galau-memilih-ukuran-pakaian.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi