Kreasi Memasak Terung - Moussakas

SHARE:

Bingung mau dimasak apa terungnya? Atau Anda termasuk orang yang tidak suka terung? Oops…padahal terung itu banyak manfaatnya loh :)) “ Tau ...


Bingung mau dimasak apa terungnya? Atau Anda termasuk orang yang tidak suka terung? Oops…padahal terung itu banyak manfaatnya loh :))

Tau ngga sih…ternyata terong ungu sangat bermanfaat bagi tubuh.  Terong ungu memiliki
nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat bernilai. Terong yang mudah didapatkan ini banyak mengandung serat dan juga vitamin B1, B3, dan B6. Selain itu terong juga mengandung asam chlorogenic yaitu salah satu sayuran yang bebas dari hama serangga yang biasanya terdapat di sayuran.  Terong ungu sangat rendah kalori makanya sangat sempurna sebagai menu diet. Disamping itu kaya akan flavonoid dan nasunin yaitu antioksidan yang telah dibuktikan dapat melindungi dan mencegah kerusakan sel-sel otak akibat penggunaan telepon genggam yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker, serta membantu menstimulasi sistem immune dan menjaga level energi pada tubuh sehingga menjaga kesehatan jantung. Terong juga mengandung zat aktif terpene yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol”

Nah, kalu bingung mengkreasikan si terung ini coba aja resep berikut,, Moussakas. Ya,,bahan utama menu ini adalah terung ungu, makanan ini sangat populer loh di wilayah Yinani dan Turki so kita bisa nyoba juga resep mediteran berikut ini yang pembuatannya juga mudah sekali. Check it out.,

info-resep-Moussakas-Terung-dan-Daging-Saus-Besamel-300x225

Resep Bahan Moussakas (Terung dan Daging Saus Besamel) :

    • 2 1/2 kg terung biru
    • garam secukupnya
    • 5 sendok makan minyak zaitun
    • 1 buah bawang bombay, parut
    • 2 siung bawang putih, iris
    • 700 gram daging sapi giling
    • 1/2 sendok teh gula
    • lada bubuk secukupnya
    • 2 butir putih telur , kocok
    • 3 sendok makan daun peterseli iris
    • 6 sendok makan bubuk roti
    • 750 ml saus besamel
  • 250 gram keju Romano, parut

Bahan Saus Besamel Moussakas (Terung dan Daging Saus Besamel) :

    • 2 sendok makan mentega
    • 2 sendok makan tepung terigu
    • 250 ml susu hangat
    • garam secukupnya
    • lada putih bubuk secukupnya
    • 1/2 buah pala, parut
    • 3 butir telur
  • 120 ml krim susu kental

Cara Membuat Moussakas (Terung dan Daging Saus Besamel) :

    1. Saus Besamel : Lumerkan mentega, masukkan tepung. Aduk rata, lalu tuang susu hangat. Masak selama 15 menit sambil terus diaduk dengan kocokan kue hingga adonan merata dan bertekstur halus. Taburi garam, lada putih bubuk, dan pala bubuk, aduk rata. Campurkan saus besamel dengan 3 butir telur dan krim susu kental, kocok.
    1. Potong membujur terung setebal 1,5 cm, taburkan garam. Diamkan selama 1 jam dan cuci. Goreng terung dan tiriskan.
    1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dengan minyak zaitun. Masukkan daging giling, aduk hingga kecokelatan. Tambahkan tomat, gula, garam, dan lada. Masak hingga kuah kering dan mengental, sisihkan.
    1. Setelah dingin, masukkan kocokan putih telur dan irisan daun peterseli ke dalam saus daging.
    1. Olesi loyang ukuran 30,5 x 35,5 cm dengan minyak zaitun. Tabur merata bubuk roti di dasar loyang. Susun satu lapis terung goreng di dalam loyang tersebut.
    1. Tabur kembali bubuk roti di atas terung, lalu lapis kembali dengan setengah bagian saus daging dan sedikit parutan keju. Ulangi sekali lagi hingga terung dan daging tersusun di loyang seluruhnya. Siram moussakas dengan campuran saus besamel.
    1. Panggang dalam oven bersuhu 180°C selama 45 menit hingga kecokelatan.
  1. Diamkan selama 15 menit, lalu potong dan hidangkan.

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,2021,1,Acne Treatment,5,Air Bebas Mineral,1,Aksara Nusantara,1,Aku dan Alam Semesta,1,alfagift,1,anak,2,anemia,1,anti aging,2,Aplikasi,1,Aqiqah,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bahasa,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,26,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,COVID-19,1,Demam,1,Demfarm,1,Drama Korea,2,Dry Skin Lotion,1,Dunia Wanita,59,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,2,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,2,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,3,games,4,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hampers Lebaran,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,HappyFresh,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,40,itsmyBASE,1,Jung Hae-in,1,Kecantikan,2,Kehamilan dan Menyusui,1,Keluarga,41,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,21,Keuangan,5,Kisera,1,KitaBeli,1,Klinik Kecantikan Bandung,2,Komunitas,2,Komunitas Bandung,2,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,30,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,15,Lingkungan,1,Luka,1,Macbook,1,Make Up Artist,1,Menanam,1,Merajut Indonesia,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,movie,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,online shopping,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,14,Pengelolaan Keuangan,1,Perawatan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Petani Millenial,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,2,Resep Masakan,9,Review,40,reviewitsmyBASE,1,Rumah Aqiqah,1,safi age defy,1,Salon,1,Senka Indonesia,1,Skin Treatment Expert,1,Skincare,6,SkincareVegan,1,Social Commerce,1,Software,1,Spa,1,The Body Shop® Green Ramadan,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,12,Ultimate Acne Cure,1,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,2,wisata edukasi,2,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Kreasi Memasak Terung - Moussakas
Kreasi Memasak Terung - Moussakas
https://4.bp.blogspot.com/-Kh3btJDe8CY/Tnhdrzpu8TI/AAAAAAAAAIM/ok5wDdlG1pk/s400/Terung%2B-%2BMoussakas.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-Kh3btJDe8CY/Tnhdrzpu8TI/AAAAAAAAAIM/ok5wDdlG1pk/s72-c/Terung%2B-%2BMoussakas.jpeg
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2011/05/kreasi-memasak-terung-moussakas_9.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2011/05/kreasi-memasak-terung-moussakas_9.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi