Stimulasi Berbagai Kecerdasan Untuk Janin

SHARE:

Stimulasi dapat diberikan sejak bayi masih dalam kandungan ibu. Stimulasi ini diberikan pada janin agar tumbuh dengan sehat dan cerdas. Beri...

Stimulasi dapat diberikan sejak bayi masih dalam kandungan ibu. Stimulasi ini diberikan pada janin agar tumbuh dengan sehat dan cerdas. Berikut ini ada beberapa hal yang merupakan tahap perkembangan janin yaitu :

    1. Batang otak: Detak jantung, temperatur
    1. Otak tengah dan sistem limbic : kontrol tidur, nafsu makan, arousal, kontrol emosi
    1. Korteks: Pikiran rasional, proses analitis
    1. Selain dari tahap perkembangan janin, terdapat pula tahap perkembangan panca indra, yaitu:
    1. Hidung: 8-15 minggu, mencicip dan mencium bau ketuban, mengenali ibu pertama kali.
    1. Tangan: 16-27 minggu, tenang karena sentuhan ibu.
    1. Mata: Bayi baru lahir tertarik pada warna, pola, kurva, gambar 3 dimensi, wajah.
  1. Telinga: 20-28 minggu, merespon suara dari luar.

Diskusikan jika saat ini Anda sedang hamil, Apa yang sudah Anda lakukan terhadap janin Anda? Dan jika tidak sedang hamil, Apa yang Anda ketahui tentang orang sekitar Anda yang sedang hamil?

Kondisi tubuh Ibu hamil akan mempengaruhi sifat pada janin,seperti berikut ini:

Bayi yang penuh cinta & aman :

    1. Yakin dan penuh harapan
    1. Cerdas, terbuka terhadap info baru, ingin tahu, percaya diri
    1. Mudah beradaptasi
    1. Bayi yang ditolak dan dilecehkan :
    1. Cemas dan terlalu waspada
    1. Apapun yang dianggap tak relevan dengan bahaya sebelumnya jadi dianggap tak penting
    1. Impulsif, kasar
  1. Multiple intelligence : Logical Mathematical (Kecerdasan Logis-Matematis)

Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan mengolah hal-hal yang bersifat matematis dan ilmiah. Yang paling utama dalam kecerdasan ini adalah NALAR.
Contohnya: Detak jantung ibu, Pola hidup, maupun musik dengan irama teratur dapata meningkatkan kecerdasan logis matematis.

Verbal Linguistic (Kecerdasan Bahasa)

Kecerdasan dalam memahami dan mengingat banyak kosa kata, serta kemapuan untuk mengungkapkan pemikiran dalam kalimat yang terstruktur. Juga termasuk ketrampilan dalam menggunakan berbagai bahasa yang bukan bahasa ibu. Kecerdasan bahasa juga dapat diberikan dengan cara: Ayah/ibu berbicara, cerita ibu, Intonasi, dan Syair lagu.

Visual Spatial (Kecerdasan Visual-Spasial)
Kecerdasan dalam memahami skema, gambar, seni, dll. Termasuk juga pemahaman terhadap tempat / peta serta pemahaman terhadap bidang geometri seperti bentuk, besar, volume, panjang, dll.

Musical Rhythmic (Kecerdasan Music)
Kecerdasan untuk bisa mengenal lagu, memainkan alat musik ataupun untuk mudah menghapal lagu. Contohnya: Musik yang didengar ibu dan bayi, detak jantung ibu, berbagai sumber bunyi, ritme musik.

Bodily Kinesthetic (Kecerdasan Kinestetik)
Kecerdasan yang berhubungan dengan kelenturan dalam menggerakkan tubuh, melakukan berbagai gerakan. Contohnya : Gerakan bayi dalam rahim maupun gerakan ibu.

Interpersonal (Kecerdasan Interpersonal)
Kecerdasan yang berhubungan dengan kemudahan bergaul ataupun berbagai perasaan / curhat dengan oranglain serta mampu bekerjasama dengan orang lain. Contohnya : bicara dengan orang lain, sikap positif ibu ketika bersama orang lain.

Intrapersonal (Kecerdasan Intrapersonal)
Kecerdasan tentang dirinya sendiri, sejauh mana seseorang mengenal dirinya sendiri.

Naturalistic (Kecerdasan Naturalistic)
Kecerdasan yang berhubungan dengan alam, termasuk dapat menjaga serta melestarikan pohon dan binatang dan memiliki sensitivitas terhadap perubahan alam. Contohnya : Merasakan suhu panas atau dingin.

Sumber: Anna Surti Ariani, Psi, 23 mei 2009, NFL

COMMENTS

BLOGGER
Name

2019,1,Acne Treatment,2,Air Bebas Mineral,1,Aku dan Alam Semesta,1,anak,1,anti aging,1,Aplikasi,1,Artikel Islam,2,asuransi,1,baby carrier,1,Bandung,21,Bandung Champion City,1,Beauty,17,Buku Cerita Anak,1,Cincin Kawin,1,Cleansing Product,1,Demam,1,Dunia Wanita,52,edutainment,1,Erha Apothecary,1,Erha Clinic,1,Erha Truwhite Activator,1,Event Bandung,1,Excel,1,Fashion,6,Foot Spray,1,Gadget,2,games,1,Gen Bapur,1,gendongan ergonomis,1,Hansaplast Cooling Fever,1,Hansaplast Spray,1,hipseat carrier,1,honda,1,hugpapa,1,Hukum Perhiasan Emas Untuk Laki-lai,1,Ibu dan Anak,35,Keluarga,31,kereta,1,Kerudung 4 motif,1,Kesehatan,18,Keuangan,4,Kisera,1,Klinik Kecantikan Bandung,1,Komunitas,2,Komunitas Bandung,1,Konser Musik,1,Krim Pencerah Kulit,1,Kuliner,29,Kuliner Bandung,15,Lifestyle,13,Luka,1,Make Up Artist,1,Milna Nature Delight,1,Morinaga Heiko+ Water,1,motor,1,motor sport,1,MP-ASI,1,MUA,1,mudik,1,Otomotif,1,Ozora Essence,1,Ozora Skincare,1,Ozora Vitamin C Serum,1,Parenting,13,Pengelolaan Keuangan,1,Perhiasan,1,Pernikahan,2,pertolongan pertama demam,1,Pertolongan Pertama Luka,1,Prita Ghozie,1,Puree,1,Rekomendasi Klinik Kecantikan,1,Resep Masakan,9,Review,34,safi age defy,1,Senka Indonesia,1,Skincare,4,Software,1,Tips,1,Tips Keuangan,1,Travel,11,UMKM,1,Uncategorized,9,wisata bandung,1,wisata edukasi,1,Wisata Kuliner,15,Word,1,
ltr
item
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung: Stimulasi Berbagai Kecerdasan Untuk Janin
Stimulasi Berbagai Kecerdasan Untuk Janin
RaisaHakim | Mom Blogger Bandung
https://www.raisahakim.com/2009/08/stimulasi-berbagai-kecerdasan-untuk_18.html
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/
https://www.raisahakim.com/2009/08/stimulasi-berbagai-kecerdasan-untuk_18.html
true
4573796442838754670
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA: LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak Ditemukan! Coba gunakan fasilitas Search Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi