Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional

37 comments:
Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional | Raisahakim.com

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Foto by @itsdiksen
Merayakan International Coffee Day tahun ini terasa begitu spesial karena aku berkesempatan merayakan hari kopi internasional bersama Barista Profesional yang menjuarai Indonesia Barista Championship 2018 yaitu Muhammad Aga juga sahabat-sahabat pecinta kopi di Bandung yang keren.

Kemarin kita semua juga mencicipi kopi langsung buatan Aga. Ya Allah... Kurang banyak, hahahaha... Kita mau lagi πŸ˜‚

Ngopi dulu, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional, Indonesia Barista Championship 2018, Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag

Ya... Mendengarkan pengalaman seseorang sambil ngopi memang selalu jadi hal yang asyik dan menarik terutama jika kisahnya itu spesial dan banyak menginspirasi.

Cerita Dibalik Barista

Muhammad Aga Barista Profesional, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional, Indonesia Barista Championship 2018, Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag
Muhammad Aga, seorang Barista yang menoreh banyak prestasi.

Dalam karirnya menjadi Barista ini, salah satu prestasi bergengsinya adalah menjuarai ajang internasional yaitu menjuarai kontes Indonesia Barista Championship (IBC) yang diselenggarakan bulan Maret silam, karena prestasinya ini dia menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia di ajang internasional dalam ajang kejuaraan dunia Barista 2018 mengantongi peringkat 15 dari seluruh pesaing di dunia. Keren kan?

Banyak jejak yang ia tempuh sebelum kini berhasil menjadi juara, salah satunya adalah dengan terus berlatih meracik kopi yang enak. Saat berlatih Aga bisa menghabiskan hingga 18 gelas kopi perhari. Hmmmm... Apa kabar lambungnya ya?

Muhammad Aga Barista Profesional, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional, Indonesia Barista Championship 2018, Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag

Tak hanya soal menyeduh kopi, disisi lain para Barista harus punya keahlian ekstra seperti mengenali jenis kopi yang ditanam, jenis air yang dipakai untuk menyiram tanaman kopi, hingga ke jenis pupuk yang petani berikan karena akan memengaruhi cita rasa kopi itu sendiri.

Saat biji kopi ada ditangan barista mereka juga harus faham tingkat kematangan kopi saat dipanggang (roasting) dari mulai light roast, medium roast, dan dark roast untuk memberi cita rasa beragam.

Pada tahap menyeduh pertama-tama Barista harus kalibrasi sama mesin kopi kalau seduh manual pun harus mengatur suhu air, jenis air mineral yang dipakai, timing saat pouring dan blooming serta takaran biji kopi dan air juga diperhitungkan. Sekali lagi, proses itu semua dilakukan karena untuk menghasilkan rasa kopi yang enak.

Cara Menyeduh Kopi yang Enak, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional, Indonesia Barista Championship 2018, Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag

Ajaib... Saat kopi diseduh dengan teknik yang baik rasanya pun terasa nikmat. Semula banyak anggapan kopi itu pahit, nambah penyakit, itu semua salah besar. Karena hanya dengan sebuah trik dari tangan Barista sekarang jadi kopi itu asyik.

Awalnya Aga bukan penyuka kopi loh, tapi di tahun 2009 dia mulai mencicipi kopi karena bekerja di salah satu Coffee Shop Tanamera ibaratnya ini kayak dipaksain gitu ya. Hehe

Syarat kerja di sebuah Coffee Shop dan menjadi baristanya tentu harus suka kopi dong, nah saat itu sebagai orang baru Aga diminta untuk membuat sekaligus mencicipi semua kopi yang dia bikin yang masih banyak kesalahan di proses pembuatannya tujuannya agar tahu rasa kopi yang dibuat dengan proses yang salah itu yang masuk kategori kopi enggak enak itu yang seperti apa.

Memang benar ya, tak ada usaha yang menghianati hasil. Saat ini Muhammad Aga sudah terbilang sukses jadi seorang Barista dan pengusaha muda memiliki Coffee Shop sendiri di Jakarta sejak tahun 2015.

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Sumber : manual.co.id
Sampai saat ini Coffee Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery sudah punya 3 cabang tersebar di Jakarta. Beuh...

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Sumber : indonesiamenyeduh
Lalu Muhammad Aga juga sudah mencicipi dunia perfilman dengan menjadi pemeran dalam film Filosopi Kopi.

Singkat cerita Muhammad Aga ini awalnya diminta untuk ngajarin Chicko Jeriko dan Rio Dewanto nyeduh kopi di film itu eh dasar udah rezeki produser maunya memasukkan sosok real Barista di filmnya maka Muhammad Aga lah sosok real Barista yang ada di film itu.

Asli seneng banget deh kemarin ngopi sambil dengerin Cerita Dibalik Barista Muhammad Aga sampai curhat segala lagi 😁

Katanya saat ini Aga sudah tidak bisa banyak-banyak minum kopi. Katanya dihari ketiga saat latihan nyeduh kopi saat awal-awal doi terjun kerja sebagai Barista dia tepar kena sakit maag tapi saat ini kalau pun harus minum banyak kopi saat latihan menuju kompetensi dia punya trik agar sakit maag nya tidak kambuh.

Ketahui Dan Atasi Solusi Sakit Maag Cara Barista 

Dibalik tuduhan tentang efek sampingnya sebenarnya kopi mempunyai segudang manfaat yang bikin kamu cinta kopi.

Manfaat kopi yang dikonsumsi utuh (diseduh tanpa tambahan gula, susu, krimer, dll) sangat berpengaruh pada hidupmu karena kopi ini mengandung antioksidan tinggi, vitamin B2 dan B5, magnesium, potassium, kalori, hingga serat karena kopi ini termasuk karegori buah dan kacang-kacangan. Itu berarti dari semua kandungan itu kita akan mendapatkan manfaat kopi seperti:


  1. Sumber antioksidan
  2. Mencegah kanker
  3. Sumber energi
  4. Sumber kafein yang meningkatkan kecerdasan dan kesadaran fungsi otak
  5. Meningkatkan metabolisme tubuh
  6. Mengurangi resiko diabetes
  7. Mencegah menurunnya kemampuan kinerja syaraf
  8. Mengurangi resiko stroke
  9. Sebagai anastesi alami
  10. Mengurangi depresi
  11. Anti aging alami
*sumber : the miracle of caffeine 


Awalnya aku juga bukan seorang penikmat kopi, tapi setelah tahu manfaatnya aku jadi suka minum kopi terutama aku seorang perempuan yang rentan terkena kanker dan penuaan dini jadi dari pada treatment mahal-mahal ya sudah minum kopi saja asal tahu cara nyeduhnya kopi bisa jadi enak kok.

*Tapi ingat ya manfaat kopi ini didapat dengan mengonsumsi kopi yang pure kopi :D

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional

Salah cara mengonsumsi kopi juga bisa menyebabkan efek samping pada kesehatan kita juga loh. Lalu apa saja yang membuat tidak nyaman saat konsumsi kopi? Nah berikut ini beberapa penyebab penyakit maag dan Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional Muhammad Aga yang menjuarai Indonesia Barista Championship 2018.


Kemarin Aga banyak kasih tahu caranya agar bisa nikmati harimu dengan secangkir kopi tanpa khawatir nyeri lambung.
  • 1. Hindari Kopi Saat Perut Kosong
Saat mengonsumsi kopi dalam keadaan perut akan meningkatkan keasaman perut, meski kita mengonsumsi kopi dengan kadar kafein rendah (dekafein) akan tetap meningkatkan asam lambung yang kemudian akan menyebabkan rasa mulas, begah dan gangguan pencernaan sepanjang hari. Asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan.
  • 2. Hindari Kopi yang Baru di Roasting
Kopi yang baru di roasting akan mengeluarkan gas maka sebaiknya jangan dulu dikonsumsi. Biarkan satu malam dalam keadaan terbuka agar gas dalam biji kopi yang baru di roasting menguap. 

Bayangkan jika kopi yang penuh zat gas itu kita konsumsi, gas yang seharusnya dibuang tersimpan dalam lambung kita otomatis jadi gak nyaman dan gejala sakit lambung biasanya langsung terasa.

Jadi mulai saat ini jika nyangrai kopi sendiri atau membeli kopi yang baru di roasting biarkan dulu semalaman ya 😁
  • 3. Pilih Arabica Medium Roasting to Dark
Jenis kopi itu ada Arabica dan Robusta. Untuk penikmat kopi dengan keluhan sakit maag Barista Aga menyarankan mengonsumsi jenis kopi Arabica dengan tingkat roasting medium to dark sehingga rasa asamnya berkurang.

  • 4. Perbanyak Minum Air Putih
Selama kita meminum kopi rasa haus akan berkurang akan tetapi minum kopi tak berarti mengurangi konsumsi air mineral ya. Minum banyak air putih sebagai penyeimbang agar menetralkan kadar kafein yang berlebihan pada tubuh sehingga mengurangi resiko dari efek kopi tersebut. 


Jika keluhan lain yang dirasakan seperti jantung berdebar itu biasanya karena kopi dikonsumsi di jam malam atau menjelang tidur atau memang saat itu kamu kebanyakan konsumsi makanan yang punya kadar kafein atau berlebihan mengonsumsi kafein sehingga mengakibatkan jantung berdebar.

Kafein tidak hanya ditemukan pada kopi saja teh, coklat, dan cola pun mengandung kadar kafein.

Menurutku tak hanya kopi saja segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memang efeknya tidak baik. Secukupnya saja ya yang penting Nikmati Harimu 😁

Jadi sekarang gak khawatir lagi minum kopi kan? Karena sakit maag bukan berarti kita tidak bisa minum kopi lagi. Memilih kopi yang tepat, meminum disaat tepat adalah kuncinya dan jika sudah terlanjur sakit maag ya gak perlu khawatir gak perlu nyalah-nyalahin juga tinggal minum Obat maag yang aman saja kan ada "promag Obatnya" 😁

Melekat banget gak sih iklan itu? Huehehehe

Apa Saja Penyebab Penyakit Maag

Banyak penyebab penyakit maag dan gejalanya yang sering diabaikan padahal mengabaikan rasa sakit bisa menimbulkan efek yang lebih parah tanpa sadar diketahui. Tapi sebelum mengetahui gejala sakit maag yuk kenalan dulu sama penyebab sakitnya.

Zaman sekarang apa-apa pasti nengok yang lagi viral dulu ya, salah satunya gaya hidup milenial yang hobi kulineran, ngopi, tapi gak seimbang sama kehidupan yang penuh tekanan seperti pergaulan, karir, dikit-dikit hangout rapat asupan jadi tidak seimbang.

Seperti contohnya tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Alasannya karena produktifitas manusia zaman now lebih banyak jadi butuh power yang banyak juga.
  • Menurut penelitian menyebutkan sering makan menggunakan sendok juga gak bagus karena proses pencernaan enzim yang ada di tangan hilang sebagai pengurainya. 
  • Mengunyah makanan terlalu cepat juga menjadikan usus bekerja lebih keras untuk menverna makanan jika dilakukan terus menerus yang terjadi adalah badan semakin gemuk tapi ulu hati dan usus lambat laun rusak karena bekerja dua kali lipat. 
  • Mengonsumsi makanan pedas berminyak, karena makanan pedas sedang viral dampaknya viral juga lah sakit maag apalagi juga lambung tidak terbiasa menerima makanan pedas bisa bahaya itu. 
  • Konsumsi kafein secara berlebihan
  • Telat makan atau sering menunda lapar karena kesibukan
  • Sering makan makanan siap saji
  • Stres dan depresi 

Gejala Sakit Maag

Yang pernah merasakan sakit maag pasti gak mau sampai kejadian lagi deh. Organ bagian dalam itu gak pernah terlihat lukanya tapi saat sakit paling menyiksa. Aku pernah ngalamin dan gak mau kejadian lagi jadi gejala sakitnya itu ditandai dengan ciri-ciri berikut :
  • Keringat dingin
  • Sakit kepala
  • Sakit di ulu hati rasa panas pada perut bagian atas
  • Begah kembung kalau makan cepat terasa kenyang
  • Mual
  • Sering buang angin
  • Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
  • Sendawa dengan frekuensi cukup sering
  • Muntah disertai sakit perut melilit
  • Pingsan (jika sakit yang sudah parah)

Jangan tunggu sampai parah jika sudah ada gejala segera ganti pola makan dan pola hidup. Cara lain cepat atasi dengan obat nyeri lambung yang cepat mengatasi sakit seperti promag. 

Promag gampang banget didapat warung, minimarket, supermarket, Apotik apalagi pasti ada. 

Promag dengan bahan aktif hydrotalcite, magnesium, hydroxide, simethicone ini punya 3 jenis loh ada promag tablet, promag cair dan tablet dobel action (untuk sakit maag yang cukup parah) ada juga obat cair untuk meredakan perut kembung dan begahnya saja yaitu Gazero denfan bentuk cair siap minum dengan komposisi herbal Jahe merah, Adas, Peppermint, Akar Manis, Kunyit, Ananas, Royal Jelly, Madu. 

Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Foto : ahlinyalambung.com

Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Foto : ahlinyalambung.com

Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Foto : ahlinyalambung.com

Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Foto : ahlinyalambungcom

Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag, Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Foto : ahlinyalambung.com 

Promag ini sangat aman dan sudah mengantongi sertifikat halal MUI jadi gak perlu waswas #NikmatiHarimu dengan Promag Ahlinya Lambung.

Raisa... Ngopi yuk! 



Awalnya aku juga bukan penikmat kopi, tapi banyak kerabat secara masiv ujug-ujug pada ngajakin ngopi mulai dari komunitas hingga teman kenal selewat tiba-tiba jadi banyak yang ngajakin ngopi. Maklum lah ya aku kan Raisa, maksudnya iseng kali ya temen-temen soalnya memang saat itu Raisa Andriana lagi jadi Brand Ambassador salah satu merk kopi toh dan Raisa ini ikut kena imbasnya. Hahahaha

Gak bisa lama-lama menolak ajakan ngopi teman-temanku akhirnya aku mau ngopi meski sadar betul aku punya sakit maag soalnya hobi banget makan makanan pedas sejak SMA maag aku kena deh. Hiks 😭

Gak apa-apa deh aku ngopi kali-kali biar happy juga kan menikmati hari bareng teman-temanku lagian aku sudah punya andalan sakit maag sedari dulu yaitu promag ini. Saat hamil di trimester pertama aku juga disarankan minum obat ini sama dokter Obgyn kalau ada mual katanya promag ini jauh lebih aman dari pada obat anti mual yang mengandung hormon. Lega banget deh...

Jadi pertama kali aku cicipi kopi original itu tahun 2017 bareng Komunitas Kuliner Bandung diajakin ke warung kuliner Jl. Trunojoyo disana ada kedai kopi namanya Baraya Kopi milik Kang Sandi Mo aka Mang Yadi dia tahu betul dari gesture aku katanya belum pernah minum kopi ya? Waduh... Tukang kopi tahu aja nih gak bisa bohong dong milih kopi aja masih bingung kan jadi ketahuan πŸ˜‚

Dengan cerdas Mang Yadi langsung menjelaskan banyak tentang kopi sambil nyodorin buku "The Miracle of Caffeine" udah kayak kitab aja buuu tebel banget dan ngebahas kopi semua. Baiklah... 😁

Tapi penjelasan Mang Yadi itu bukan hanya sekedar teknik marketing yang terbilang seksi beliau memang mengamalkan ilmu bahwa kopi itu benar-benar kaya manfaat dan hari itu lah my first time drinking a cup of coffee katanya untuk yang baru pertama kali minum boleh yang light dulu kopinya jadi aku dikasih cappuccino.


Well... Rasanya ternyata beda banget sama Cappuccino sachet-an gak manis boo... Tapi aku senyum aja sih 😁

Terus sakit maag aku gimana saat minum kopi haru pertama itu? Awalnya cukup parno tapi ternyata gak sakit sama sekali karena Mang Yadi nyeduhnya pake teknik seperti yang diajarkan Aga tadi karena memang sudah jadi standar nyeduh Barista.

Cukup lama kami ngobrolin soal kopi sampai akhirnya aku jatuh cinta sama kopi lalu gabung sama Komunitas Barista Muslimah Indonesia. Komunitas ini awalnya ide Mang Yadi dan istrinya mereka lah founder komunitas ini.


Visi misi komunitas ini unik banget selain jadi wadah para muslimah yang doyan ngopi mereka punya misi katanya "Agar para Muslimah bisa nyeduh kopi enak buat suami dan orang yang kami sayangi" simpel tapi kece banget ya 😁

Nah ini beberapa kesempatan saat aku bareng Komunitas Barista Muslimah Indonesia dari mulai pengetahuan tentang kopi hingga cara nyeduh aku dikasih tahu semua.




Aku setuju banget sama visi misi dari Komunitas Barista Muslimah karena aku juga jadi punya tekad ibadah jadi lebih baik, lebih niat lewat secangkir kopi enak yang dihidangkan untuk suami tercinta. Eeaaaaa πŸ˜‚

Belajar nyeduh V60

Belajar bikin Cappuccino 

Belajar bikin latte art

Belajar bikin foam

Sampai saat ini aku merasa bahagia dan bangga karena bisa jadi bagian Komunitas Barista Muslimah Indonesia mencintai kopi dan sejarahnya hingga manfaatnya.

Jadi kalau sekarang mau ngajak ngopi Raisa aku akan jawab "Ayo"

Aku sempat mengurangi konsumsi kopi saat hamil dan menyusui tapi sering nyolong sih sekarang kalau gak ngopi serasa lemes badan 😁

Bayi sekarang sudah gedean yok lanjut ngopi yok...

Secangkir Kopi Untuk Tetap Asyik Nikmati Harimu 

Setelah rehat ngopi selama hamil dan menyusui (meski gak total banget rehat sih) aku gak khawatir lambung aku shocked kembali ngopi lagi pokoknya sekarang aku happy ketemu Aga kemarin jadi punya bekal deh dan gak khawatir ngopi lagi sama sahabat. Terima kasih banyak Muhammad Aga buat tips-tipsnya dan terima kasih juga buat Promag sebagai solusi sakit maag kini aku bisa kembali Nikmati Hariku dengan secangkir kopi 😘

#NikmatiHarimu #Promag #AhlinyaLambung #CeritaDibalikBarista Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Me time with genks 😍
Difotoin @itsdiksen 
_________
Title: Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Barista Profesional
Wittern by: Raisahakim.com
Key: Promag, Solusi Menikmati Hari Tanpa Maag Mengganggu #NikmatiHarimu #Promag #AhlinyaLambung #CeritaDibalikBarista Solusi Sakit Maag. Barista Profesional, Indonesia Barista Championship 2018, Promag Ahlinya Lambung, Promag cair, penyebab penyakit maag

37 comments:

  1. Lengkap banget teh acaranya. Me time sekaligus nambah wawasan ya <3 Sharingnya juga lengkap banget, aku pas Aga nerangin kopi2 sambil mau bikin itu nggak terlalu nyimak soalnya hehehe

    ReplyDelete
  2. Promag sudah macem-macem yaa bentuknya sekarang, keren deh

    ReplyDelete
  3. Asik ada anti agingnya, harus coba nih😊

    ReplyDelete
  4. Wah promag ada rasa - rasa nya sekarang ? Aku kudu update stok atuh ya. Maklum aku juga punya maag

    ReplyDelete
  5. Ternyata minum kopi kalau sesuai porsi dan kafein rendah tidak akan menimbulkan maag ya

    ReplyDelete
  6. Nanti kalau udah gak lahiran, aku mau menikmati kopi lagi ah. Sekarang juga masih sih, tapi entah kenapa pas hamil gini aku otomatis mengurangi kopi. Tapi masih icip-icip dikit punya suami hehe

    ReplyDelete
  7. Wah, promag mah udah jadi temen saya kemana2. Kalo mulau kembung dan banyak sendawa, tinggal makan obat promag.

    ReplyDelete
  8. Promag sekarang makin banyak jenisnya, apalagi yang cair jadi ga usah dikunyah yah hihi.

    ReplyDelete
  9. wew ga gampang sakit maag lagi yaak semenjak ada promag

    ReplyDelete
  10. Baristanya menginspirasi banget masih muda sdh berprestasi :)

    ReplyDelete
  11. waaa aku baru tau promaag ada rasa fruitty hihih

    ReplyDelete
  12. Sebagai pecinta kopi, saya bahagia banget membaca deretan manfaat kopi. Dan, alhamdulillah samapai detik ini lambung saya masih bersahabat sama kopi.

    ReplyDelete
  13. salut sama aa aga *sok kenal manggil aa*, diawali dari terpaksa eh malah jadi ahlinya di bidang kopi yah heheh. ternyata promag itu warna warni yah ada rasanya, aku kira cuma warna ijo aja hehe

    ReplyDelete
  14. Wah, jadi penasaran sama kopi bikinan Aga :)
    Iya nih, mesti siapin promag.

    ReplyDelete
  15. Keren ya, Indonesia masih punya orang2 berprestasi seperti bang Aga ini.

    btw setelah baca ini aku jadi ga khawatir buat ngopi lagi deh

    ReplyDelete
  16. Kereeeen teteh ampe di jabari. Rantai turunan kafein aku jadi mengingat masa kuliah menjabarkan rantai senyawa kimia hehehe. Kafein emang baik juga sebagai anti oksidan tp dengan kadar yang pas sesuai kebutuhan tubuh kita hehehe

    ReplyDelete
  17. Salfok sama baristanya. Peringkat 15 sedunia? 😍😍

    ReplyDelete
  18. Gak terlalu nyesel sekarang gak ikut event ini, soalnya dapet sharing dari tteh hihihi

    ReplyDelete
  19. wah baru tau kalo promag ada banyak pilihan

    ReplyDelete
  20. Superlove lah sama mom satu ini. Penyampaiannya enakeun banget, lengkap pula. Semoga habis baca ini jadi ga takut nyoba kopi lagi😷

    ReplyDelete
  21. Wahh malah jadi pengen ngopi nih hehe

    ReplyDelete
  22. Aku baru tau promag ada yang rasa rasa buah. Tp aku manjur bgt nih kalo pas sakit perut terus minum promag tuh

    ReplyDelete
  23. aga bening ya duh sampe balik lagi buat foto tuh

    ReplyDelete
  24. Aku punya maag tapi bukan karena sering ngopi sih, lebih ke makan ga teratur. Makanya dirumah selalu ada pada promaag, seneng sekarang ada yang cair, jadi nggak susah nelennya kayak dulu ��

    ReplyDelete
  25. informatif banget mbak..scr punya maag dan suka kopi juga tapi belum level kopi hitam hehehe

    ReplyDelete
  26. Sekarang mah kita bisa ngopi dengan perasaan yang lebih tentram deh yaaaah! Tydack perlu takut sakit maag

    ReplyDelete
  27. Artikelnya lengkap banget saay nice post!

    ReplyDelete
  28. Yup, merayakan International Coffee Day bareng salah satu barista terbaik di Indonesia, what a superb weekend :D

    ReplyDelete
  29. Aku termasuk yang punya sakit maag tapi bandel, nih, masih suka minum kopi. Hihihi.

    ReplyDelete
  30. Wuih keren bgt ya profesi barista itu

    ReplyDelete
  31. Ternyata kopi yang baik tanpa susu, krimer, gula dan agak susah juga menerapkannya wkwkwkwk.. Seru banget ya cerita dibalik layar bartender ternyata bisa untuk karir

    ReplyDelete
  32. Katanya ada foto berdua Aga. Manaaaaa? :D :D

    ReplyDelete
  33. wahh ulasannya lengkap ya kak..:)

    ReplyDelete
  34. Keren banget prestasinya mas aga ya teh, berhasil memenangkan ajang bergengsi seperti IBC :D

    ReplyDelete
  35. oh, ini yang ada barista gantengnya tea itu ya teh hehehe

    ReplyDelete
  36. Emang beda banget ya , kopi sachetan dengan hasil racikan barista .
    Minum seteguk pun nikmat bangetttt

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.