Melatih Si Kecil Mandiri Saat Makan dengan Baby Feeding Series Dari Nuby


Hai mommies, Lala saat ini sudah berusia 13 bulan. Apa yang aku dapatkan dari dia di umur segini?

Well, sebagai ibu rumah tangga Alhamdulillah aku bisa memerhatikan perkembangan Lala setiap detiknya ada hal-hal ajaib yang dia tunjukkan. Pokoknya selalu bikin takjub dan bangga sebagai ibunya.

Makin aktif? Tentu saja, kalau beberapa bulan sebelumnya Lala biasa makan disuapi dan biar gak berceceran aku suapi dia sambil digendong makan pun bisa habis banyak. Tahu dong ya, suapan emak gitu. Hahahaha

Nah ternyata diumur Lala ini dia sudah tidak suka digendong lama-lama bahkan makan pun sudah tak mau disuapi aku pikir Lala sedang mogok makan ternyata tidak moms. Lala hanya ingin cara makan lain yaitu makan sendiri pakai tangannya sendiri, nyuap sendiri. Oh.. Ternyata gitu, okay deh Lala 😁

Di moment ini kira-kira apakah harus diabaikan atau kita dukung nih moms? Tentu saja demi melatik motorik halusnya Lala aku pilih untuk mendukung apa yang Lala inginkan yaitu dengan membiarkan Lala makan sendiri. Tapi tahu sendiri kan ya konsekuensi apa kalau membiarkan bayi 13 bulan makan sendiri. Hehehe


Kebiasaan Lala yang unik saat dia makan sendiri adalah, menumpahkan makanannya terlebih dahulu lalu memakannya di lantai. Piring makan, sendok, garpu berserakan dimana-mana padahal aku sudah kasih tau dia caranya sesekali dia mau ngikutin makan pakai sendok dan garpu tapi masih jauh destinasi sendok menuju mulut tapi gerakan arah tangan sudah naik kan pada jatuh lagi makanannya dan akhirnya dia kesal pilih makan pakai tangan langsung saja. Hahahaha ... Lucunya, Aku sampai hobi video-in nih :D

Tapi moms kejadian ini gak berlangsung lama kok, kan jijik juga dan sangat tidak higienis kalau cara makan Lala seperti itu terus ngambilin dari lantai, sebersih-bersihnya lantai kan tetap saja tempat berpijak kaki.

Untuk mendukung moment ini aku cari lagi baby feeding yang sesuai dengan Lala yang sukanya numpahin makanan. Aku kira di dunia ini hanya aku yang punya anak suka numpahin makanan ternyata tidak.


Buktinya ada inovasi baby feeding zaman now yang deserves my problem loh moms dari Nuby yaitu Sure Grip Miracle Mat Feeding Placemat namanya panjang banget ya. Hehehe

Piring makan ini disebut juga placemat karena bentuknya tidak seperti piring atau mangkuk pada umumnya akan tetapi berbentuk karpet rekat berbahan 100% silikon.


Lala sekarang bisa asyik makan ditemani piring baru dengan bentuk binatang lucu yang menempel di meja.

Keunggulan Animal Feeding Placemat 
  • Daya rekat kuat
Placemat ini ajaib banget loh moms karena bisa rekat banget nempel di meja yang materialnya kaca atau plastik juga alumunium dan sejenisnya.
  • Mudah dibersihkan
Karena berbahan silikon, feeding placemat ini jadi mudah dibersihkan hanya dengan dilap saja tapi aman juga jiga masuk mesin cuci piring.
  • Piring dan taplak menyatu terdapat sekat juga
  • Tidak licin saat digunakan
  • Aman digunakan untuk bayi karena BPA dan PVC PHTHALATE FREE.

Penggunaan Animal Feeding Placemat Yang Tidak Disarankan
  • Disimpan di meja berbahan kayu apalagi meja kayu yang belum di furnished tidak nempel sama sekali. Karena sifat bahan silikon memang nempel dengan material yang glossy ya moms :) 
  • Tidak bisa dipakai sebagai alat makan on the go jadi harus manner duduk dikursi dan makanan ditaruh di meja. Karena didesain untuk latihan makan sambil duduk. Jika ingin alat makan on the go Nuby punya beragam jenis alat makan sesuai kebutuhan ya moms
  • Tidak disarankan dimasukkan kedalam microwave dengan suhu tinggi diatas 220° C
Sebenarnya poin-poin ini tidak bisa dikatakan sebagai kekurangan ya moms tapi ini memang SARAN PENGGUNAAN NUBY FEEDING PLACEMAT, karena memang feeding placemat ini di desain sebagai alat makan yang membantu para ibu melatih bayi nya untuk bisa makan sendiri dengan persentase tumpahan makanan yang minimal.

Untuk harga dari feeding placemat ini dibandrol sekitar Rp 259.000 bisa mommies dapatkan dengan berbelanja di baby goods store, mothercare, Yogya Junction baik dibeli dengan cara online atau pun offline juga tersedia.

Manfaat Melatih Anak Makan Sendiri

Banyak manfaat yang akan mommies dapatkan saat membiasakan bayi makan sendiri bahkan ini sangat disarankan. Adapun manfaatnya adalah:
  • Melatih motorik halus bayi karena saat bayi mengambil, menggenggam lalu memasukkan makanan ke arah tepat mulutnya berarti otot-otot kecilnya bergerak dan terus terlatih. 
  • Melatih ketepatan memasukkan makanan ke mulutnya. 
  • Membiasakan anak tepat waktu saat makan
  • Moment eksplorasi saat si kecil bisa memilih jenis makanan apa yang akan dia makan terlebih dahulu
  • Melatih kesabarannya dan kemandiriannya saat gagal memasukkan makanan ke mulut dia akan mencoba lagi sehingga bayi kita akan tumbuh jadi anak yang tangguh dan tidak mudah menyerah.
  • Melatih bayi kita membedakan mana waktu main dan makan

Gak nyangka banget ya, ternyata dibalik repotnya para ibu membersihkan makanan yang berceceran saat bayi ingin makan sendiri ternyata ada segudang manfaat yang berpengaruh untuk masa depan sang anak. 

Tapi... Sekarang bisa sangat terbantu sekali ya moment makan sendiri bayi dengan menggunakan feeding placemat dari Nuby ini. 

Sebagai bukti seberapa kuat feeding placemat ini menempel di meja aku ada mini video alakadarnya, silahkan ditonton ya moms semoga bermanfaat :)



Apakah mommies punya anak seumuran Lala? Setuju gak nih kalau kita biarkan mereka makan sendiri sekarang? Banyak manfaatnya ya ternyata saat kita berani membiarkan anak kita mandiri :) 

Semoga tulisan aku bermanfaat ya :)
Raisa Hakim

17 comments:

  1. Gen juga suka makan sendiri pake Nuby😎 kalo punya Gen yang red owl lucu banget deh, semoga anak kita tetap lahap makannya ya😍

    ReplyDelete
  2. Ntar mau beli ah, gak akan pinjem ke Lala.

    ReplyDelete
  3. tempat makan ini udah terkenal banget di LN ya mba. alhamdulillah udah mulai populer diisni :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, meski made in China tapi tetap ini brand milik UK dan USA. Hahaha

      Delete
  4. Waaah aku kyknya harus beli kayak gini nih buat sha2, sama kayak Lala soalnya doyan banget numpah2in makanan abis itu dicomot lagi hahahhaha... dulu jg raya pake nuby tp blm ada placemat kyk gini, ntar nyari aaah 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik sha-sha mau samaan placemat kayak Lala :*

      Delete
  5. Aku beberapa kali beliin piring dengan model yg sama, tp beda merk yaa, untuk kado temen2 yg baru punya anak :p. Persiapan buat anaknya kalo mulai makan sendiri. Anak2ku malah blm ada hahahaha.. Coba deh ntr aku bekiin jg utk 2 krucils di rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru tau mba ada merk lain yang sama pakai konsep placemat gini....

      Ini bisa banget loh dibakai untuk balita dan kanak-kanak agar mereka semangat makannya kan bentuk piringnya lucu mbak :)

      Delete
  6. Dulu juga aku latih anak makan sendiri, banyak manfaatnya. Walaupun pasti berantakan, tapi anak belajar mandiri. Aihhh lucu ya bentuk piringnya, jadi pengen punya, buat klo Vito punya adik. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Iya... Kedua anakku juga dulu aku biarin kalau lagi pengen makan sendiri

    ReplyDelete
  8. Tempat makannya lucu, jadi mau makan sendiri ya.
    Btw, neng kamu lucu banget sih, gemessss banget ��

    ReplyDelete
  9. Lalaaa, pinter banget siih Lala.

    ReplyDelete
  10. Lala lucu banget, duh udah pinter makan sendiri ya, bunda Raisa pasti seneng deh si cantik lala sudah makin pinter dan mandiri

    ReplyDelete
  11. Dek Lala kenapa pinter banget sih. Tante kan jadi gemeeees 😍😍😍

    ReplyDelete
  12. Lala imut ikh, bikin gemes aja..

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.