Lomba Foto SGM Eksplor Sahabat Generasi Maju - Yuk Kenali Potensi Anak Generasi Maju

1 comment:

Bunda... Ada kabar gembira nih untuk bunda-bunda di seluruh Indonesia. Kabar gembira itu adalah aku mau infoin lomba foto SGM  Eksplor Sahabat Generasi Maju dengan hadiah beasiswa sebanyak 1 Milyar serta banyak hadiah voucher belanja dan voucher diskon setiap minggunya.

Tema lomba foto ini adalah #SahabatGenerasiMaju #SGMEksplor mekanismenya bunda tinggal upload foto prestasi si kecil di Facebook lalu ceritakan tentang prestasi si kecil sesuai dengan fotonya. Jangan lupa tag dan mention Fan Page Aku Anak SGM atau lebih jelasnya info lomba bisa di klik DISINI atau pantengin terus dengan klik FP AKU ANAK SGM

Aku juga sertakan flyer info lombanya...




Selain aku mau kasih tahu info lombanya aku juga sertakan tulisan aku yang cocok banget sama tema lombanya bunda, kira-kira apa sih ANAK GENERASI MAJU itu?


Bunda... Kita yang berprofesi sebagai seorang ibu harus benar-benar aware ya dengan potensi anak apalagi di zaman global internet ini anak-anak bisa sangat cepat belajar tapi akan kah anak-anak kita mampu menghadapi daya saing yang makin tinggi standarnya sekarang ini?

Point utama untuk mendampingi anak-anak kita agar siap menjadi bagian dari anak generasi maju adalah peran orangtua. Tentu saja, selain lingkungan hal yang paling dekat mempengaruhi prestasi anak adalah dari orangtuanya sendiri.

Peran orangtua sangat lah penting, termasuk salah satunya adalah dengan mengenali potensi, aspek tumbuh kembang anak, serta mengenali ciri anak generasi maju itu sendiri. Maka dari itu ayo kita kenali tanda-tandanya bunda.

Lima Aspek Tumbuh Kembang Anak

Aspek tumbuh kembang anak itu ada lima dan setiap aspek perkembangannya harus senantiasa kita awasi karena jika ada keterlambatan dari salah satunya maka segera lah konsultasikan pada dokter specialist yang menanganinya. Ada pun lima aspek tumbuh kembang anak itu adalah:
  1. Fisik
  2. Sosial
  3. Kognitif
  4. Emosi
  5. Bahasa
Di setiap aspek itu ada tahapan dan standar tumbuh kembang yang sudah diamati para ahli. Dan 1000 hari awal kehidupan sudah seharusnya sebagai ibu yang professional kita harus senantiasa mencatat setiap perkembangan anak kita ya agar tahu sudah sampai mana pencapaian tumbuh kembang anak-anak kita itu apakah berkembang sesuai tabelnya atau malah terlambat. 

Lalu setelah kita tahu kalau kelima aspek tersebut sudah memenuhi standar tumbuh kembang maka langkah selanjutnya adalah apakah anak-anak kita termasuk dalam kategori anak generasi maju? Agar lebih yakin yuk cek apakah kelima point tanda anak generasi maju ini ada pada anak-anak kita? 



Sebagai pelopor bunda generasi maju ayo kita terapkan beberapa tips dibawah ini agar anak-anak kita termasuk anak generasi maju ya bunda :)

Ciri-ciri Anak Generasi Maju
1. Tumbuh tinggi dan kuat


Untuk mencapai lima tanda anak generasi maju itu tidak datang dengan sendirinya ya bunda kita juga berperan penting didalamnya, seperti memenuhi kriteria anak yang tumbuh tinggi dan kuat maka bunda harus memberikan asupan nutrisi yang baik dan sehat salah satunya memberi bekal bernutrisi untuk anak seperti susu #SGMEksplor #SahabatGenerasiMaju ini. Tak lupa bunda juga memberi stimulasi-stimulai dan aktivitas fisik seperti olahraga agar anak tumbuh kuat.

2. Percaya diri


Agar anak-anak percaya diri maka bunda harus menumbuhkan rasa itu dengan memberinya kesempatan dan ruang agar berani mengekspresikan diri, lalu beri pujian dan penghargaan, serta bunda juga senantiasa responsif sehingga anak pun mencontohnya.

3. Cerdas dan kreatif 


Setiap anak itu unik dan aku yakin mereka semua punya potensi cerdas dan kreatif. Bunda juga harus memberi banyak kesempatan pada anak untuk bereksplorasi. Stimulasi yang bisa bunda berikan sejak dini agar anak cerdas dan kreatif adalah dengan membacakan cerita, bermain pura-pura, batasi anak menggunakan gadget dan televisi serta kurangi gangguan seperti mengomel dan banyak melarang tanpa sebab, ajak anak membuat sesuatu, ajak anak mengerjakan aktivitas fisik.

4. Mandiri


Agar anak tumbuh menjadi anak mandiri maka peran bunda adalah membiarkan dan memberi anak kesempatan untuk menyelesaikan aktivitasnya sendiri, bunda juga harus sabar dan tidak terburu-buru meminta untuk menyelesaikannya, beri pujian untuk apa yang ia kerjakan seperti menyemangatinya, memeluknya.

5. Supel


Supel adalah salah satu aspek perkembangan sosial maka untuk mencapai itu mau tidak mau bunda harus sering mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungannya dan bermain dengan teman seumurannya. Namun kedekatan anak dengan orangtua seperti komunikasi yang baik juga sangat berpengaruh agan anak menjadi supel. Saat anak sedang bergaul dengan temannya latih agar dia mau bekerjasama, berkompetisi sehat, mengajari sopan santun dengan berkata tolong, mengikuti aturan, berbagi mainan atau makanan pada teman.

Nah bunda, itu adalah beberapa aspek dan tanda anak-anak generasi maju. Aku yakin setiap anak punya kemampuan itu apalagi di usia dini anak-anak mereka lebis sering eksplorasi, berimaginasi, dan mudah bersosialisasi dan otu adalah bekal utama bahwa anak kita itu adalah anak yang berpotensi :)

Kalau misalkan anak-anak bunda sudah masuk kriteria Anak Generasi Maju itu jangan lupa ikutan lombanya ya. Hadiahnya kereeeen...

Semoga sharing aku bermanfaat ya :)

*Sumber Kelas Bunda Mombassador SGM Eksplor
Materi diberikan oleh : Anna Surti Ariani S. Psi., M. Si

1 comment:

  1. Waah thanks infonya bun. Jadi pengen ikutan lombanya niih.

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.