Mooimom Hipseat Carrier - Jangan ASAL Pilih Gendongan

2 comments:

Dear mommies yang suka kalap dengan gendongan...

Nunjuk ke arah aku sendiri sih ini mah :D

Jujur nih mom semenjak Andien Aisyah punya anak dan feeds nya selalu bikin emak-emak aware ya soal baby dari mulai hamil, lahiran, sampai masa menyusui semuanya dibagikan ke netizen dan berhasil selalu bikin ramai hingga saat ini salah satu trend yang lagi ramai juga adalah tentang gendongan.

Tiba-tiba di feeds emak-emak viral saat beliau kondangan pakai gendongan yang senada dengan batiknya, iya lah banyak komentar yang kepo nanyain beli dimana lah, apakah itu sengaja designer bikin juga gendongannya cuman buat kondangan aja biar seragaman. Dan ternyata gendongan itu hanya semacam kain jarik panjang begitu saja hanya model menggendongnya memang yang unik. Nah, baru lah semuanya aware lagi soal urusan gendong-menggendong.

Jenis-Jenis Gendongan 

Posisi menggendong yang baik dan benar sesuai usianya perlu kita ketahui mommies jadi jangan buru-buru membeli sebelum tahu dan kenal sama produknya juga kegunaannya.

Aku sendiri mulai aware soal gendongan itu sejak tahun 2014 saat punya anak kedua.

Pengalaman baru anak pertama saat itu sangat setia pakai gendongan type ring sling saja dan tidak banyak pengetahuan dan pengalaman tentang gendong-menggendong. Serta efek social media saat itu juga tidak banyak berpengaruh meski sudah mempunyai akun berita di beranda tak begitu ramai seperti sekarang bahkan sampai anakku cukup besar aku merasa tidak pernah tertarik untuk membeli gendongan lagi.

Baru lah saat anak kedua lahir, lungsuran gendongan anak pertama masih ada lalu ditambah beberapa model lainnya yang memang mulai ramai dan aku sampai nambah 3 jenis gendongan jadi sekarang aku memiliki gendongan model baby wrap, kain jarik, pouch, lalu yang terakhir adalah gendongan model SSC atau disebut juga gendongan model carrier.

Jadi jenis-jenis gendongan yang aku tahu saat ini yang sesuai dengan posisi dan usia adalah:
  • Jarik / Cukin / Selendang
Jenis gendongan model kain ini cocok digunakan untuk bayi bau lahir hingga 5 tahun. Jarik ternyata bisa dibikin beberapa simpul disesuaikan dengan usia bayi namun sudah sejak lama model kain jarik ini dikenal hanya bisa untuk menggendong posisi menyamping atau tidur tapi bisa juga dibuat posisi M-shape.

M-Shape adalah posisi alamiah pada bayi baru lahir sikap menggendong menyesuaikan dengan bentuk tulang belakang bayi yang jika diperhatikan melengkung seperti huruf C lalu posisi kakinya  dikenal sebagai Frog Position.

kekurangan menggunakan jenis gendongan ini adalah kita harus benar-benar kuat membuat simpul agar aman saat menggendong dan tidak melorot.

Untuk menghindari cedera bahu dan punggung ibu gendong lah bergiliran dengan mengganti-ganti posisi menggendong dibahu kanan dan kiri jika mengharuskan menggendong lama untuk menghindari Skoliosis.

Development Of The SPine
Source : www.babywearingadvice.co.uk
M-Shape Frog Legs Position
  • Baby Wrap
Baby wrap cocok digunakan untuk bayi sejak lahir hingga 3 tahun. Kalau dari sifatnya sendiri gendongan ini tidak jauh beda dengan jenis jarik hanya saja kain wrap lebih stretchy dan lebih panjang. Bisa dibuat beberapa posisi menggendong sesuai dengan usia bayi. Jenis kain yang stretchy membuat nyaman bayi saat digendong, terasa dekapan penuh saat menggendong karena bayi bersentuhan langsung dan ini baik untuk menumbuhkan bonding.

Namun, kekurangan dari gendongan ini adalah ibu harus tahu ukuran pas saat bayi masuk gendongan memerhatikan jalan nafas, juga kekuatan ikatan jika tidak pas maka ibu harus mengulang lagi membuat simpul gendongan yang berarti akan memakan banyak waktu juga sangat membutuhkan bantuan karena memang kurang praktis.
  • Baby Pouch
Pouch adalah jenis gendongan instant yang sangat praktis karena tidak perlu membuat simpul. Bentuk gendongannya seperti kain sarung satu lubang hanya lebih kecil dan biasanya harus menyesuaikan berat badan penggendong agar diameternya pas saat menggendong bayi.

Jenis gendongan pouch cocok digunakan untuk menggendong bayi di usia 4 bulan karena jika terlalu longgar, bayi khawatir tergelincir jika penggendong tidak mendekap dengan erat serta tidak mendukung posisi tulang belakang bayi karena tidak bisa mengatur longgar atau ketatnya gendongan. Jenis-jenis gendongan seperti ini memang tidak membuat penggendong lebih leluasa menggunakan tangan karena tetap harus holding bayi.
  • Ring Sling
Jenis gendongan ring sling pada dasarnya hampir mirip cukin atau jarik tapi yang berbeda adalah ada dua buah ring diujung yang dijahit permanent yang berfungsi untuk menahan ujung gendongan agar tertahan menjadi simpul dan ikatan yang kuat dengan bantuan ring tadi.

Ring Sling bisa digunakan untuk bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun beda dengan pouch jenis ini meski praktis tapi kita bisa mengatur jarak gendongan dengan praktis apakah ingin menggendong ketat atau longgar namun posisi menggendong tidak diubah banyak. Dan kemungkinan jika menggendong lama akan terasa pegal karena mengandalkan satu bahu untuk menumpu berat badan bayi juga tangan tidak bisa bergerak bebas karena tetap harus mendekap bayi agar tidak terkelincir.
  • SSC - Soft Structure carrier
SSC adalah jenis gendongan yang cukup modern aku mulai kenal gendongan ini di tahun 2013 karena mengutamakan kenyamanan pada penggendong serta bayi yang digendong.

Gendongan ini bisa digunakan untuk bayi usia 4 bulan hingga berat badan 20kg dan bisa digunakan untuk bayi baru lahir juga dengan syarat ada tambahan insert infant carrier pad tapi tidak disarankan lama-lama menggendong karena posisi alamiah bayi yang tidak mendukung di gendong dengan gendongan jenis ini di usia 0 bulan.

Gendongan jenis ini mengunggulkan dan menawarkan gendongan yang ergonomis dengan tali bahu berbalut busa cukup tebal di bagian bahunya sehingga meminimalkan rasa pegal saat menggendong lama namun tetap terasa pegal karena berat badan bayi tertumpu pada bahu dan disarankan untuk sering merubah posisi gendong agar bayi tetap merasa nyaman. Posisi yang didukung untuk gendongan ini adalah posisi M-Shape Front Facing In dan Front Facing Out juga posisi Back Carry.

Kekurangan gendongan ini adalah, jika usia bayi dengan berat yang cukup besar akan terasa sesak karena strap pengatur kelonggaran berpengaruh pada posisi tinggi rendahnya gendongan. Terasa tidak nyaman jika menggendong terlalu bawah.
  • Hipseat Carrier
Hipseat Carrier adalah jenis gendongan yang menyeimbangkan tumpuan menggendong pada pinggul dengan tambahan cushion seat, busa cushion ibarat mini sofa tapi tetap ya ada strap carrier nya, namanya juga kan gendongan ya. Jenis gendongan ini mulai ramai di tahun 2014-2015 hingga sekarang.

Gendongan ergonomis ini cocok digunakan untuk menggendong bayi di usia 4 bulan hingga berat badan mencapai 20kg. Menggendong dengan hipseat carrier selain terlihat sangat fashionable juga sangat membantu penggendong karena cushion seat nya meminimalisir berat badan bayi yang terbagi seimbang antara titik berat menggendong di bahu dan pinggang.

Gendongan jenis Hipseat ini hampir sempurna memenuhi standar Ergonomis.

Untuk memilih gendongan model hipseat pastikan cushion seat nya mendukung posisi duduk yang sesuai dengan tulang belakang bayi di usianya seperti pada gambar hijau diatas ya mommies.

Dan salah satu gendongan hipseat ergonomis yang mendukung posisi M-Shape serta Depelovment of the spean adalah MOOIMOM Light weight hipseat carrier.


Terbuat dari bahan 100% cotton yang lembut serta tali bahu yang empuk lalu strap pengunci yang bisa diputar hingga 360° membuat bayi lebih leluasa bergerak.

Selain ergonomis gendongan ini juga multi fungsi, maksudnya bisa digunakan hingga 7 gaya menggendong loh mommies.
Front Facing In 


Posisi ini adalah posisi favoritku karena lebih mudah kontrol bayi. Aku bisa dengan leluasa menciumnya, mengajaknya berkomunikasi, serta mudah saat memberi ASI juga mendekapnya.

Kemiringan 30° pada cushion seatnya membuat bayi tetap aman duduk digendongan Mooimom  Hipseat Carrier ini karena sangat berstruktur sesuai dengan posisi tulang belakang di usianya baby Lala.


Front Facing Out


Biasanya aku pilih posisi front facing out saat meet up bareng teman atau keluarga agar Baby Lala bisa menyapa juga kerabat dan saudara tapi tetap aku gak lama-lama gendong dia model begini karena Lala masih sering tidur dan minta ASI.


Back Carrying


Posisi back carrying ini cocok kalau misal aku lagi masak atau beres-beres rumah terus Lala minta gendong jadi lebih aman dan leluasa beraktivitas dengan posisi begini.


Face to Face Cushion seat


Lightweight hipseat mooimom ini bisa dipakai cushion seatnya saja jadi kalau misalkan lagi mau free sama tali bahu dan menggendong manual menggunakan tangan dengan cushion seat ini sebagai penahannya.


Side Carrying


Seperti posisi menggendong samping pada umumnya namun ini menggunakan tambahan cushion seat dari Mooimom Hipseat jadi saat menggendong tidak terasa pegal dalebih nyaman karena empuk.


Front Facing


Posisi menggendong kalau lagi jalan-jalan atau saat nonton pas ya atau lagi jalan-jalan agar bayi lebih leluasa. Tapi ingat kita harus selalu siaga memegang bayi ya agar tidak tergelincir dan jatuh.


Feeding Posture


Nah ini posisi yang paling sering digunakan saat mommies yang sedang mengASIhi. Kalau misalkan sedang tanggung ada diluar, sedang ke mall atau menghadiri sebuah acara jangan lupa bawa juga Lightweight hipseat carrier dari Mooimom ini ya karena memang diperlukan untuk digunakan berbagai posisi menggendong.

Posisi feeding posture membantu aku menyusui Baby Lala dengan nyaman tanpa pegal tangan, karena berat badan Lala tertahan oleh cushion seat nya hipseat carrier Mooimom ini.


Jika kita perhatikan dengan detile bahan, jenis busa yang ramah lingkungan, lalu cushion seat nya yang pas untuk postur bayi serta strap pengunci yang bisa diatur membuat kita lebih leluasa menggendong.

Berikut beberapa fotonya yang menunjukkan keunggulan Mooimom Hipseat Carrier.

1. Bahan 100% pure cotton. Dilengkapi design bordir minimalis Mooimom.


2. Cushion seat yang didesain ergonomis dan ramah lingkungan namun tetap mengunggulkan kualitas.


3. Pad khusus menggunakan bahan yang lebih lembut agar bayi nyaman saat duduk.


4. Ritsleting panel yang mudah dilepas pasang memudahkan kita untuk mengubah posisi gendong tanpa tali bahu.


5. Waistband yang lebar, dilengkapi dengan velcro dan strap pengencang dan pengunci yang lebar. Ditambah strap pengencang dan pengunci dibagian belakang untuk menggendong yang lebih aman


6. Breathable pads tali bahu dan busa bagian dalam bikin bayi tidak gerah saat digendong. Namun bahannya memang agak sedikit kasar nanti aku mau coba dicuci dulu dan semoga langsung jadi lembut setelah dicuci.


7. Strap pengunci dapat berputar hingga 360°, membuat bayi bebas bergerak. Sehingga ruang lengan bisa diperlebar memudahkan tangan bayi leluasa bergerak.


8. Tidak terlalu banyak perintilan dan accessories lain pada gendongan ini, hanya terdapat satu kantong kecil disebelah kanan hipseat untuk menyimpan barang.


Itu dia beberapa keunggulan yang membuat Mooimom Lightweight Hipseat Carrier ini pantas untuk jadi koleksi gendongan yang sesuai standard Ergonomis.

Inovasi tambahan yang aku mau ada di gendongan ini adalah ada foot strap juga kain penutup kepala di bagian atas. Pasti perfect deh, tapi ini pasti membutuhkan riset dan tinjau ulang lagi agar memenuhi standard GENDONGAN ERGONOMIS.

Efek Salah Menggendong


Awalnya aku beli hanya untuk memenuhi hasrat dan gaya hidup saja ikut-ikutan trend tapi ternyata setelah diselidiki semua jenis gendongan itu tidak bisa sembarangan dipakai tanpa memerhatikan usianya bayi terutama untuk jenis gendongan tertentu. Karena akan fatal akibatnya untuk bayi jika kita salah menggendong baik itu menggunakan gendongan atau pun tidak. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang terjadi:
  • Merusak mood bayi
  • Kekurangan oksigen atau tertutup jalan nafas
  • Sendi pinggul yang keluar dari tempat seharusnya (Hip Dysplasia)
  • Tergelincir atau jatuh
  • Infeksi saluran kemih
  • Sesak atau muntah
Lalu bagaimana sebaiknya kita memilih gendongan? Jawabannya adalah tentu saja yang sesuai dengan usia bayi dan ergonomis.

Dalam KBBI sendiri ergonomis mempunyai arti sifat yaitu tempat duduk yang mampu menjamin kenyamanan sepanjang jalan. Dan ini lah jawaban utamanya ya mommies ketika akan membeli gendongan. Perhatikah yang utama itu adalah kenyamanan baik untuk penggendong dan yang digendong.

Saat ini ternyata beberapa gendongan yang aku punya sebelumnya tidak sepenuhnya memberikan "kenyamanan" saat aku menggendong, aku sering merasa bahu sakit jika kelamaan menggendong lalu gendongan yang aku pakai memang sudah tidak sesuai dengan usia bayi aku tentunya dengan beberapa plus minus nya ya. Belum lagi kondisiku yang sudah menjalani caesar sebanyak tiga kali cukup terasa berat juga kalau menggendong lama-lama.

Mooimom Lightweight Hipseat Carrier ini adalah jawaban untuk memenuhi kebutuhan menggendongku saat ini. 

Mari menggendong dengan KASIH mom... Agar bayi tetap merasa nyaman dan aman. Ingat juga KASIH saat menggendong itu adalah:

Kening Mudah Dikecup
Anak nyaman dan Aman dalam Gendongan
Selalu Cek Jalan Nafas
Ikatan Erat
Harus Menopang Punggung Anak Sempurna

Saat ini aku dan Lala sangat nyaman menggunakan Mooimom Lightweight Hipseat Carrier ini, dijamin bebas dari Skoliosis.

Jika mommies juga tertarik untuk membeli bisa langsung belanja di store Mooimom.co.id karena harga Hipseat ini sedang diskon besar-besaran dari harga sebelumnya IDR 2.599.000 KINI HANYA IDR 990.000


Mommies juga jangan lupa untuk follow juga social media accounts nya Mooimom ya, aku juga follow kok seru banget karena selain dapan info produk juga promo diskon yang menarik Mooimom sering mengadakan Giveaway aku salah satu yang sering ikutan meski belum pernah beruntung menang tapi tak pernah menyerah. Hehehe

Website MOOIMOM 

Facebook fanpage MOOIMOM

Instagram MOOIMOM

Semoga membantu mommies semua ya sebagai referensi mencari perlengkapan maternity dan baby wearing

*kiss*

Hai mommies yang sedang mempersiapkan keperluan buat mom n baby ada kabar baik nih karena @mooimom.id Mooimom Indonesia akan ada di Mother & Baby Fair 2018 di Balai Kartini, Jakarta pada 26-29 April 2018.

Yuk datang langsung dan dapatkan diskon langsung up to 60% saat pameran berlangsung. Jangan sampai kelewatan ya 😊😊

Keren kan discount nya 😍
Kita bisa dapat produk keren dan modis tapi juga nyaman dari @mooimom.id dengan harga yang kece. Sempatkan datang pokoknya ya 😘

Yuk samaan gendongan dan stuff mother and baby nya pakai @mooimom.id kayak baby Layla dan aku 😉

#MYMOOIMOM #motherandbabyfair2018 #motherandbabyfairjakarta #motherandbabyfair #perlengkapanbayi #motherhood #babyfairjakarta

2 comments:

  1. Aku juga suka pakai hipseat mbak. Lebih nyaman buat aku dan si Kecil. Kadang banyaknya hipseat di pasaran. Memang membuat kita benar-benar harus selektif ya mbak. Jgn smpe salah pilih

    ReplyDelete
  2. iya ya lebih ergonomis hipseat, aku punya wrap dan muka bayi cuma bisa menghadap ibu. hipseat ini cocok banget buat traveling yaa

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.