Raja Perut Sensasi Makanan Traditional Yang Tak Lekang Waktu


WARNING!!! 

DI POSTINGAN INI BANYAK MAKANAN ENAK, SANGAT DISARANKAN JANGAN BACA SAAT PERUT LAPAR :D


Makanan ngehits di Bandung banyak, datang dan pergi tak tau waktu... Kemunculannya bisa sampai meradang dimana-mana tapi juga bisa tiba-tiba menghilang bak ditelan bumi :D

Tak habis ide kreatif berinovasi dari waktu ke waktu dengan santapan wajah baru namun tak sedikit juga yang menghidupkan kembali jajanan jadul dengan gaya masa kini menjadi sangat diminati, digandrungi para penikmat kuliner. Seolah-olah gak ikutan ngehits kalau belum coba apalagi di kalangan anak-anak muda. 

Saat booming dengan satu menu ini seantero negeri ini seolah latah ingin menjajakan menu yang serupa meski tak sama. Satu periode semua produsen penasaran kalau produknya belum di green tea-in atau di mathca-in, lalu musim dikejuin, musim digeprekin, musim dipedesin, dilevelin, di daun jerukin, sampai musim diartisin. Wkwkwkwk

Tapi entah mengapa sepenilaianku untuk menu atau sajian traditional itu tak pernah lekang waktu? Bahkan saat reborn dengan inovasi baru resep authentic tetap yang jadi nomor satu :)

Menurutku masakan traditional itu seperti rumah, sejauh mana kamu pergi pasti akan pulang. Setelah rekreasi dengan berbagai menu hits yang dikangenin untuk makan tetap makanan traditional. Iya kan? Setuju kan? Iya aja deh biar cepet :D

Di Bandung khususnya, rumah makan mau pun restoran hingga kedai sajian adalan yang selalu dicari adalah makanan tradisional bahkan makanan khas kota itu sendiri. 

Raja perut salah satunya. Ini adalah satu tempat makan yang terletak di pusat kota Bandung tepatnya di Jl. LL. RE. Martadinata No. 55 (Jl. Riau) setia dengan sajian makanan tradisional khas Bandung nya. Raja Perut selalu ramai pengunjung baik lokal hingga turis ingin mencoba sajian masakan Bandung bisa terpuaskan disini.


Saat tiba dan masuk suasana kental sunda nya sudah terasa. Tak hanya itu, tempat makan dengan nuansa saung, lesehan yang sunda banget menambah kenikmatan sajian sunda nya. Unik dan autentik disini tapi tetap kekinian dan instagramable dengan banyak ornamen unik dan lucu ala anak muda nya urang sunda di design khusus untuk pengunjung agar bisa jadi ajang mengabadikan moment saat di Bandung. 

Beragam oleh-oleh khas Bandung juga dijual disini jadi sangat komplit. 

Soal rasa, jangan ditanya... Pasti ketagihan dan ingin balik lagi harga juga terjangkau loh. 


Ini adalah salah satu sudut untuk makan dengan gaya lesehan, lengkap dengan ornamen rumah kayu seperti dapur nya nini di kampung :D


Biar gak penasaran ayo kita kenalan sama menu-menunya yang ada di Raja Perut.

Urang sunda itu kaya resep masakan dari mulai masakan aneka sayur, aneka pepes-pepesan, aneka oseng-osengan, aneka goreng - gorengan, masakan yang diungkep - ungkepan, timis-tumisan, sambal-sambalan, olahan yang diulek-ulekan, kukus-kukusan, lalapan, Ehehehe

Yuk ah gak perlu basa-basi lama-lama kita langsung berwisata dan kenalan sama aneka masakannya. 

Ini adalah pepes biasanya yang di pepes itu ada ikan, ayam, jeroan ayam, tahu, jamur, ikan asin, telur, bahkan nasi juga ada yang di pepes :D

Bahan utama biasanya dikasih racikan bumbu ada yang dimasak dulu lalu setelah itu dibungkus daun pisang dikasih daun kemangi dan cabe. Tapi ada juga penganut bumbu rempah yang sudah diracik dilumuri ke bahan utama pepes lalu dikukus tapi biasanya ini khusus pepes ikan sih :D



Nah kalau yang dibawah ini menu sayuran yang masaknya dioseng. Ada capcai, oseng kangkung, oseng brokoli jamur, oseng tauge dan tahu, oseng jamur jabe gendot dan banyak lagi :D

Hayo mana yang favoritmu? 


Untuk sambal urang sunda biasanya senang sama sambal terasi, ada yang sambel tarasi atah ada juga yang digoreng, lalu ada sambel oncom, sambel goang, sambel hejo, sambel tomat. 


Untuk menu gorengan di Raja Perut sendiri ada goreng tempe, perkedel jagung, perkedel kentang, gorengan udang dan gorengan kacang. 


Ini adalah sayur lodeh, sayurannya ada macam-macam khas sayur lodeh yaitu labu siam, terong, kacang panjang, oyong, jagung manis, biji melinjo, pucuk daun melinjo dan beberapa ada yang menambahkan cabe gendot juga potongan tempe. Kuahnya gurih, ada aroma terasi yang khas karakter sayurnya kental bersantan sensasi pedas nya keluar dari cabe gendot. Yummy :)


Olahan satu bahan utama itu bisa jadi beberapa alternative menu pilihan dan di Raja Perut tak perlu khawatir kekurangan menu pilihan. Seperti ikan ini ada yang digoreng, dipindang, juga di acar.

Kalau aku lebih suka ikan kalau dimasak bumbu acar seperti gambar diatas. Bisa nambah nasi sampai 3 piring. Whuooooooo

Rakus amat ya :D


Kalau menyantap ikan goreng opsinya lain lagi. Jadi kalau ingin makan sambal, oseng sayurnya kangkung atau tauge ya cocoknya sama ikan goreng ini. Yummy deh pokoknya...


Beralih ke menu lain, ini adalah ayam versi berbumbunya kalau yang merah di bumbui sambal balado merah. Ayam dasarnya diungkep bumbu dulu lalu digoreng lalu diaduk sama balado merah. Ayam goreng yang gurih kaya rempah, garing dan sensasi pedas sambal balado nya juga bikin nafsu makan bertambah :D


Ini aneka sate jeroan di Raja perut, ada juga jeroang yang dikukus jadi pepes. Kita bisa minta untuk goreng kembali hidangan-hidangan yang tersaji disini.


Kalau ini adalah ayam sambel hejo pada dasarnya hampir sama sama ayam balado merah tapi ini pakai cabe ijo.


Aneka ikan asin di raja Perut? Kalau kamu suka asin apa? Cocok kalau disantap sama nasi liwet dan karedok ini :D


Untuk olahan daging sapi khas nya urang sunda itu adalah gepuk. Rasanya manis, ada asin nya juga kalau untuk gambaran rasanya seperti abon tapi ini jauh lebih kaya rempah. Parutan kelapa, laos, serta bumbu-bumbu seperti ketumbar, pala, gula merah, santan bikin cita rasa gepuk beda. Biasanya gepuk disahikan basah atau kering digoreng dengan taburan banyak bawang goreng diatasnya. Wangi deh ini...


Tutut, ini adalah keong sawang yang dimasak bumbu gulai dan urang sunda menyebutnya tutut. Menyantap tutut lebih enak kalau disedot langsung dari cangkang keongnya karena kuahnya bikin ketagihan berpadu dengan daging keong yang kenyal dan lembut. Akan mudah menarik daging keong kalau ekornya digeprek dulu tapi kalau susah bisa dibantu dicongkel sata tusukan kok.


Ini adalah balado ikan asin kerupuk, urang sunda bilangnya begitu :D

Ikan asin nya kecil dan tipis sehingga saat digoreng itu kriuk seperti kerupuk ini adalah jenis ikan....... Ada yang tawar ada juga yang asin. Nah yang diolah menjadi balado ini adalah yang versi tawar nya karena akan ditambah bumbu.


Ini adalah terong balado, siapa yang suka ini? Masaknya simpel banget tapi rasa baladonya bikin nikmat makan ya pakai nasi hangat :D


Tumis kentang masakan ini ada dua versi nama satu lagi adalah sambel goreng kentang varian tumis kentang ini biasanya bisa di mix dengan hati sapi, soun, atau pete seperti gambar diatas :)

Kalau kamu lebih suka sambal goreng kentang dicampur apa? :D




Semua hidangan Raja Perut disajikan di meja dengan wadah yang beralas daun pisang, dan letak dapurnya agak belakang dengan tulisan menu spesial ditulis di papan tulis seperti aneka gulai, sop yang bikin ngacay alias ngiler :D


Nah ini dinding-dinding dengan ornamen tempat kerupuk kaleng mini urang sunda nyebutin "blek kurupuk"

Juga quote lucu guyonnya urang sunda dipajang pakai frame disana. 


Untuk suasana makan kamu bisa menyantap sambil duduk karena ada meja makan disini atau juga bisa lesehan.


Ini adalah sudut-sudut instagramable yang aku ceritakan diatas sedikit tadi :)

Konsep rumah jadul ini bikin kangen ya...


Selain menyantap makanan enak khas sunda, kita bisa belanja oleh-oleh juga disini...


Aneka oleh-oleh ada di sudut khusus, aneka jajanan juga batik ada disini.


Tempatnya luas bisa digunakan untuk acara-acara besar cukup menampung 100 orang disini :)


Raja perut ini terletak di pusat kota Bandung, konsepnya seperti pusat makanan khas Bandung atau pujasera. Ada menu desert yang legendaris juga disini. Seperti sirop mang oyen, kupat tahu gempol, dan cemilan khas lainnya.

Untuk letak Raja Perut ini sangat strategis lokasinya jadi akses nya sangat mudah dan tidak sulit jika ingin mengunjungi beberapa lokasi lain untuk berburu oleh-oleh khas Bandung atau sekedar menikmani suasana Kota Bandung :)

Dari postingan ini aku rencananya mau menguraikan menu-menu khas sunda diatas lengkap dengan resepnya pada postingan yang akan datang. Jadi stay tuned ya... Kalau gak mau ketinggalan setiap cerita yang aku bagikan di grup subscribe saja untuk notifikasi setiap update nya.

Berencana ke Bandung? Jangan luma mampir kesini ya :)

Salam Kuliner :) 

1 comment:

  1. Naaah...makanan seperti ini yang saya suka. Makasih atas postingannya sebagai referensi tempat makan jika ke bandung nanti.

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.