Kuliner Edisi Special Bersama Tirta Lie Di Mie Akim Putra


Halo pecinta mie di Bandung?

Kenal dengan Tirta Lie penerima penghargaan REKOR MURI untuk Review 1000 bakmie? Nah beberapa waktu lalu aku berkesempatan kulineran bareng dia. Dan blogpost ini review nya special edition pergi kuliner bersama beliau.  yuk ah cekidot. Soalnya aku mau bahas yang kami makan saat itu nih. Mhehehe... 

By the way... Sudah sejak kapan kenal sama Mie Akim nih? Aku sebagai pecinta mie cuma bisa ngelirik dari jauh saja nih... Kenapa?

Mie Akim adalah kedai Mie yang populer sejak 1967-an yang berlokasi di Jl. Rama No. 3 dan Jl. Sudirman No. 199 olahan mie rumahan yang menjadi signature dish nya mereka dikenal sangat enak sayang Mie Akim di dua tempat ini TIDAK DIPERUNTUKKAN DIKONSUMSI MUSLIM.

Bisnis mie yang turun temurun ini sudah mempunyai beberapa cabang juga di Bandung tapi salah satu anaknya Akim yaitu koh Sandi nekad membuka cabang yang sangat berbeda dari pendahulunya yaitu dengan membuka cabang HALAL menjamin 100% olahannya bebas dari unsur Babi.


Kalau menurutku sih ini kabar baik untuk pecinta hidangan mie seperti aku yang muslim karena aku memang selalu penasaran dan menahan godaan setiap melewati kedai Mie Akim di Jalan Rama itu... Mengingat lokasinya dekat dengan rumah, kebayang dong gendoknya seperti apa. Hehe

Membuka cabang HALAL setelah berjalan beberapa bulan jualannya masih sepi, keadaan ini sempat ditertawakan dan diyakinkan kembali oleh keluarga untuk pindah haluan sesuai pendahulunya namun koko Sandi tetap yakin dengan tekadnya terus merangkak untuk menjalankan bisnis Mie yang sudah turun temurun ini dengan konsep yang berdeda dari orang tua nya dengan tanda pengenal lain Koko Sandi menamai kedainya dengan Mie Akim Putra.

Penambahan nama Putra pada Mie Akim adalah ciri khas lain karena branding nya pun tidak sama, Mie Akim Putra ini punya konsep Sajian Halal nya.


Berdiri sejak tahun 2014 berlokasi di Jl. Moch Toha No. 94 koko Sandi yang menangani Mie Akim Putra sempat mengalami jatuh bangun, tapi kini kedai mie nya mulai ramai dan berhasil membangun kepercayaan pada konsumen muslim dengan cara buka-bukaan soal dapurnya.

Untuk sajiannya aku gak bisa bandingkan dengan cabang lain Mie Akim ya tapi untuk kelas bakmi di Bandung yang pernah aku cicipi ini memang enak. Home made mie nya lembut dengan kuah kaldu ayam kampung yang gurih juga bening ini paduannya mantap sekali.

Yang menjadi pembeda dari Mie Akim dan Mie Akim Putra adalah ini:

Mie Akim :
Minyak yang digunakan untuk mie menggunakan minyak Babi
Pangsit juga isiannya menggunakan daging Babi


Mie Akim Putra :
Minyak yang digunakan untuk mie yamin pakai minyak ayam kampung
Pangsit isiannya pakai ayam kampung dan tidak menambahkan apa pun yang ada usur Babi nya
Saat menyambangi Mie Akim Putra aku dan Tirta Lie juga teman-teman banyak ngobrol sama ko Sandi sampai bahan baku juga dia keluarin sebagai bukti kalau yang dia pakai memang bahan yang berkualitas dan Halal.



Yang menjadi ciri khas lain dari Mie Akim Putra  itu sambalnya ya, sambal merah itu bawang putih dan cabe nya seger banget apa lagi sambal hijau dan satu lagi adalah acar JalapeƱos alias acar cabe gendot, maknyus :D



Selain sajian mie kedai Mie Akim Putra juga punya nasi tim ayam, batagor, dan siomay, nasi goreng, mie goreng, kwetiau, dan lomie. Minumannya juga cukup variatif loh kalau aku suka cingcau sama es susu kelapa. Yuhuuuuuu...

Ini adalah Bakmi Ayam Komplit, topping ayam kampung nya gurih dan lembut mie nya terutama, ini uenaaaak


Topping ayam kampung

Ini Baso tahu dan siomay yang special karena ikan tengiri dan ayamnya dagingnya terasa sekali gak banyak campuran tepung. Enaknya kerasa banget pokoknya bikin ketagihan :D


Dan ini adalah pangsit ayam yang gak pake banyak campuran tepung asli menggunakan ayam kampung giling dibumbuin ini. So yummy



Kalau ini bakmie rica nya, pedas gurih ayam kampung bumbu rica nya bikin nagih deh. Kalau mau yang bikin jreng pesan ini ya :D


Topping ayam kampung bumbu rica

Ini adalah Batagor khas Mie Akim Putra, sama seperti siomay ikan tengiri untuk batagor nya juga maknyus


Untuk harga sendiri ya standard harga bakmie pasaran mulai 26.000 - 40.000 ada kualitas dan rasa. Worth it banget lah :)

Untuk ini Tirta Lie seorang pecinta Mie mereview dan memberi rating bintang 4 untuk Mie Akim Putra. Yeeeee...

Oia untuk foto-foto disini diambil ramai-ramai karena kemarin wiskul bareng-bareng Komunitas Kuliner Bandung dan pergikuliner.com jadi foto yang di share di grup susah ingat hasil jepretan siapa. Oleh karena itu aku kenalkan sekalian teman-teman yang ikut kuliner waktu itu ya. Here they are :D

Nah yang pakai topi itu adalah Tirta Lie :D

Salam kuliner ya :*

No comments:

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.