Cendol Pak Ropi Ini Ternyata Sudah Jualan Sejak 1960 di Bandung


Kembali ke bahasan jajanan Bandung yang melegenda. Es Cendol, bisa dikatakan sebagai desert nya urang Bandung...


Campuran es dengan butiran tepung beras berwarna hijau dari daun suji dan pandan, diberi cairan gula aren juga santan, dan buah nangka sebagai pelengkapnya sangat digemari urang Bandung terutama disajikan saat siang hari bahkan cendol ini juga menjadi sajian favorite saat berbuka puasa.

Siapa tak kenal Cendol Elizabeth yang melegenda di Bandung? Dibalik cerita suksesnya berbisnis cendol kini ternyata ada kisah haru dari sang pemiliknya terdahulu.

Aku dapat cerita ini dari Pak Ropi yang juga berjualan cendol yang berlokasi di Jalan Lengkong Besar No. 85 satu lokasi dengan Rumah Makan Entog dan Bebek Da Raos.

Pak Ropi sudah berjualan cendol sejak 1960 di Jalan Lengkong dengan nama CENDOL PAK ROPI sesuai namanya, dulu jualannya belum pakai gerobak jualannya masih menggunakan gentong dan pembeli biasanya bawa tempat sendiri belum tersedia pelastik atau sedotan saat itu.

Ini adalah penampakan cendol buatannya Pak Ropi beserta pelengkapnya yang dia pilih dari bahan berkualitas.



Beliau pernah mengajari temannya untuk berjualan cendol yang kini dikenal sebagai cendol Elizabeth karena memang mangkal di depan toko tas Elizabeth namun kemalangan menimpa teman pak Ropi itu musibah kecelakaan merengut nyawanya dan usahanya dilanjutkan oleh penerusnya yang akhirnya kini sukses jauh lebih melegenda di banding cendolnya Pak Ropi.


Pak Ropi berjualan sendiri kini beliau sudah tua renta usianya kini sekitar 78 tahun, katanya harusnya usia segini sudah cukup ya untuk pensiun tapi jualan dan segala aktivitas membuatnya justru semakin sehat kalau didiamkan tubuh malah sakit.

Saat ditanya soal anak-anak aku dapat jawaban yang cukup mengharukan dan disayangkan karena tak ada anak-anak nya yang mau berjualan sepertinya.

Tegas Pak Ropi "anak-anak maunya kerja kantoran padahal penghasilan segitu-segitu saja"
"padahal enakan jualan kayak gini lebih santai" Tambahnya

Untuk rasa cendolnya sendiri aku berani bandingkan kalau cendol yang dijual Pak Ropi ini JUARA loh...


Cendolnya lembut, gula nya wangi dilasih buah nangka cukup banyak, santannya kental, dan yang bikin beda itu ada tambahan alpukat di sajian cendolnya. Sluuurp deh, nyomnyom


Lokasi tempat jualannya juga bersih, rodanya bersih untuk satu gelas cendol dihargai 10.000 itu sangat murah ya :)

Cendol Pak Ropi ini the one and only ya genks, alias gak buka cabang. Hanya ada di Jl. Lengkong Besar No. 85 :) 


Karena enaknya celdol ini aku sampai berdo'a agar Pak Ropi selalu sehat dan panjang umur, karena tahu anak-anak nya tak ada yang mau jadi penerus. Do'akan juga semoga luluh ya hati anak-anak nya untuk meneruskan bisnis orang tua :D
Yuk ah kita lestarikan jajanan legendaris ini :D

Oia mau tahu siapa yang terima es Cendol yang dipegang Pak Ropi sambil senyum sumringah ini? Pasti senyum buat yang lagi fotoin ya :D


Nah.... Edisi kuliner ini masih bareng Tirta Lie dan pergikuliner.com aplikasi untuk review makanan area Bandung dan Jakarta setiap kita review disana akan dapat reward loh salah satunya diajak pergi kuliner ke beberapa tempat. Mantaaaap...

*foto-foto semuanya diambil dari koleksi foto Bang Ibrahim ketua Komunitas Kuliner Bandung 

Mari ke Bandung dan berkuliner :*

Salam kuliner

4 comments:

  1. Ahh aku jadi kangen makan cendol sama kamuu

    ReplyDelete
  2. Paling suka kalo makan cendol dikasih tambahan nangka, ato durian. Udh pasti makin enak banget ituuu :D

    ReplyDelete
  3. baru denger cendol pak Ropi nih mba emang yang lebih femes cendol Elizabeth yak..

    aku pun kalau mau sih pengennya usaha mba drpd kantoran :D sayangnya belum terfikir ide usaha yang pas dengan karakter aku yang ceria ini *minta dibanjur kuah cendol* wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Wah saya jadi kangen bandung hiks...hiks. Kangen cendolnya juga. Kalau di sini yang jualnya ga sebanyak di bandung. ��

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.