recent

Begini Tips Ampuh Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Indonesia

Setelah lulus SMA, para orangtua biasanya akan sibuk menanyakan kepada anaknya ingin berkuliah dimana dan mengambil jurusan apa. Akan tetapi tidak semua orangtua mampu membiayai anaknya untuk bisa duduk dibangku perkuliahan. Tak jarang pada akhirnya setelah lulus SMA, kamu pun pasti akan memutuskan untuk ingin bekerja terlebih dahulu untuk mengumpulkan uang agar bisa melanjutkan pendidikan di universitas. Padahal di Indonesia banyak sekali peluang untuk siswa berprestasi mendapatkan beasiswa pendidikan untuk berkuliah di universitas-universitas yang ada di Indonesia. Beasiswa pendidikan merupakan salah satu program pemerintah yang sudah lama diterapkan demi mendapatkan generasi penerus bangsa yang mampu dan bisa diandalkan nantinya. Kalau kamu ingin membahagian kedua orangtua kamu, tidak ada salahnya untuk mencoba beasiswa dalam negeri yang sudah disediakan oleh Pemerintah Indonesia. Caranya cukup mengikuti tips mendapatkan beasiswa berikut ini.


1. Pertahankan Prestasi Akademik 
Untuk bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia kamu harus bisa mendapatkan nilai akademik yang bagus. Mulai dari pejalaran matematika, IPA, IPS, hingga bahasa Asing sekalipun kamu harus mampu menguasainya. Prestasi akademik adalah modal utama untuk mendapatkan beasiswa. Oleh sebab itu buatlah perencanaan yang matang sejak dini atau terhitung sejak kamu masuk SMP hingga SMA. Selain itu, aktiflah dalam kegiatan organisasi seperti OSIS atau kegiatan ekstrakulikuler demi mendapatkan nilai tambahan dan tentu saja mendapatkan ilmu tambahan.

2. Cari Informasi Kampus 
Kalau kamu sudah mempunyai target kampus yang kamu impikan, jangan pernah berhenti mencari informasi kampus tersebut. Semakin kamu mengenal kampus itu semakin berpeluang besar kamu mendapatkan beasiswa. Cari sebanyak mungkin informasi tentang kampus dan program beasiswanya mulai dari pihak-pihak kampus, contoh-contoh soal seleksi beasiswa, hingga syarat dan prosedur mendapatkan beasiswa tersebut.

3. Mulai Mendaftar
Hal yang paling ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Jangan pesimis sebelum mencoba untuk bertempur. Daftarlah beasiswa yang kamu inginkan. Jangan hanya satu, daftarlah sebanyak mungkin agar peluang kamu semakin terbuka lebar. Siapkan persyaratan untuk mendaftar beasiswa dari awal agar memudahkan kamu untuk melengkapi berkas-berkas yang kurang.

4. Pantang Menyerah 
Nasib memang tidak ada yang tahu, tetapi nasib bisa diubah jika ada niat dan usaha yang semaksimal mungkin. Jangan menyerah jika beasiswa pertama kamu gagal mendapatkannya. Terus mencoba sampai berhasil. Kegegalan pertama bisa menjadikan kamu pengalaman untuk bisa mendapatkan beasiswa yang lebih besar dan lebih dari apa yang kamu inginkan.


2 comments

  1. Beberapa beasiswa malah yang penting masuk kampus dulu baru daftar beasiswa mbaaa... :)

    ReplyDelete
  2. semoga ampuh kak, akan saya coba. niatnya bisa masuk itb nih kak do'ain yah yah yah

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.