recent

A Day With KOFABA - Komunitas Fotografer Amatir Bandung

 
Raisa Hakim bersama Fotografer KOFABA dan calon model KOFABA :)
Hello....
Tiba-tiba pengen ngebahas soal photography nih, ya meski pun bukan ngebahas teknik sih tapi ini tentang betapa asyiknya dunia ini :)

By the way siapa sih yang enggak suka fotografi? Ya mau itu aktivitas memotret atau dipotret sama-sama asyiknya kan? Maka dari itu sekarang banyak gadget serta alat-alat keperluan fotografi yang dibuat para produsen untuk memenuhi hasrat para foto lovers yang sangat banyak digandrungi orang-orang hampir diseluruh dunia.

Jadi sebenarnya bukan sesuatu yang tiba-tiba juga sih saya membahas ini, alasan yang membawa saya ingin membahasnya adalah karena saat weekend kemarin tanggal 22 Oktober hari yang menyenangkan buat saya karena secara tiba-tiba diajak hunting model sama Bang OzieElga salah seorang pengurus di KOFABA yang juga seorang fotografer yang aku kenal saat dalam perjalanan ke Kebumen.

Uniknya hunting foto di kegiatan KOFABA sabtu kemarin itu diperuntukan untuk mereka para "real woman" maksudnya seorang atau sekumpulan perempuan biasa yang kegiatan sehari-harinya bukan seorang model.

Tantangan? Pastinya banyak tantangan disini untuk para fotografer karena perempuan yang difoto sama sekali belum ada pengalaman dibidang modeling sehingga hasil foto dengan ekspresi wajah yang gak natural serta ketegangan raut wajah terpancar jelas dalam frame itu menjadi hal yang harus dihindari... Uwooooow sampai segitunya ya mereka tahu. Hebaaaat :D

Sejujurnya ya kami para perempuan biasa alias "real woman" itu expert juga loh di bidang foto. Ya.... semacam foto-foto selfie gitu lah, kayak saya misalnya. Hahaha... Beda ya? Okay deh :D
Yang aku perhatikan kemarin teman-teman fotografer dari KOFABA banyak memberi arahan kepada salah satu "model" seperti posisi, gaya, serta ekspresi yang sangat terlihat gak santai menurut mereka. Ada juga loh teman-teman KOFABA yang berkali-kali menghela nafas "sights" karena sang "model" ini gak faham arahan. Nah loh... Apakah itu aku? Hehe

Seru kan kegiatannya? Pastinya dong, masih banyak kok keseruannya.... Biar makin lengkap serunya sekarang kita bahas dulu sedikit yuk tentang KOFABA ini biar makin kenal dan sayang :D

Kenalan Bareng KOFABA


KOFABA adalah acronym untuk Komunitas Fotografer Amatir Bandung. Berdiri pada 5 February 2012 oleh seorang advocate yang mencintai dunia foto yaitu Om Edy atau biasa disapa Bang Jack merangkul siapa saja yang menyukai dunia foto, sehingga yang tergabung dalam komunitas ini tak hanya orang-orang yang sudah hebat dan professional melainkan orang-orang yang mempunyai minat atau hobby photography. Dalam komunitas ini terdiri dari beberapa element seperti mahasiswa, pelajar, pegawai yang tergabung dalam anggota grup yang mau belajar dan tak sedikit pula yang sukarela membagi ilmunya tentang photography maka dari itu kata Amatir sangatlah cocok disematkan disini :)

Serius cuma 2 kategori itu yang ada di grup KOFABA?

Enggak juga sih, model-model juga banyak kok lalu blogger seperti saya ini juga gabung disana karena menurutku dunia blogging juga sangat berkaitan erat dengan photography dan saya perlu belajar disana.

Tak sedikit juga anggota yang ikut gabung hanya untuk berjualan obat pelangsing dan peninggi badan "dimana-mana ada aja ya yang begitu" (maaf bagian ini ada unsur candaan,hehe :D) Aslinya tidak ada kok, bener :D

Kalau pun ada ya di maklum saja karena grup ini member nya banyak sih ada sekitar 52.000 suka ada saja yang memanfaatkan moment tersebut. Tapi tenang saja grup ini punya rule kok jadi kalo ada postingan di grup yang tidak sesuai rule post nya siap-siap dihapus postingannya kalau pun masih bandel ya harap maklum jika di keluarkan dari grup. Tapi sejauh ini yang aku lihat para pengurusnya baik-baik kok tidak terlihat ada pelanggaran juga dari membernya :)

Selain aktivitas hunting foto KOFABA juga pernah beberapa kali turut serta dalam kegiatan pameran foto, lomba-lomba, festival yang bekerjasama dengan beberapa pihak sponsor.

Aktifitas Hunting Foto KOFABA


Dalam satu minggu selalu ada kegiatan hunting foto baik itu foto model, landscape, human interest, atau pemotretan lainnya dan kegiatannya terbuka untuk anggota yang tergabung dalam grup KOFABA baik para pemula maupun senior. Setiap kegiatan akan di publish di grup jadi jangan takut ketinggalan infonya. Tidak ada pungutan biaya untuk bergabung semuanya Gratis :)

Seperti sabtu kemarin saya beruntung sekali bisa ikut kegiatannya, dan ini lah aktivitas yang tersimpan dalam dokumentasi photo dari saya serta rekan-rekan anggota KOFABA :)

Fotografer

In Frame: Edy Jack Herwansyah Founder KOFABA
Photo by: Adrian Fauzi dari KOFABA
Edy Herwansyah atau lebih beken dengan sebutan Bang Edy atau Bang Jack adalah founder KOFABA. Saya tidak begitu banyak bertanya tentang KOFABA kemarin soalnya pertanyaan yang sudah saya utarakan kemarin kebanyakan dijawabnya guyon terus. Hahahaha

Tapi, jika membaca dari beberapa sumber KOFABA ini dibuat oleh beliau saat itu di Facebook Group sebagai sarana berbagi pengetahuan tentang fotografi karena beliau dapat hadiah kamera dari adiknya. Fotografi adalah hobi tapi biar hasilnya makin kece maka ide membuat grup adalah hal yang paling baik dan ternyata responnya pun sangat positif dengn banyaknya member yang bergabung dari berbagai element seperti mahasiswa, pegawai, Dokter, PNS, pelajar bahkan ada beberapa pensiunan dengan usia diatas 80.

Grup ini sengaja tidak dikhususkan untuk fotografer profesional dengan menyematkan kata "amatir" agar para pemula juga tetap PeDe memosting photo-photonya di grup. Jika ada beberapa pertanyaan sang expert di grup KOFABA siap berdiskusi secara online atau pun offline :)

In frame: OzieElga pengurus KOFABA
Photo by: Adrian Fauzi
Ini dia Ozie Elga salah satu pengurus KOFABA yang pertama kali aku kenal dan mengenalkan aku kepada KOFABA. Kami pertama kali bertemu di kantin BandungTv untuk keberangkatan kegiatan Desa Wisata ke Kebumen dan beliau di daulat sebagai juri peserta photography saat itu :)

Pertama kali ketemu sih kesannya Bang Ozie ini kok sangar ya tapi saya gak suka ngejudge orang hanya dengan lihat penampilannya saja dan terbukti ternyata dia baik. Semoga gak marah ya dibilang baik, soalnya kalo Bang Jack dibilang baik itu tersinggung loh. Wkwkwkwk :D

Beberapa kali Bang Ozie ngajak saya untuk hunting photo bareng KOFABA tapi baru sabtu kemarin saya sempat bergabung dengan kegiatan hunting foto mereka. Kesannya "Senang.... Amazing, apalagi setelah lihat hasil photonya"

In frame: Rocky Dulur Baraya
Photo by: Adrian Fauzi member of KOFABA
Nah kalo yang satu ini kedapatan suka candid kalau foto, nama bekennya Rocky Dulur Baraya posisi di KOFABA nya aku kurang tau belum ngobrol banyak karena beliau keasyikan motret. Sepertinya kemarin kang Rocky mencoba ambil beberapa fotoku tapi gak berhasil keburu ketahuan aku terlalu aware alias sadar kamera. Hahaha

Kapan-kapan boleh deh fotoin aku kang Rocky tapi jangan pas lagi jelek atau lagi hokcay ya. Wkwkwkwk


Gaya atau tepatnya teknik photo kang Rocky untuk dapat hasil photo yang sangat cantik ya tiduran di jalan pun okay deh, mau tahu hasilnya? Hehehe

In frame : Juana seorang athlete Taekwondo
Photo by: Rocky Dulur Baraya
In frame: Bram (back) OzieElga (front)
Digugu dan ditiru itu lah caption yang pas buat photo ini :)
In frame: Neng Thio
Photo by: Iwa Kustiwa
Kalau dari tadi bahasnya fotografer cowok, kemarin aku juga bertemu fotografer cewek yang kece abis yaitu Neng Thio, beliau adalah seorang yang baik dan supple dan mengaku bisa motret itu karena diajarin rekan-rekan KOFABA salah satunya bang OzieElga. Hmmm.... Aku juga mau diajarin dong, harus sering ikut kegiatan hunting bareng KOFABA ini sepertinya :D

Bagaimana urang Bandung, tertarik untuk gabung bareng KOFABA? Menyenangkan ya :)

Ini adalah sebagian kecil yang menjadi pengurus dan anggota, membahas KOFABA memang pasti bakal seru kapan-kapan kita kupas lagi ya untuk profilnya :)

The Models

Aktivitas memotret kurang lengkap kalau tidak ada objek ya, nah sabtu kemarin objeknya adalah "real women" yang aku sempat bahas diatas tuh. Kemarin KOFABA memotret empat sekawan dengan basic yang berbeda. Ada seorang athlete taekwondo, ada juga seorang founder sebuah rumah makan Bandros (Bandung Tour On The Bus) Bistro beserta sahabat-sahabatnya yang sehari-harinya menjadi mamah muda yang bahagia. Hehehe :D

Behind the scene of photo sections
Wardrobe by : Kebaya Tinong
Make up artis by: Salon Putri
In Frame: Monica
Wardrobe and MUA by: Nia Kurniati
Photo by: Sandria Riswan member of KOFABA
Saat melihat photo diatas dengan caption sang fotografernya "Lepaskan saja teteh...." menunjukkan betapa terlihat sekali raut wajah gugup nya ya, kalau kata Bang Ozie sebaiknya ada sedikit komunikasi dulu sebelum motret biar lebih akrab jadi gak terlalu tegang" tantangan untuk fotografer dan calon model nya :)

Berminat Gabung KOFABA?

Saya merasa beruntung sekali dipertemukan dengan komunitas yang keren banget bernama KOFABA ini, yups seperti yang saya sebutkan diatas bahwa dunia blogging berkaitan erat dengan photo. Jika teman-teman berminat untuk gabung di Facebook Group KOFABA tinggal cari saja ya dengan mengetikkan KOMUNITAS FOTOGRAFER AMATIR BANDUNG di kolom search atau agar lebih mudah klik disini.

Gabung disini free ya, jadi tunggu apa lagi :)

Salam, Raisa Hakim and The Models :)
Photo by: Ozie Elga


14 comments

  1. Asyik ya, kalau ikut perkumpulan ini. Bisa belajar bareng mastahnya.

    ReplyDelete
  2. Saya suka fotografi dan pengin banget ikutan komunitas. Seru kayaknya ya

    ReplyDelete
  3. Waaaah seruuuuuu.. Kapan-kapan ikutan yah

    ReplyDelete
  4. Seru banget.. Sampe yang fotoinnya guling-guling dijalan dong itu.. Aakk jadi pengen difoto juga hahaha

    ReplyDelete
  5. seru ih, aku ingin ikutan komunitasnya tapi blm punya dslr pro bgt kek photographer lainnya :(


    http://febtarinar.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  6. Bener, diriku pun ingin sekali punya kamera alih alih untuk blogging.
    Penasara deh, kalau kesampean pengen masuk grup grup photography juga kah =P

    ReplyDelete
  7. ini yang bikin saya tertarik sama dunia fotografi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas zaenudin saya juga tertarik sekali :)

      Delete
  8. Wah serunya hunting foto. Salam kenal dari Bogor Mbak.

    ReplyDelete
  9. ada bayu juga disini..... bogor hujan terus kawan......
    terima kasih raisa hakim..... semoga bisa terus menjadi keluarga besar kofaba

    kami tunggu dikumpul-kumpul berikutnya...... motret makan motret lagi......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin kang Ivan :)
      Ditunggu sharing ilmu fotografinya lagi. Nabung ah buat beli kamera biar langsung praktek dan faham :)

      Delete
  10. wah asyik nih....sebetulnya saya sudah mulai suka sama popotoan...jadi pengen seriusin hihi..

    ReplyDelete
  11. keren keren , orang bandung emang dung banget dah. pengen ikut gabung euy

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.