recent

Apa Saja Syarat Makanan Bayi yang Sehat?

Hai moms... Memiliki buah hati yang sudah menginjak usia enam bulan memang sudah seharusnya diberikan nutrisi pendamping ASI. Tak hanya memerhatikan nilai gizi sebagai orangtua kita juga harus memerhatikan seberapa higienisnya makanan yang diberikan kepada buah hati kita. Saya sendiri merasa bahwa hal ini adalah momentum yang lumayan menguras tenaga dan pikiran, gampang-gampang susah menjalani nya dan memberi sedikit tekanan pula karena khawatir apakah makanan yang kami beri untuk anak akan aman kah, atau akan menimbulkan reaksi alergi kah? Karena moment ini moment pertama si kecil untuk makan jadi sangat wajar jika perasaan-perasaan seperti itu muncul ya mom :D

Ngomong-ngomong soal nutrisi pada makanan pasti tidak luput dengan manfaat kan moms, dengan mengkonsumsi nutrisi tersebut sebagai orangtua sangat diharapkan anak akan dengan mudah memenuhi tumbuh kembangnya. Namun pemberian nutrisi yang sehat dan aman untuk buah hati memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Apabila moms menggunakan syarat tersebut diharapkan dapat menjaga kesehatan buah hati tercinta. Sedikit informasi untuk moms semua bahwa penyebab dua pertiga persen anak balita meninggal karena kekurangan nutrisi. Untuk itu ada beberapa syarat makanan bayi yang sehat dan aman yang sebaiknya diketahui seperti yang ada pada beberapa poin berikut ini.

Syarat memberikan nutrisi untuk buah hati tercinta agar lebih sehat

1.    Tepat waktu
Pada saat memberikan nutrisi untuk buah hati Moms sebaiknya mulailah pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk pemberian nutrisi jika buah hati Moms memasuki usia ke enam bulan. Dengan demikian akan memberikan pendampingan ASI dikarenakan ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan gizinya. Sehingga buah hati Moms akan tumbuh dengan sehat dan cerdas karena nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangannya.

2.    Kandungan nutrisi miliki gizi yang seimbang
Hendaknya pemilihan nutrisi yang diberikan kepada buah hati tercinta yang memiliki kandungan gizi yang seimbang. Dengan memberikan gizi yang seimbang akan meningkatkan pertumbuhan kecerdasan dan kesehatan anak. Sehingga akan memaksimalkan pertumbuhan yang dimiliki buah hati tercinta. Beberapa jenis makanan bergizi yang dapat dipilih antara lain buah, sayur, ikan laut dan masih banyak nutrisi yang mengandung gizi yang maksimal.

3.    Aman dan bersih
Penyimpanan makanan bayi memang harus diperhatikan mengenai keamanan dan kebersihannya. Tak hanya bahan makanan saja yang dikonsumsi saja yang harus disajikan dalam keadaan bersih. Namun tempat makan dan segala yang berhubungan dengan bayi Moms. Dengan demikian buah hati Moms akan terlindungi dan tidak mudah sakit. Semuanya karena dengan nutrisi yang tepat akan mendukung pembentukan kekebalan tubuh buah hati Moms. Untuk itu mulailah mengkonsumsi nutrisi yang tepat dengan kandungan gizi yang tepat. Apabila Moms menjalani cara ini akan mampu menjaga kesehatan tubuh balita sesuai yang diharapkan para orang tua.

4.    Cara yang tepat
Dalam pemberian nutrisi untuk pendamping ASI memang harus menggunakan cara yang tepat. Moms harus mengetahui mengenai tanda yang tepat untuk dapat menangkap sinyal bahwa anak memang sudah membutuhkan nutrisi pendampingnya. Beberapa cara yang dapat dilakukan dengan memperlihatkan tanda lapar, meningkatnya nafsu makan, anak mau untuk diberikan makanan pendamping dan masih banyak lainnya.

5.    Berbagi jenis nutrisi yang diberikan
Ada baiknya apabila Moms mengenali jenis nutrisi apa saja yang disukai anak. Dengan demikian Moms dapat memberikan nutrisi tersebut untuk buah hati dalam frekuensi yang sering. Selain itu Moms dapat mengidentifikasi mengenai jenis nutrisi apa saja yang menyebabkan anak menjadi mudah terkena alergi. Sehingga diharapkan Moms akan dapat menghindari jenis nutrisi tersebut dengan lebih maksimal.

6.    Memberikan dengan porsi yang tepat
Saat Moms memberikan makanan bayi untuk buah hati mulailah dengan memperhatikan mengenai porsi yang tepat. Dengan memperhatikan mengenai semua itu akan membantu dalam meningkatkan kenyamanan anak saat mengkonsumsi nutrisi tersebut. Kebanyakan anak mengkonsumsi nutrisi yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Untuk membantu dalam menghindari hal ini seimbangkan kebutuhan gizi dan porsinya.

Ada Salam dari bayi-bayi suka makan :D
Model: Keponakan dan Anak RaisaHakim
Alangkah baiknya Moms juga membuat jurnal tentang perkembangan si kecil, saya merasakan sendiri manfaat dari jurnal ini karena saya bisa kontrol asupan gizi buah hati selain itu jurnal adalah pengingat jika pencapaian untuk gizi buah hati masih belum baik maka ini menjadi PR agar saya memikirkan cara agar nutrisi anak-anakku tetap terjaga:)

Selamat mencoba tips-tips nya ya Moms... Tetap semangat :D






11 comments

  1. itu ponakan lucu banget, culik satu mauuuuu..
    Alhamdulilah udah lewat masa galau bikin makanan bayi yang sehat, tapi seru ya masa - masa bikin makanan bayi tuh gakan terulang lagi kecuali pnya debay lagi hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, menguras tenaga dan pikiran. hihi
      Ioo kapan mau punya adik lagi? #loh

      Delete
  2. Replies
    1. sudah berlanjut ke tahap yang lain ya teh :D

      Delete
  3. tepat waktu sih menurutku yang perlu diperhatikan. kalau telat makan bayi rewel

    ReplyDelete
  4. saya sebagai seoarang ayah kadang ngeliat susah banget si kecil makan tepat waktu walau kita udah nyediain tepat waktu. ada tips buat tepat waktu bagi si kecil mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud tepat waktu disini sebenarnya tepat waktu saat sudah waktunya bayi diberi makan sejak 6 bulan mas. Kalau berdasarkan pengalaman agar bayi suka makan ya selainjangan kasih cemilan sebelumjam makan kita juga harus membiasakan untuk tepat waktu, milas makan pagibiasa dikasih jam 8 maka lanjutkan dikeesokan harinya diberi makan pada jam yang sama dg syarat sebelum jam 8 jangan diberi dulu susu atau cemilan apalagi kerupuk biasanya jadi susah makan karena kerupuk mengandung gluten yg lama dicerna :) semoga membantu

      Delete
  5. Wahahahaa lucu lucu ya bayi doyan makan
    rasanya tuh tenang kalau anak atau bayi doyan makan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku dikunjungi kak shintaries, senangnyaaa :)
      iya mba lucu mereka kalau makan gemesiiiin :D

      Delete
  6. Ihh, dedknya ngegemessin, hehe lucu2 unyu

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.