recent

Kupas Tuntas MyJNE, Aplikasi Resmi JNE


Pernah belanja online? Atau jualan online?
Bagaimana perasaan ketika pertama kali dapat kiriman paket?
Wow 2-3 Hari ya? Selama menunggu kok tegang gini sih takut ga nyampe gitu padahal ini kiriman pesanan untuk pelanggan pertama ku ke Bontang?

Begini lah kira-kira perasaan saya tahun 2010 saat pertama kali belanja online sekaligus tergiur juga untuk jualan online karena waktu itu timeline sosial media dipenuhi dengan online shop yang memuaskan hasrat belanja padahal lagi dirumah saja. Berawal dari rasa penasaran mulai lah saya membulatkan tekad untuk belanja online dengan cermatnya, mula-mula saya perhatikan barang jualannya terlebih dahulu kebanyakan yang di upload adalah real picture nya kemudian testimoni para pelanggannya, cara dia melayani pembeli melalui komentar-komentarnya, layanan logistik apa yang biasa dia gunakan, dan yang terpenting untuk saya adalah si penjual juga harus muncul dengan photonya yang sedang beraktifitas baru lah saya yakin untuk berbelanja disana.

Belanjaan pertama saya waktu itu adalah buku dan rice mold, harganya mungkin tidak seberapa tapi karena ini pembelanjaan online saya yang pertama jadi ya ga sabar nunggu, ekspedisi Jakarta- Bandung ternyata tidak lama 2 hari namun setelah 3 hari barang saya belum sampai, ada apa gerangan? Sebelum saya komplain ke penjual saya cek orderan saya kemudian cek alamat yang saya beri ternyata keteledoran ada pada diri saya alamatnya kurang komplit, buru-buru lah saya telepon sang penjual dan kebetulan penjualnya sudah kenal dengan petugas-petugas JNE langganannya saya ingat betul saat cek resi pukul 14.00 pesanan saya masih di Jakarta tapi setelah saya beritahu kekurangan alamat yang saya beri tak lama pada hari itu juga paket saya sampai pukul 17.00 dengan selamat oleh kurir JNE. Inilah kali pertama saya kenal JNE :D

Saat ini potensi bisnis di ranah online sangat berkembang pesat bahkan para pelaku bisnis merasa kurang afdol jika bisnis mereka tak disebarluaskan di dunia digital ini baik itu untuk sekedar branding produk agar lebih dikenal masyarakat atau memang secara fokus ingin memasarkan produk mereka dengan menjalankan sistem penjualan online ini agar bisnis mereka mampu menjangkau setiap pelosok masyarakat dan tersebar luas.

Berdiri sejak tahun 1990 JNE sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan logistik di Indonesia, sadar akan peningkatan dan perkembangan dunia bisnis secara online ini. Saya yakin banyak pengusaha yang terbantu dengan kehadiran PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) bagaimana tidak, 26 Tahun bergelut dengan layanan logistik pastinya JNE memiliki pelanggan loyal karena hingga saat ini JNE mampu terus melebarkan sayapnya hingga menjadi perusahaan yang sukses dan terpercaya. Dengan banyaknya penghargaan yang diterima JNE itu adalah bukti prestasi  dan kepercayaan bahwa JNE memang yang terbaik dalam bidang layanan logistik Indonesia.

Saya adalah salah satu pelanggan loyal JNE loh semenjak terjun menggeluti dunia online shop 6 tahun yang lalu. Ya saya tergiur untuk berbisnis online dengan sudut pandang bahwa menjalankan bisnis ini tak perlu modal yang cukup banyak ibarat penyedia jasa untuk membelanjakan uang pelanggan yang nantinya diterima dalam bentuk produk yang mereka inginkan, begitulah alasan saya tertarik untuk berbisnis online.

Dokumentasi shop.raisahakim.com
Dalam menjalani bisnis online shop ini saya memberi kepercayaan pengiriman kepada JNE. Kenapa? Karena counter JNE memang banyak dan tentunya dekat dengan rumah. Pengalaman saya saat pertama ingin berjualan online dan memilih JNE itu hasil observasi meski banyak layanan logistik di Indonesia saya merasa pas dengan JNE. Saat itu saya telepon layanan JNE dan meminta price list biar ga bingung juga kalau ada yang bertanya ongkos kirim dan dengan ramah waktu itu saya diarahkan operator untuk mengirim email saja agar price list bisa dikirim via email. Tidak perlu menunggu lama masuk lah email dari JNE dengan attachment daftar harga yang komplit. Ternyata kita bisa pilih berbagai layanan pengiriman sesuai kebutuhan loh dari JNE Express, saya sendiri baru mengenal 4 layanan express yang melingkupi:
  1. Super Speed (SS) Estimasi pengiriman sampai di hari yang sama dan ongkos kirim jauh lebih tinggi
  2. Yakin Esok Sampai (YES) Estimasi pengiriman satu hari setelah paket dikirim
  3. Regular (REG) Estimasi pengiriman antara 2-3 hari
  4. Ongkis Kirim Ekonomis (OKE) Estimasi pengiriman 3-5 hari dan ongkos kirim jauh lebih ekonomis
Bersama sebagian kecil RESI pelanggan shop.raisahakim.com 2010-2014
    
APLIKASI JNE 'FAKE' VS REAL JNE APLICATION, MYJNE

Ramai penggunaan handphone berbasis Android di Indonesia pada tahun 2010 saya pun berinisiatif untuk mencari aplikasi layanan JNE untuk memudahkan saya pada mobilitas yang biasa dilakukan setiap hari sambil berbisnis online. Saya merasa terbantu saat itu karena cek ongkos kirim jadi lebih mudah namun sayangnya aplikasi yang saya install tidak melingkupi semua kebutuhan hanya bisa memilih salah satu "cek ongkos kirim dari Bandung" itu saja.

Mungkin diantara teman-teman Blogger, para olshoper dan juga masyarakat umum sudah banyak menginstall aplikasi JNE pada Smartphone Androidnya. Aplikasi JNE untuk keperluan cek tarif atau pun cek no resi pengiriman (tracking).

Begitu banyaknya Aplikasi JNE di Google Playstore, tapi hanya satu yang asli dan resmi dari JNE.


Saking terkenalnya JNE begitu banyak aplikasi JNE yang ditawarkan baik di Google Playstore, Opera Mobile Store, maupun iOS. Pada gambar diatas, di Google Playstore dengan kata kunci "JNE" maka akan keluar puluhan bahkan ratusan aplikasi dengan nama JNE dan ternyata seluruh aplikasi JNE tersebut dibuat oleh pihak ketiga dalam artian "TIDAK RESMI" dari JNE.

Pertanyaannya, loh JNE tidak mengeluarkan aplikasi resmi? Pada awalnya, iya. Tapi sekarang JNE sudah meluncurkan APLIKASI RESMI mereka yang disebut MyJNE. Inilah satu-satunya aplikasi resmi JNE, tidak yang lain.


Sebelum kita bahas, satu persatu fitur apa saja yang ada di Aplikasi MyJNE diatas baiknya instal dulu Aplikasi MyJNE. Anda bisa langsung akses Google Playstore dan ketik MyJNE atau silakan tonton tutorial cara instal aplikasi MyJNE dan sedikit penjelasan saya di video yang saya upload ke Youtube berikut ini, oiya maaf suara saya agak berantakan, maklum lagi flu berat :)


Yuk kita kupas tuntas fitur-fitur yang tersedia di MyJNE aplikasi resmi JNE dari www.jne.co.id ini.

6 slide tampilan pembuka aplikasi MyJNE setelah selesai Instalasi
Gambar diatas merupakan 6 (enam) slide awal yang merupakan tampilan pembuka setelah kita selesai menginstal aplikasi MyJNE. Itu photo cewek cantik sebelahnya bukan model JNE ya, tapi kayaknya cocok jadi model resmi JNE, hehe (narsis abis :D ).

Selanjutnya adalah tampilan utama jika kita akses aplikasi MyJNE berulang-ulang dan berikut penjelasannya:


  1. Nama Aplikasi. Pada tampilan utama ini kita melihat nama aplikasi terpampang jelas "My JNE"
  2. Slider Promosi. Pada bagian ini kita bisa melihat slider promosi dari JNE, promo-promo apa saja yang sedang berlangsung. Untuk saat ini kita bisa lihat slide JLC (JNE Loyal Club) dimana kita bisa menjadi member JNE dan mengumpulkan point dari setiap transaksi dan tentunya ada hadiah menarik dari JNE untuk point yang terkumpul.
  3. Search Air Waybill. Pada bagian ini kita bisa melakukan pengecekan Tracking ID atau yang biasa disebut "Nomor Resi". Kita bisa cek nomor resi pengiriman baik barang yang kita pesan atau pengiriman yang kita lakukan, tinggal ketikkan saja nomor tracking code yang kita dapat saat melakukan pengiriman.
  4. Check Tariff. Pada bagian ini merupakan kolom untuk cek tarif dari satu kota ke kota lain di Indonesia. Ketik nama kota asal lalu ketik pula kota tujuan dan klik "Check Tarif" maka akan tertuju pada halaman check tarif lalu kita bisa menginput berat paket (dalam satuan kilogram) atau volume paket (dalam centimeter) untuk mengetahui harga pengirimannya.
  5. Menu Bar. Pada bagian ini kita bisa melihat 4 Tab Menu; Home (sebagai tampilan utama aplikasi MyJNE), JNE Nearby (Kita bisa cek counter JNE terdekat dari lokasi kita berada, pastikan GPS dan mobile data aktif), My COD (Fitur untuk para pembeli dan penjual online dalam melakukan transaksi dan menggunakan JNE sebagai media pembayaran), dan My COD Wallet (kita bisa menyimpan deposit untuk digunakan dalam bertransaksi di MyCOD).


APA SAJA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN APLIKASI MYJNE

Kelebihan yang utama tentu saja, MyJNE adalah aplikasi resmi dari JNE dan tidak diragukan lagi keabsahannya. Dari sisi fitur pengguna kelebihan MyJNE sangat memberi kemudahan ketika cek shipment, tarif, dan mudahnya mencari lokasi counter JNE terdekat  dengan catatan GPS Anda aktif dan koneksi internet stabil. Untuk cek tarif tidak sekedar berat paket namun bisa juga cek volume paket yang akan dikirim.

Selain itu, ada fitur menarik dari aplikasi MyJNE yakni MyCOD. MyCOD ini acronim untuk My Cash On Digital dibuat untuk pemilik toko online dan online shopper dan menjadikan JNE sebagai media pembayaran atau rekening bersama (rekber). Jadi bisa dipastikan pembeli dan penjual merasa aman akan uang maupun barang yang dikirim. Hanya saja virtual account untuk mengisi saldo MyCOD Wallet baru menggunakan satu bank saja, Bank Permata. Mungkin ke depan JNE bisa merangkul bank-bank populer lain yang biasa digunakan para onlineshoper. Dan tentu saja untuk penggunaan MyCOD harus lebih banyak disosialisasikan, karena MyCOD hanya bisa digunakan antar pemilik akun MyJNE.

Kekurangan lainnya aplikasi ini baru menggunakan pengantar bahasa Inggris, belum tersedia pilihan bahasa Indonesia. Walau begitu bahasa Inggris yang digunakan pada aplikasi MyJNE sudah sangat familier dan mudah dipahami. Dan satu lagi kekurangannya belum semua counter JNE terlacak keberadaannya oleh aplikasi ini, entah karena counter baru atau database counter JNE seluruh Indonesia belum masuk semua di aplikasi ini.

Tak menutup kemungkinan untuk aplikasi MyJNE ini akan lebih baik kedepannya, seperti halnya Android yang terus upgrade begitu pula hal nya dengan sebuah aplikasi. Namun untuk para olshoper saya sangat merekomendasikan untuk menginstall aplikasi ini karena selain APLIKASI RESMI JNE juga banyak keuntungan yang kita dapat khususnya bagi mereka yang bergelut di dunia bisnis digital. Selamat mencoba :)

Raisa Hakim

1 comment

  1. aplikasi ini memang sangat membantu sekali,terutama bagi orang yang sibuk dan jarang ada di rumah. tracking ID bisa dimana saja.

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.