recent

Sehat Adalah Gaya Hidup Yang Kekinan

Source: www.dfclinic.com
Wanita itu adalah makhluk yang ingin cantik, langsing tapi hobinya makan dan malas olahraga. Yups itu saya banget, bagaimana bisa ya? Ya begini lah kami kaum hawa yang katanya sulit dimengerti. Kalau sudah menyinggung masalah berat badan bawaannya langsung BAPER duluan, tersinggung apalagi sampai dikatai "sedang isi lagi ya" atau "wah lama gak ketemu gemukan ya sekarang". Kadang saya berpikir andaikan keinginan untuk punya berat badan ideal dan wajah yang sehat itu bisa dilakukan hanya dengan berdo'a saya akan rajin memanjatkan do'a itu sesering mungkin. Eh tapi serius loh saya pernah berdo'a demikian. Hahaha.... Sampai teman saya bilang bahwa bisa saja do'a itu terkabul ya kamu berdo'a saja terus jangan makan-makan pasti terwujud do'a nya. Huft.... Berasa pengen nimpuk teman saya itu deh, soalnya dia makannya porsi sebanyak apa pun badannya tetap ideal :D


Berkesempatan mengikuti seminar Ngobrol Kece bareng Dr. David Budi Wartono., ABAARM Cert., AAAM Cert. tentang Body Aesthetic dan kesehatan tubuh. Dr. Dave begitu biasa dia disapa adalah seorang therapist dan consultant dari tim medic DF Clinic. Setelah mengikuti materi yang beliau berikan saya menjadi tersadarkan betapa hidup ini jauh dari pola hidup sehat padahal cara terbaik untuk mensyukuri anugerah tubuh ini adalah dengan menjaganya. Saya mengambil kesimpulan ini karena kembali diingatkan bahwa merujuk kepada ajaran Islam yang saya anut adalah yang paling baik karena memang penelitian pun membuktikannya contoh kongkrit seperti saat berpuasa yang diyakini menyehatkan akan benar-benar menyehatkan jika dilaksanakan sesuai dengan ajaran Rosul namun saat ini kebanyakan Muslim yang menjalankan ibadah Shaum justru mendapati dirinya yang semakin gemuk dan berpenyakit, itu karena mereka lupa hakikat shaum itu seperti apa dan hawa nafsu lah yang banyak berperan pada kesalahan ini hingga kalap saat makan dan melupakan ajaran. Islam sangat menjunjung tinggi kebersihan dan kesehatan bagaimana caranya membersihkan seluruh tubuh dari hal-hal yang najis hingga diajarkan tatacara berwudhu membersihkan hingga kesela-sela, memerintahkan untuk memakan makanan yang halal dan baik, berpakaian, tempat tinggal yang bersih dan lingungan semua diajarkan dan saya tahu itu tapi sebagai seorang Muslim saya pun sering khilaf bahwa sesungguhnya gaya hidup saya seharusnya berdasarkan apa yang Islam ajarkan.

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu
Q.S Al Baqarah : 168

Makanan adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup begitu pun manusia dan makanan sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh kita dan dengan sempurnanya Alloh menciptakan tubuh ini karena jika asupan yang kita konsumsi tidak baik maka tubuh akan bereaksi yang lebih kita kenal dengan istilah alergi. Selama ini saya mengetahui reaksi alergi itu ditunjukkan dengan tubuh yang membengkak, gatal-gatal, diare, atau bersin-bersin tapi ternyata ada reaksi lain seperti muncul jerawat, ketombe, luka, bahkan sampai yang sifatnya hancur dan akibatnya fatal karena alergi ini ibarat racun bisa membunuh secara perlahan atau seketika.

Makanan berperan penting untuk membentuk metabolisme tubuh dan membentuk hormon. Hormon menentukan respon tubuh, dan hormon-hormon dalam tubuh ini punya perannya masing-masing termasuk membantu mengelola stres yang berlebihan, hormon juga mampu menekan terjangkitnya penyakit. Tapi akan menjadi problem jika hormon dalam tubuh tidak seimbang, mungkin ini sudah menjadi masalah yang mendunia karena di zaman sekarang ini sulit sekali mencari bahan konsumsi yang alami. Banyaknya minat dan kebutuhan masyarakat membuat para produsen mengambil solusi lain bahkan sampai hal terburuk sekali pun seperti mengontaminasi bahan baku agar menghasilkan produksi yang lebih banyak sehingga manfaat alami hilang atau bahkan rusak dan efeknya adalah menggagu kinerja hormon menjadi tidak baik dan kabar buruknya konon wanita lebih memungkinkan mengalami efek ketidak seimbangan hormon tersebut terutama saat mereka menjalani beberapa tahapan perubahan hormon misalnya selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan, melahirkan, menyusui dan menopause akan mudah sekali terjangkit problem tersebut. Mendengar kabar ini dari seorang Ahlinya saya pun sampai miris-miris meski duduk manis :(

Apa yang kita makan menentukan kesehatan kita! Yups lagi-lagi berujung kepada hal yang pokok tadi yaitu makanan. Miris sekali saat tahu kini makanan banyak yang tidak sehat bahkan hal yang sangat mengejutkan tentang susu yang dulu digembar-gembor sebagai penyempurna asupan gizi saat ini justru diketahui bahwa susu tidak baik untuk kesehatan. Berdasarkan paparan Dr. David kemarin berikut alasan mengapa susu kini tidak baik untuk kesehatan:
  1. Susu sudah tak alami. Pada abad 19 sampai 20 di Eropa dan Amerika Serikat susu dikonsumsi tanpa proses pasteurisasi tapi saat ini susu sudah berstandar sebuah industri susu mengubah kealamian susu dengan menambah zat aditif bahan-bahan kimia lainnya. 
  2. Komposisi yang tak diinginkan. Susu ditambahkan hormon, antibiotik yang diberikan oleh peternak serta pestisida yang kita ketahui buruk untuk lingkungan. Jika sapi sudah diberi hormon dan antibiotik dan dikonsumsi oleh kita maka secara tidak langsung kita pun telah menelan zat-zattersebut
  3. Tinggi kalori tidak berarti baik dikonsumsi untuk semua kalangan.
  4. Journal of American Academy of Dermatology menemukan hubungan antara konsumsi susu dan jerawat. Mereka menyarankan bahwa menghapus susu dalam konsumsi sehari-hari dapat membantu untuk membersihkan kulit dari jerawat.
Lagi pula saat ini banyak bertebaran video yang memperlihatkan kekejaman, betapa buruknya produsen susu sapi memerlakukan hewan ternaknya. Sapi betina yang baru melahirkan dipisahkan dengan anak sapi yang baru beberapa hari hingga anak sapi dibiarkan mati lalu sang induk susunya diperah secara masiv, saat induk sapi merasa sakit karena diperah habis-habisan maka turunlah sang dokter hewan yang menangani dengan menyuntikan obat-obatan pada sapi dan zat itu lah yang akhirnya terkonsumsi oleh kita yang bisa merusak fungsi hormon menjadi berlebih pada tubuh manusia yang semula baik.

Agak sulit memang untuk mendapatkan makanan yang benar-benar sehat saat ini kecuali kita mampu memperolehnya dengan usaha sendiri seperti susu sapi yang didapat langsung dari peternak sapi sederhana yang menghasilkan susu 2 liter saja per hari, ayam kampung yang tanpa disuntik hormon seperti ayam broiler, atau sayuran yang dipetik dari kebun sendiri. Dr. Dave juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berbahan tepung, berminyak, dan tinggi gula secara berlebihan. Karena kembali lagi, jika kita tidak hati-hati terhadap apa yang kita konsumsi maka efeknya adalah gangguan dan ketidakseimbangan hormon. Produksi dan aliran suatu hormon dapat mempengaruhi tingkat produksi dan fungsi dari beberapa hormon lainnya. Gangguan hormon itu sendiri ditandai dengan kondisi seperti berikut:

Dr. David saat memberi materi kesehatan berdasarkan pertanyaan peserta
Sangat efektif


Tubuh yang mudah sakit

Mudah Flu dan masuk angin saat terkena AC cirinya ujung tangan dan kaki dingin harus diwaspadai bahwa hormon dalam tubuh mulai tidak seimbang karena tidak mampu menetralkan suhu tubuh. Vitamin C wajib dan dibutuhkan setiap orang dan tanda-tanda awal tubuh yang mudah sakit bisa terdeteksi pertama dari mulut. Mulut yang bau dan kering serta berjamur adalah tanda umunya.

Obesitas

Banyak kasus orang-orang yang makannya sedikit justru berat badannya tidak ideal dan sebaliknya orang-orang dengan berat badan ideal justru makannya sering dan banyak. Ini adalah bagian dari tanda bahwa hormon dalam tubuh sudah tak seimbang sehingga proses pembakaran lemak menjadi energi nya minim. Penyebab untuk gangguan ini selain dari makanan ternyata disebabkan juga oleh waktu istirahat yang kurang loh serta kurangnya olahraga. Dan sayangnya ini juga yang terjadi pada saya :(

Penuaan Dini

Penuaan dini disini tak hanya ditandai dengan kulit yang kusam atau keriput dan terdapat flek pada wajah tetapi termasuk juga pada siklus menstruasi yang terlalu cepat yang efeknya akan mendatangkan masa menopouse lebih cepat. Makanan yang berpengaruh pada pase ini adalah karena banyaknya konsumsi makanan yang mengandung hormon seperti ayam broiler yang justru konsumsinya paling tinggi saat ini. Jadi harus waspada ya sekarang. Perbanyak minum air putih :)

Terjangkit Penyakit Kronis

Efek dari ketidak seimbangan hormon juga berdampak pada penyakit kronis seperti miom, kanker, bahkan lupus. Oleh karena itu menjaga keseimbangan hormon sangat penting untuk menjadi sehat dan aktif.

Pola makan seimbang dan olahraga teratur serta istirahat yang cukup memainkan peran penting dalam keseimbangan hormon serta yang paling penting adalah membiasakan gaya hidup bebas stres itu pun membantu menjaga keseimbangan hormon. Banyak hal buruk yang terjadi saat seseorang dalam tekanan dan stres bahkan sampai ada yang nekad mengambil jalan pintas yang fatal. Dengan menghindari stres yang demikian, kita bisa tinggal lebih jauh dari penyakit dan gangguan tubuh lainnya wajah pun akan terlihat lebih muda lho kencang dan memiliki Anti Aging alami alias anti penuaan. Jika Self Healing atau cara sederhana lain belum berhasil untuk menghilangkan rasa stres maka konsultasikan lah ini demi kesehatan juga kok :)

Selain tersadarkan dari pola hidup yang kurang sehat setelah mengikuti "Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh" saya pun akhirnya termotivasi untuk merubah gaya hidup saya dibarengi dengan olahraga. Dari obrolan kemari Dr. Dave menyarankan untuk berolahraga selama 30 Menit per hari ini wajib jika ingin menurunkan berat badan dengan senam aerobik, jogging dan loncat-loncat agar kulit kencang ya ideal nya sih ikutan fitness tapi untuk saya yang kebetulan tidak punya waktu untuk pergi ke fitness zone saya olahraga saja dirumah banyak kok video-video tutorial senam mulai untuk pemula, khusus obesitas, atau untuk yang sakit pun ada jadi cek kondisi tubuh dulu ya sebelum memulai senam. Dan dari berbagai pilihan senam kebetulan saya sedang menggemari zumba karena lebih kekinian dan gerakannya itu lebih mirip dance.

Zumba sendiri populer di Indonesia semenjak banyaknya artis-artis yang posting di sosial media mereka dengan pose berkeringat banyak setelah berzumba, padahal olahraga ini sudah ada sejak 2001 dikenalkan oleh Alberto Perez seorang koreografer dari Columbia. Diiringi musik latin yang energik terinspirasi dari gerakan salsa, chacha, tango, mambo, hiphop, dan reggae menjadikan zumba makin digemari karena tidak membosankan gerakannya. Saya sudah menjalani zumba satu pekan ini jadi belum ada perubahan yang drastis tapi yang saya rasa memang kulit terasa lebih kencang dan aura semangat yang mengebu-gebu dan tidak mudah lelah. Awalnya sih saya merasakan pegal-pegal tapi setelah setiap hari dijalani selama 30 menit tubuh sudah mulai terbiasa dan saat bangun tidur pun tubuh ini rasanya segar padahal sebelumnya saat bangun tidur saya merasa badan sakit semua. Ya itu tadi karena pola hidup saya yang buruk. Oia waktu yang tepat untuk berolahraga dengan maksud membakar lemak baik dilakukan saat pagi sedangkan jika teman-teman ingin membentuk otot disarankan untuk berolahraga pada malam hari konon ini juga karena pengaruh hormon.

 Zumba Dance Workout for Weight Loss

Sedang menggemari zumba saya akhirnya berminat untuk mengenal lebih jauh. And lucky me, saya berkesempatan untuk ikut kelas zumba tepatnya Aqua Zumba di Hotel BestWestern yang keren di Bandung.  Sebenarnya ada Delapan macam zumba berdasarkan jenis dan tingkat kesulitan sesuai usia nya saya sendiri sekarang sedang rajin zumba toning manfaatnya untuk membentuk tubuh dan menurunkan berat badan berfokus pada otot bagian paha, lengan, belly, dan otot-otot seluruh tubuh dan baik juga untuk kesehatan jantung. Kabar baiknya zumba ini baik untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga lansia tinggal pilih jenis nya saja. Aqua zumba sendiri adalah jenis zumba yang dilakukan di dalam kolam renang dangkal biasanya instruktur berada di atas untuk memeragakan gerakan dan kita para peserta akan diajak have fun mengikuti serangkaian gerakan Aqua Zumba. Jadi gak sabar dengan kelas ini :D



Sekali lagi saya sangat berterimakasih kepada Blogger Bandung untuk event kerennya serta DF Clinic dan Dr. David. Sebenarnya saya masih belum puas untuk korek-korek tentang pola hidup yang seharusnya apa saja yang Do and Don't untuk mencapai hidup sehat ini. Untuk diet sendiri saya masih belum bisa konsisten karena masih memakan makanan yang biasa seperti sebelumnya untuk saat ini hanya memang mulai menghindari ayam broiler, mengurangi nasi, dan gorengan beralih dengan perbanyak sayur, buah dan banyak konsumsi makanan tinggi protein. Saya juga ingin membuktikan apa yang disarankan dokter demi hidup sehat. Semoga saya berhasil dan harus yakin :D

Source: www.keponih.com via www.alimuakhir.com

Masih belum puas juga kan kalau membahas tentang kesehatan dan anti aging? Jika teman-teman juga penasaran dan ingin berkonsultasi langsung bisa banget loh, karena Dr. Dave very welcome orang nya. Kita konsultasi bareng-bareng yu rame-rame datengin DF Clinic :)

Source: konsultan DF
NOMOR IZIN MENDIRIKAN : 445/10081-Dinkes/12-SIKU/XII/14
NOMOR IZIN OPERASIONAL : 445/10079-Dinkes/12-SIKU/XII/14
Jl. Leumah Neundeut No.10 Bandung 40164
Telp. (62-22) 2010593 | WhatsApp. 0812 2190 6850 | Pin BB. 7D38BCFC
e-mail. df_clinic@dfclinic.com



25 comments

  1. Sedih, ternyata begitu ya kenyataan sapi perah :( saya malah baru tahu. Yaa Allah...

    ReplyDelete
  2. waaahhh, nge zumba ya mbk
    aku pgn bgd loh nge zumba, biar langsing cnatik kayak iklan zinc shampo, modelnya olivia jensen.. *ngimpi.. hahahaayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ni mba soalnya gerakannya kaya dance jadi asyik kalo zumba terus seluruh tubuh ikutan gerak biar seimbang bakar lemak tubuh. kemarin kesindir banget abis lahiran turun cuma 3kg aja jd harus pangkas 20kg lagi, pain banget nih. Meski ga mungkin bisa secantik olivia jensen yg penting sehat dulu deh ya. Hahaha

      Delete
  3. Hai teh saya juga alhamdulilah dapat voucher dari BWP, ga sabar mau coba berenang disana. Hidup sehat emang harus dimulai dari diri sendiri dan metode self healing ini aku udah coba dan benar berhasil hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung ya bisa ikut event ini, materinya keren dapet ilmu dari pakarnya pula :)

      Delete
  4. waduh.. saya hampir sering minum susu kemasan, bahaya gak ya buat tubuh saya ?
    salam kenal dari tasik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung reaksi tubuh juga sih mas Zaenudin tapi kalau setelah minum susu ada efek sakit perut, kembung, atau berjerawat berarti ada reaksi alergi dari susu tersebut :)

      Intinya susu itu belum tentu baik untuk setiap kalangan. Kalo kata Dr. Dave susu baik untukmu tapi tak baik untukku :D

      Delete
  5. Paradoks yah, ingin cantik/sehat tapi gaya hidupnya seenaknya :D.
    Selamat yah, menang live twit. Aku baru tahu tentang zumba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebenarnya sudah jelas ya Islam notice us in this ayat. Yang penting makan makanan yg halah terus jangan berlebihan karena itu sifat dr syetan. Bersyukur diingatkan kemarin:D

      Delete
  6. asyiik yang dapet voucer zumba, iya nih pengen langsing tapi maunya makan banyak, piye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan ibarat pelampiasan kalo buat saya. hehe

      Iya nih Alhamdulillah dapet voucher zumba, jadi nambah tau ttg type zumba :D

      Delete
  7. Wah saya hampir tiap hari minum susu dududu, susah emang sih dapat yg msh alami jaman skrng
    Btw ABAARM Cert., AAAM Cert. itu certified apa ya? #kepoh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga milk lover loh apalagi UHT yg biru itu. hehe
      Efeknya ya begini karena tinggi kalori jadi badanku gempal :P

      setau saya itu gelar certified dari luar negri untuk lulusan Anti Aging jadi AA nya itu singkatan untuk Anti Aging nya. Selebihnya kurang tahu. hahaha

      Delete
    2. American Board of Anti-Aging & Regenerative Medicine (ABAARM)
      Anti-Aging Academy of Medicine (AAAM)

      Delete
  8. Semangat hidup sehat ya teh.. Tadinya kalau saya dapet aqua zumba, pengen bareng nih sama teh raisa hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu bareng aja, aku lihat kalo sengaja ikutan kelas zumba bayar 80rb ya. Hihi lumayan :D

      Delete
  9. Kesehatan adalah hal yang terpenting dalam kehidupan kita. Ketika mengejar uang, jangan lupa untuk menjaga kesehatan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Qasim, banyak uang kalau gak sehat juga buat apa ya :)
      Kalau tubuh fit mengerja kanapa pun pasti siap :D

      Thank you for visiting my site :D

      Delete
  10. Waaaah widya pengen banget ngerasain Aqua Zumba nya :D Acaranya seru banget teh. Mengusung tentang dunia kesehatan yang sangat penting bagi kehidupan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ga ikutan say, belum ketemuan deh kita. hehe
      Seru banget aslinya :D

      Delete
  11. Saya dulu ngezumba tapi abis zumba makan banyak hahaha alhasil badan bukannya langsing malah langsung hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ini abis lahiran belum turun-turun jd merasa tersindir banget emarin, setidanya usaha dulu deh semoga mampu menahan hawa nafsu saya juga teh. Hahaha

      Delete
  12. malah saya sangat suka dengan susu kemasan mas, gimana tuh ya

    ReplyDelete
  13. Satu penyakit yang amat merunsingkan adalah kemurungan yang biasa terdapat di kalangan orang dewasa yang lebih tua. Namun, punca dan gejala di golongan ini cenderung untuk salah faham dan sering abaikan penyakit itu.

    ReplyDelete
  14. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.