recent

Penting!!! Lakukan Hal-Hal Ini Saat Anda Tak Mampu Mengatur Perilaku Orang

Moms... Sering sakit hati? Kecewa? Marah? Sedih? Menyesal? Jengkel? Tersinggung? Tertekan? Bingung? Stres? Malu? Atau apalagi ya? Pokoknya perasaan-perasaan yang menyangkut emosi yang kurang mengenakkan lah yang disebabkan oleh sikap seseorang. Pernah terbayang kah pada saat hati sudah merasa tenang ternyata semua yang moms rasakan itu hanya sia-sia, buang-buang energi tenaga dan pikiran gara-gara sikap yang tak menyenangkan dari seseorang. Tentunya ini sangat merugikan ya belum lagi penyakit-penyakit yang ditimbulkan akibat stres itu buruk sekali untuk kesehatan dan yang terpenting adalah kontrol kita yang jadi buruk. Saat hati tak nyaman dengan sesuatu biasanya akan terlihat dari raut wajah yang murung dan jadi lebih sensitif terhadap apa pun yang berujung pada sakit hati lagi atau bahkan sebaliknya menjadi menyakiti orang terdekat. Sangat disayangkan ya moms... Jangan mengira saya tak pernah mengalami perasaan itu moms sebelum saya menemukan ini dulu saya adalah orang yang lembek ga tahan banting. Hehe
Bersyukur saat itu atas izin Alloh saya mengikuti pelatihan DEPTH (Deep Psych Tapping Technique) bersama Dra. Yuli Suliswidiawati, M.Psi sebagai pembicara sekaligus therapist beliau adalah seorang Biro Konsultasi Psikologi Westaria di Bandung. Dra. Yuli Suliswidiawati juga menerbitkan karyanya dalam sebuah buku Menggapai Hidup Bahagia namun sayangnya buku itu sudah sold out dan terjual habis di toko-toko buku.

Teknik tapping yang beliau populerkan di Jawa Barat ini bermanfaat untuk kesehatan disisilain juga sangat bermanfaat untuk membawa jiwa kita menjadi release merasa baru dan perasaan pun menjadi lebih tenang karena ada bantuan dari pakarnya langsung yaitu trik khusus yang diberikan oleh bu Yuli saat itu. Proses tapping sendiri cukup sederhana menggunakan tangan dengan cara menekan titik tubuh atau untuk lebih jelasnya disebut titik tapping.

Berikut ilustrasi gambar titik-titik tapping yang diajarkan pada saat itu:


Secara terurai teknik DEPTH yang diberi saat itu terdiri dari sembilan tahapan dengan proses:
  1. DEEP PSYCHOLOGY
    Kategori Tahap Perkembangan. Mengetahui fase-fase penting dalam perkembangan agar tepat sasaran di fase manakah deep psychology itu terjadi.
    • Konsepsi
    • Infacy (0 - 2 Minggu)
    • Babyhood (2 Minggu - 2 Tahun)
    • Pra Sekolah (2 Tahun - 5 Tahun)
    • Sekolah (6 Tahun - 12 Tahun)
    • Pubertas (10/11 Tahun - 12/13 Tahun)
    • Remaja Awal (13/14 Tahun - 17 Tahun)
    • Remaja Akhir (17 Tahun - 21 Tahun)
    • Dewasa Awal (21 Tahun - 35 Tahu)
    • Dewasa Tengah (35 Tahun - 45 Tahun)
    • Dewasa Akhir (45 Tahun - 60 Tahun)
  2. VISUALIZATIONS
    Di tahap ini dalam mata terbuka kita dibawa untuk melihat semua hal seperti realitasnya. Membayangkan kenyataan yang terjadi seperti perasaan-perasaan yang mengganjal kita dibawa kembali pada kejadian itu kemudian dalam keadaan mata tertutup kita diajak untuk masuk kealam mana pun dengan arahan atau pun tanpa arahan
  3. TIME LINE THERAPHY DAN LIVE REVIEW THERAPHY (TLT & LRT)
    Ketika individu sudah mampu memasuki alam bawah sadar sebagai hasil dari penyadaran Deep Psychology yang dimudahkan juga oleh teknik visualisasi. Maka individu juga menjadi lebih mudah menemukan waktu atau saat suatu kejadian yang tidak menyenangkan atau trauma itu terjadi kemudian diselesaikan di dalam bayangan. Dengan demikian satu persatu waktu-waktu yang tak menyenangkan itu terselesaikan dan tuntas.
  4. SEDONA METHOD
    Semua yang sudah berhasil terbayang itu diungkapkan dalam bahasa rasa. Ketika individu berbahasa negatif (mengeluh) maka terjadi peningkatan aktifitas neuro cortex. Kondisi ini kemudian akan meningkatkan syaraf yang pada akhirnya akan memunculkan keluhan emosi. Rasakan dengan kuat kemudian lepas perasaan itu melalui pelepasan apapun.
  5. THE POWER OF SURRENDER
    Ketika individu sadar atau disadarkan bahwa dirinya berada pada kondisi yang sudah tidak lagi berdaya, merasa lemah, maka individu cenderung untuk menyerahkan dan pasrah pada keadaan menyerahkan seluruhnya pada Yang Maha Kuasa.
  6. SPIRITUALITY
    Memaknai hidup, memberi motifasi spiritual, dan menebar energi positif serta membagi pengalaman-pengalaman spritual untuk menambah kekuatan individu, do'a sebagai obat penyembuh luka hati.
  7. ENERGY TAPPING & ENERGY PSYCHOLOGY
    Adalah teknik untuk penyelarasan sistem energi tubuh untuk mengatasi hambatan-hambatan fisik (seperti sakit kepala berkepanjangan, nyeri punggung, Alergi, Asma, Heart Arithmia, mudah letih dan yang lainnya) Dan Dua Belas titik ini mewakili jalur emosi
  8. RELAXATION
    Ketika emosi negatif bekerja, maka terjadi ketegangan pada tubuh. untuk meregangkan fisik dan emosi, salah satu caranya adalah menambah ketegangan fisik, kemudian diregangkan dengan segera.  Karena fisik regang, maka emosi negatif pun release.
Moms bisa lihat praktek DEPTH dalam video berikut

Moms... yang saya rasakan setelah mengikuti pelatihan DEPTH bersama ibu Yuli adalah perasaan yang lebih tenang dan lebih bisa mengontrol diri untuk lebih bijak sebisa mungkin serta mampu memaafkan orang-orang yang membuat kita menjadi tidak nyaman dan menimbulkan perasaan-perasaan yang mengganggu kebahagian saya, itu yang terpenting. Saya berpikir bahwa sampai kapan pun saya tak akan bisa mengatur perlakuan dan sikap seseorang untuk selalu baik pada saya tapi memang benar ada saatnya saya merasa tersakiti atas sikap seseorang yang bahkan mengabaikan apa yang saya terima dari sikap mereka maka dari situ lah saya termotifasi untuk menyembuhkan diri sendiri dengan teknik ini. Self Healing itu lah yang saya maksud!
Kebahagian kita sendiri yang menentukan sedangkan dengan perasaan sedih, marah, stres, kecewa, depresi, bingung, benci dan hal-hal negatif lainnya adalah penghambat, lihat lah orang sekitar yang mencintai kita moms karena itu yang paling penting yang harus diutamakan dibanding membuang-buang waktu, tenaga dan pikiran hanya untuk memikirkan orang-orang yang menyakiti. Biarlah itu menjadi amal mereka tapi kita harus tetap bahagia. Tersenyumlah....



No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.