recent

Gara-Gara Ingin Cantik

Hi dear, Alhamdulillah RaisaHakim diberi kesempatan dan waktu luang untuk update blog yang hampir beberapa bulan ini tertinggal karena kesibukan lain. Saat ini Raisahakim sedang gemar merawat wajah karena merasa kulit wajah mulai kusam. Sempat juga loh saya ganti-ganti produk karena merasa tidak ada perubahan yang signifikan pada wajah, masih saja jerawatan dan kusam. Galau tingkat MahMud nih (MamahMuda maksudnya). Hehe... Bayangkan saja kesibukan seorang istri sekaligus dua anak dengan jarak usia 3 tahun kadang-kadang merasa terburu-buru sendiri mengurusi kebutuhan pribadi karena merasa bertanggung jawab atas kewajiban lainnya padahal suami saya termasuk orang yang santai. Begitulah mungkin naluri seorang ibu ya, selalu ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya, maka wajar saja jika perhatian pada diri sendiri mulai berkurang dan faktor lain seperti kondisi yang mengharuskan menggunakan KB, terkena uap panas selama memasak, belum terpapar sinar matahari saat antar-jemput anak sekolah menjadi faktor kulit dan wajah terlihat kusam. Kan engga banget ya,Hehe Kembali pada urusan wajah wanita mana sih yang tidak mau wajahnya terlihat cantik. Ya namun saat ini kecantikan sering disederhanakan dengan kulit putih, mulus, tanpa noda dan kinclong. Jarang juga kan kita lihat iklan-iklan kosmetik menggunakan model berkulit gelap padahal apa pun warna kulitnya yang penting sehat ya. Produsen-produsen kecantikan pun gencar memasarkan produk kecantikan namun satu yang perlu diingat bahwa apa pun yang membuat kita cantik asal kan barang itu aman baru kenakan. Hati-hati dengan janji-janji iklan yang memberi kepastian bisa cantik secara instant, siap-siap pake kacamata deh dear biar kelihatan pinter dikit. Hahaha :D
Biar tambah pinter setelah pake kacamata jangan lupa cari tahu juga ya kira-kira apa saja sih produk kecantikan yang harus kita cermati kandunga didalamnya? Berikut saya sisipkan informasi dari beberapa sumber mengenai keterangan zat yang sering ditemukan dalam kosmetik serta efek yang ditimbulkannya yang mungkin bermanfaat untuk MahMud-MahMud semua. Selamat membaca ya :*

KATEGORI ZAT SANGAT BERBAHAYA

1. Mercury / HG
Mercury tergolong pada Dangerous toxic for human body! Penggunaan zat jenis ini umumnya membunuh sel-sel dan pigmen kulit sehingga mekanisme proteksi kulit alaminya terhambat. Biasanya pada penggunaan kosmetik dengan zat ini akan tampak; Efek instan: kulit putih pucat, jerawat tidak muncul lagi (kinclong dalam hitungan hari). Efek negatif: kerusakan sel kulit, meningkatnya pertumbuhan bakteri di kulit, gangguan syaraf/tremor, gangguan pada indra penglihatan dan organ tubuh (otak, ginjal, hati) jika sudah terakumulasi bisa menyebabkan kerusakan permanen fungsional dan sistemik dalam pengunaan jangka panjang.
Ciri-Ciri Cream Mercury :
  1. Umumnya krim ini lebih lengket
  2. Tekstur krimnya tidak Homogen yaitu tidak menyatu dan kasar tidak layaknya krim wajah bila didiamkan minyak pada krim ini akan terpisah dengan bagian padatnya.
  3. Aroma krim nya terasa bau logam merkuri saat tercium atau bisa saja sebagian menggunakan parfum menyengat untuk menetralisir dan menghilangkan bau logam merkuri tersebut.
  4. Warna krim terlihat sangat mencolok jika kuning terlihat kuning pekat dan warna krim putihnya mengkilat seperti mutiara. Biasanya krim dicampur dengan pewarna textil
  5. Uji coba krim ini adalah dengan diusapkan pada kulit lengan dan akan terasa panas dan gatal.
  6. Sebab awal yang akan timbul adalah iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.
  7. Perubahan drastis warna putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat atau seperti topeng Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat yaitu kurang dari satu minggu, tergantung kadar kandungan merkuri, makin tinggi makin lebih cepat memberikan warna putih)
  8. Tidak ada reaksi kulit seperti timbul jerawat, hal ini disebabkan lapisan kulit epidermis yang terkena merkuri telah rusak, kulit pun tidak mengandung protein dan melanin lagi yang pada dasarnya berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi paparan matahari, sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar merkuri termasuk nyamuk sekalipun. Jerawat dalam keadaan normal adalah berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di dalam kulit, hal ini juga untuk mengontrol perawatan kulit wajah, bila anda lupa untuk melakukan kebersihan wajah, umumnya jerawat akan timbul, pada merkuri hal ini tidak terjadi lagi, karena struktur protein kulitnya telah berubah dan menjadi rusak. Pori-pori tampak mengecil dan halus, ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis dan tergerus oleh logam merkuri, tampak sepintas terlihat mengecil dan halus.
  9. Untuk mengujinya bisa dirasakan dengan mencobanya lalu paparkan pada sinar matahari, kulit akan terasa terbakar, gatal disertai kemerahan, hal ini dikarenakan kulit wajah sudah tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari. Pada produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terbakar disertai rasa gatal.
  10. Jika Anda sudah terlanjur tercemar merkuri dan pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal lalu akan timbul bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata diwajah dan warna putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman untuk lebih lanjutnya dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh dan menyebabkan kematian.
  11. Hal bahaya lainnya yaitu dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan cacat & kematian pada JANIN
Wah sangat menyeramkan ya dear penjelasan diatas, kayaknya mikir-mikir lagi untuk pilih produk dan lebih aware tentunya. Tapi disisi lain ada juga loh zat berpotensi bahaya yang disalahgunakan dalam produk skincare. Haah? Masa?? Benar dear oleh karena itu kita juga wajib waspada meskipun telah mendapat perawatan wajah dari skincare jangan cepat yakin. Apa saja ya kira-kira zat-zat tersebut. Lanjutkan bacanya ya :*

ZAT BERPOTENSI BAHAYA AKIBAT PENYALAHGUNAAN DALAM PRODUK SKINCARE:

  1. Steroid / Kortikosteroid / Drenokortikod
    Kategori Obat ini harus digunakan terbatas kadar dan waktu pemakaian (bukan untuk long term) dan harus di bawah pengawasan dokter Zat ini biasanya bekerja pada sistem syaraf, oleh karena itu jarak paling lama penggunaan kosmetik dengan zat ini tidak boleh dari tiga bulan. Hasil yang tampak pada pengguna; Efek instan: anti-inflamasi (redness, radang), calming, menahan jerawat, dan bisa memutihkan Efek negatif: broken capillaries (spidervein), moon face, pertumbuhan rambut-rambut halus, rebound berupa breakout (karena sebelumnya tertahan), serta melemahnya sistem imunitas.

    Gambar ini adalah spider vein yang akan muncul karena terlalu lama menggunakan racikan ini adalah efek dari steroid dan pengelupasan.
  2. Hydroquinon / HQ
    Kategori Obat namun sama hal nya dengan keterangan diatas zat ini pun hanya digunakan terbatas kadar dan waktu pemakaiannya maximal Enam bulan di bawah pengawasan dokter. Zat ini sifatnya bekerja menekan produksi melanosit, exfoliant. Kulit lebih cerah pasca exfoliasi. Efek negatif: kemerahan, photosensitive, rebound berupa ochronosis seperti muncul flek-flek menebal berwarna abu-abu kehijauan diduga carcinogen.
  3. NaOH / soda api
    Dalam kadar sangat kecil zat ini digunakan sebagai penyeimbang acidity dan pelarut lemak, misalnya dalam sabun mandi. Tapi dalam jumlah berlebihan (di atas 1-2%) merupakan zat korosif yg biasa digunakan untuk mengatasi mampet saluran pembuangan, cairan pembersih toilet dan pabrik/industri. Cara kerja zat ini adalah exfoliating. Efek instan yang terasa timbulnya kulit muda/baru. Efek negatifnya; terkikisnya mantel asam pelindung kulit, hypersensitive, deep scar.

    Berikut contoh krim racikan dokter dengan keterangan HQ5 berarti mengandung Hydroquinon, penggunaan zat harus dalam pengawasan dokter sesuai dosis yang dibutuhkan pasien dalam jangka waktu yang ditentukan. Jika tidak maka akan muncul efek-efek samping seperti yang sudah disebutkan.
Dari beberapa paparan zat diatas jadi takut juga ya untuk cantik kok banyak resikonya dear. Lalu bagaimana ya baiknya karena filosofinya wajah itu tampilan yang memberi kesan pertama jika wajah kita terlihat sehat dan bersih maka siapa pun yang kita ajak bicara akan nyaman (Kata ARTIS sih gitu). Tips dari saya yang sempat mengalami kegalauan gonta-ganti perawatan wajah ya hal yang utama adalah perhatikan keamanan, lihat komposisi dalam produk yang kita pilih cek no BPOM dan izin edar serta tanggal kadaluarsa, dan benar-benar sudah di test hypoalergenic kepada manusia tapi kalau masih ragu ya pindah ke perawatan alami walau agak sedikit repot dan jaga asupan makanan juga dear minum air putih yang banyak serta olahraga kalau pun harus memilih produk kecantikan di skincare mesti sedikit bawel, ga apa-apa demi kebaikan. Dan sekedar info saja nih, berawal dari kegalauan diatas akhirnya kini RaisaHakim pun memutuskan untuk memercyakan perawatan produk kosmetiknya ke klinik estetika yang sudah terpercaya, InsyaAlloh. Sebenarnya saya bukan type perempuan yang suka kosmetik dandan serba ngejreng, sederhana saja sih justru karena gak suka dandan jadinya mau merawat wajah biar ga pake ini itu pun wajah tetap terlihat sehat. Setuju tidak? Satu lagi nih dear, niatkan merawat diri hanya untuk suami ya. Hihihi... Semoga bermanfaat dear. Love you :*

3 comments

  1. aku pake produk seperti yg diatas,aku dapet dari suatu clinic kecantikan , dari pemakaian pertama sampai 3 bulan kulit aku selalu ngelupas,dan sampe keadaan tipis bgt,ahir nya aku berhenti make,dan setelah aku berhenti jadi timbul flek flek dibagian tertentu yg dulu nya ga ada.
    aku complain sama pegawai clinic nya.tentu aja dia membela diri dan nyalahin nya aku
    trus sekarang jadi takut cari skincare yg bener bener aman tanpa efek samping
    yg sedih nya lagi kulit aku tipis banget sampe merah gitu :'(

    ReplyDelete
  2. Hq5T0,05mome0,1Hyco cr pot 10gr itu apakah termasuk hidroquinon dn mercury???

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.