recent

Toilet Training Untuk Buah Hati

Toilet Training Untuk Buah Hati - Bunda, apakah buah hati bunda sudah memasuki usia dimana dia harus mulai bisa buang air ke toilet?? Jika sudah mari bunda latih agar buah hati bunda terbiasa. Seperti Raisa kutip dari morinagaplatinum.com untuk toilet training ini bunda harus banyak bersabar dan rajin mengajak buah hati bunda ke toilet dalam jarak waktu minimal setiap 5 menit. Adapun langkah-langkah sederhana membantu si kecil lebih mudah belajar ke kamar kecil bisa dimulai saat buah hati bunda dalam ujung usia satu tahun, saat anak  sedang ingin tahu dan mau diatur adalah waktu yang baik untuk memperkenalkan pada pot toilet.

Namun, jangan memaksa anak di usia berapa pun untuk menggunakan toilet. Dukung, serta tunggu sampai anak benar-benar siap berlatih ke toilet. Latihan ke toilet akan lebih mudah jika anak telah menunjukkan tanda kesiapan. Dia telah mengerti tentang sistem pembuangan. Dia tahu sudah buang air besar, sedang buang air besar, atau mau buang air besar, walau sedang memakai popok. Jika belum menunjukkan tanda kesiapan, tidak berarti buah hati bunda belum dapat mulai belajar kenal menggunakan pot dari sekarang.

Dari wajah anak, bunda bisa melihat tanda dia akan pipis atau buang air besar. Biasanya dia berjongkok, wajah memerah, mengejan, atau tiba-tiba berhenti dari kegiatan. Inilah kesempatan untuk mengajari dia. Saat menggantikan popok yang basah, bunda harus menunjukkan dan menjelaskan kenapa popok basah. Pakailah kalimat yang sama berulang-ulang.

Biarkan anak melihat bunda atau anggota keluarga ke toilet dan terangkan apa yang Anda lakukan. Bisa juga membiarkan si kecil melihat kakak menjadi contoh saat menggunakan toilet. Biarkan dia memencet tombol untuk mengguyur atau memegang keran air.

Jika dia ingin duduk di toilet, belilah pot khusus anak yang bisa dipasang di toilet khusus dewasa atau anak. Jangan meninggalkan anak  sendirian, segera angkat setelah dia mencoba posisinya. Pandangan diri positif sangat penting bagi keberhasilan setiap jenis latihan. Jangan membuat buah hati merasa pupnya sangat tidak mengenakan bagi orang lain. Hindari memasang wajah tidak senang saat membersihkan popoknya. Sebaliknya berikan tanggapan positif dan komentar yang membantu dia mengerti tentang sistem pembuangan.

Bagaimana, buah hati Anda sudah siap belajar ke toilet?


1 comment

  1. Kadang nngis kl diajak ke toilet... kl pipis bilangnya pas udah keluar... kal bab ngeden ngeden.. usianya udah 16 bulan...

    ReplyDelete

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.