recent

Jam Tidur Bayi dan Balita Toddler

Jam Tidur Bayi dan Balita - Sebagai ibu kita harus tahu pola dan jam tidur bayi, berapa jumlah waktu tidur anak dan pola tidur yang baik bagi bayi, ballita atau anak kita. Bagi pasangan yang baru saja mendapatkan anak pertama tentu masih banyak bertanya berapa lama sang bayi tidur dan terjaga? Berapa jumlah waktu tidur yang baik bagi bayi/anak kita? Bagaimana pola tidur yang baik dan benar bagi bayi dan anak? Yang jelas pola tidur bayi/anak kita mungkin berbeda dari pola tidur anak sebayanya, karena masing-masing individu mempunya ciri khas tersendiri. Dari berbagai pola tidur dan jumlah waktu tidur bayi dan anak, dapat di ambil pola umum yang mungkin dapat anda jadikan panduan untuk mengenali pola tidur anak anda.

Jam Tidur Bayi dan Balita Toddler

Berikut ini Raisa paparkan keterangan tentang jam tidur bayi dari InfoBunda.

Jam tidur bayi baru lahir (new born/neonatus)
Jumlah waktu tidur antara 10½ jam sampai 18 jam. Belum banyak pola waktu tidur bayi pada usia awal ini. Bayi anda dapat tidur hanya dalam beberapa menit ataupun berjam-jam dan terbangun karena lapar untuk meminum susu.

Jam tidur usia 1 bulan
Jumlah waktu tidur antara 10½ sampai 18 jam. Bayi anda mulai dapat beradaptasi dan membedakan antara waktu siang dan malam. Pada siang hari, bayi anda akan sering melakukan tidur meskipun ia telah menggunakan sebagian besar waktu malam untuk tidur.

Jam tidur usia 2 bulan
Jumlah waktu tidur antara 10½ sampai 18 jam. Bayi anda lebih waspada dan mengenali orang-orang disekelilingnya. Kebanyakan para bayi masih melakukan tidur siang 2 sampai 4 jam (atau lebih). Bayi anda kemungkinan sudah mulai meninggalkan minum susu pada waktu tengah malam.

Jam tidur usia 3 bulan
Jumlah waktu tidur antara 10½ sampai 16½ jam. Beberapa bayi bahkan dapat tidur nyenyak antara 6-8 jam pada malam hari. Sebagian besar bayi melakukan 2-3 jam tidur siang.

Jam tidur usia 6 bulan
Jumlah waktu tidur antara 13¼ sampai 14¼ jam. Pada malam hari, bayi biasanya tidur sekitar 9-11 jam. Tidur pada pagi hari dan sore hari biasanya dilakukan dalam waktu pendek.

Jam tidur usia 9 bulan
Jumlah waktu tidur antara 13-14 jam. Sebagian besar para bayi tidur selama 10-11 jam tanpa terbangun. Pada usia ini, bayi anda mungkin menyukai tidur pada siang atau sore hari.

Jam Tidur Bayi dan Balita Toddler

Jam tidur balita usia 12 bulan (Balita/Toddler)
Jumlah waktu tidur antara 12½-13¾ jam. Tidur nyenyak pada malam hari selama 10-12 jam, ditambah tidur pendek pada waktu siang dan sore hari.

Jam tidur balita usia 18 bulan
Jumlah waktu tidur antara 12½-13½ jam. Sebagian besar anak tidur nyenyak selama 10-11 jam pada malam hari, dan tidur beberapa jam pada siang hari.

Jam tidur balita usia 2 tahun (Pre school)
Jumlah waktu tidur antara 12½-13 jam. Sebagian besar balita berumur 2 tahun masih melakukan tidur di siang hari dan tidur malam hari setengah 10-11 jam. Mungkin anda memiliki sedikit kesulitan untuk menidurkan anak anda pada usia ini, temani Ia tidur dan bacakan cerita sebelum tidur untung menenangkannya.

Jam tidur balita usia 3 tahun
Jumlah waktu tidur antara 12 - 13 jam. Pada usia ini, anak anda mungkin sudah beralih menggunakan tempat tidur yang lebih besar. Sebagian anak tidak lagi melakukan tidur siang namun memperpanjang tidur pada malam hari. Meskipun begitu, sebaiknya anak anda melakukan tidur siang hari untuk menjaga kebugarannya.

Jam tidur balita usia 4-5 tahun
Jumlah waktu tidur antara 11-12 jam. Sebagian besar anak pada usia ini hanya tidur pada waktu malam. Bagi anak yang aktif di siang hari, kemungkinan akan lebih cepat merasa lelah dan tidur lebih awal pada petang hari.

Jam tidur balita usia 6 tahun
Jumlah waktu tidur antara 10-11½ jam, sepanjang malam. Pada usia ini, beberapa anak memiliki ketakutan terhadap gelap dan malam hari. Hal ini dapat menjadi penyebab kesulitan tidur pada malam hari.

Jam tidur balita usia 7-8 tahun
Jumlah waktu tidur antara 9½-11½ jam. Sebagian besar anak pada usia ini mendapatkan waktu tidur yang padat pada malam hari.

Jam Tidur Bayi dan Balita Toddler

No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.