recent

Cara Mengelola Keuangan Keluarga

Cara Mengelola Keuangan KeluargaCara Mengelola Keuangan Keluarga. Financial planner, Ligwina Hananto memberikan tips bagaimana Cara Mengelola Keuangan Keluarga dalam acara talkshow yang bertempat di Mall Taman Anggrek.

"Masalah orang itu bukan pada bagaimana mendapatkan income, tapi kemana raibnya penghasilan yang di dapat," ujar Wina, biasa Ligwina Hananto akrab dipanggil.

Wina memberi wejangan bahwa seorang istri atau perempuan pada umumnya harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga


"Ada 2 tipe pengelola; papa boss atau mama boss. Semuanya sah-0sah saja, yang terpenting harus dibiasakan saling ngobrol, kalau tidak hal tersebut akan menimbulkan pertengkaran. Kalau mau membicarakan soal uang Anda harus tampil cantik dan dandan, jangan memakai daster," ujarnya sambil bercanda.

Menurut Wina, terdapat pos-pos pengeluaran yang perlu diperhatikan dan dilakukan yaitu ; pos cicilan utang, kesehatan, asuransi, keluarga, pengeluaran anak, pekerja di rumah, transportasi, dan gaya hidup, serta satu hal lagi yaitu investasi. Pos gaya hidup ini sangat penting, karena setiap orang memerlukannya, misalnya shopping.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga


"Semakin dilarang belanja, maka semakin gagal menabung. Jikalah demikian maka kita harus menyediakan pos budget untuk shopping."

Wina memberikan contoh, sebagai perempuan kita perlu menyediakan dana sekitar 100 ribu per bulannya, jika telah mencapai 5 bulan bisa dibelanjakan, apabila belum maka menabung sesuai keperluan/keinginan jangan dulu diambil. Dan hal tersebut harus dikerjakan dengan disiplin yang tinggi.

Untuk keperluan penggunaan dengan kartu kredit yang selama ini dianggap 'enemy' untuk sebagian orang, Wina mempunyai jawabannya. Kartu kredit itu hal yang penting jika pengeluaran kita 1 - 2 juta setiap belanja. Kenapa, karena kartu kredit mempermudah kita untuk belanja keperluan di swalayan.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga


"Jika kita mampu melunasi kartu kredit, 100 persen, no problem. Namun janganlah membayar dengan minimal payment atau membayar setengahnya." Dan jangan menggunakan kartu kredit, apabila uang pada tabungan kita tidak ada.

Demikian Cara Mengelola Keuangan Keluarga menurut Ligwina Hananto.

No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.