recent

Tips Menghadapi Stres


Siapa sih yang belum pernah merasakan Stress? Semua orang saya rasa pernah mengalami kondisi dimana adanya rasa lelah pada kondisi mental, sosial dan fisik, kehilangan atau malah bertambah nafsu makan, sakit kepala, emosi turun naik, sulit tidur dan tidur berlebihan. Lantas perasaan was-was, frustrasi, atau kelesuan merupakan bagian dari tanda-tanda Stress.

Menurut kalbenutional, manajemen stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang-orang, dan kejadian-kejadian yang ada di sekitar memberi tuntutan yang berlebihan kepada Anda.

Lalu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatur stres?


  1. Perhatikan lingkungan sekitar kita. Mungkin ada sesuatu yang benar-benar dapat kita ubah. Atau bahkan kita kendalikan.

  2. Kenalilah cara terbaik untuk merelaksasikan diri kita. Meditasi dan latihan pernafasan terbukti efektif dalam mengendalikan stres. Berlatihlah untuk menjernihkan pikiran kita dari pikiran-pikiran yang menggangu.

  3. Jauhkan diri dari situasi-situasi yang menekan kita. Beri diri kita kesempatan untuk beristirahat walaupun hanya untuk beberapa saat setiap hari.

  4. Dengan mengurangi jumlah kejadian-kejadian yang terjadi dalam hidup, Kita akan dapat mengurangi beban yang berlebihan.

  5. Cobalah untuk memprioritaskan beberapa hal yang benar-benar penting dan biarkan yang lainnya mengikuti di belakang.

  6. Jangan membebani diri kita sendiri secara berlebihan. Tangani secara selektif dengan memperhatikan beberapa yang prioritas.

  7. Fokuskan pada satu masalah dan kendalikan reaksi kita terhadap hal tersebut.

  8. Belajarlah untuk mengenali stres. Tingkatkan reaksi tubuh kita dan buatlah pengaturan diri terhadap stres.

  9. Hindari reaksi yang berlebihan. Hindari perasaan benci, bingung, mengamuk, dan depresi yang berlebihan.

  10. Cukup beristirahat

  11. Hindari stres, dengan melakukan kegiatan-kegiatan fisik, misalnya jogging, tennis ataupun berkebun.

  12. Jangan menghindar dengan mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan yang dianggap dapat menyembunyikan stres namun tidak dapat membantu memecahkan masalah.

  13. Tingkatkan ketahanan diri kita

  14. Jadilah seseorang yang berfikir positif. Tanamkan pada diri kita bahwa kita dapat mengatasi segala sesuatu dengan baik daripada hanya memikirkan betapa buruknya segala sesuatu yang terjadi.
  15. Kembalikan semuanya pada Alloh.  Berserah diri adalah hal yang paling climax dari suatu tekanan dan sisi spiritual adalah gerbang dari semua masalah yang membuat hati lebih tenang. Perdalam ilmunya dan Insya Alloh saat hati menjadi tenang kemudahan akan datang. Aamiin

Semoga bermanfaat!

2 comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.