recent

Berat Badan yang Ideal itu...?


Berat badan ideal? Dambaan setiap perempuan, saya juga Anda! Seseorang dikatakan memiliki berat badan ideal ketika bentuk tubuh tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk. Dan jika serasi antara berat dan tinggi badan yang dimilikinya.

Agar tubuh seseorang ideal, lemak di dalam tubuhnya harus dalam keadaan normal. Lemak memang diperlukan di dalam tubuh, namun jagalah jangan sampai kekurangan atau kelebihan. Untuk menunjang kehidupan seseorang, harus ada lemak minimal sebanyak 3% dari berat badan. Lemak ini disebut sebagai lemak esensial yang terdapat pada membran sel, sumsum tulang, jaringan syaraf, sumsum tulang belakang, otak, sekitar jantung, paru, hati, limpa, ginjal, dan juga usus.

Jika lemak dalam tubuh lebih dari 3% berat badan, maka bisa dikatakan timbunan lemak. Timbunan lemak ini dapat menjadi pelindung organ-organ bagian dalam tubuh terhadap cedera. Jumlah timbunan lemak yang normal berbeda antara pria dan wanita. Kandungan lemak yang normal dalam tubuh pria dewasa muda adalah 15 hingga 20% dari berat badan. Sedangkan pada wanita dewasa muda adalah sebesar 20 hingga 25%. Proporsi ini akan meningkat sesuai dengan umur. Contohnya pada pria dewasa tua sampai dengan 27% dari berat badan, sedangkan wanita dewasa tua mencapai hingga 30% dari berat badan.

Kelebihan berat badan merupakan suatu keadaan terjadinya penimbunan lemak secara berlebih yang dapat menyebabkan naiknya berat badan. Seseorang mengalami kelebihan berat badan apabila beratnya 10 hingga 20% di atas berat ideal. Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan akan merasa:

  1. sering kehabisan nafas

  2. Badan terasa berat

  3. Sering kepanasan

  4. Sering sakit pada bagian pinggang, pinggul, paha, dan lutut.


Hal ini tentu merupakan suatu peringatan bahwa orang tersebut dapat mulai mengataur makanan dan latihan fisik yang cukup agar tetap sehat dan bugar.

Seseorang dikatakan kegemukan bila terjadi kenaikan berat badan sebesar 20% dari berat badan ideal. Kegemukan dapat diukur dari timbunan lemak tubuh. Seorang wanita dewasa dikatakan kegemukan bila lemak dalam tubuhnya sudah lebih dari 30% berat badan idealnya. Sedangkan untuk pria dewasa, ia akan dikatakan kegemukan bila sudah melebihi 27% dari berat badan idealnya.

Sumber: kalbenutrion

No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.