recent

Lingkar Pinggang Barometer Kesehatan

Lingkar pinggang disebut-sebut sebagai "barometer" kesehatan. Lingkar pinggang juga bisa dijadikan patokan terjadinya penumpukan kolesterol, yang merupakan sumber penyebab munculnya beragam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, ginjal, hipertensi, gangguan pernapasan, osteoarthritis, asam tinggi, kanker, diabetes, bahkan stroke.

Ukur Lingkar Pinggang
Perut yang membuncit akan diikuti dengan membesarnya ukuran lingkar pinggang. Waspadahal jika lingkar pinggang lebih dari 80 cm. Untuk pria, tindakan penyelamatan perlu dilakukan jika lingkar pinggang berukuran lebih dari 90 cm. Segera lakukan diet, lalu terapkan pola makan sehat agar berat badan tetap seimbang.

Sudah berdiet tapi tak kunjung terlihat hasilnya?
Kegagalan berdiet umumnya disebabkan oleh pola diet yang keliru seperti hanya mengurangi frekuensi makan (misalnya dari 3 kali sehari mejadi 2 kali sehari) padahal seharusnya yang dikurangi adalah porsi makanan-nya. Satu lagi, mudah tergiur makanan manis dan berlemak.

Pengaturan Nutrisi
Diet rendah kalori bisa membantu mengontrol berat badan karena makanan rendah kalori seperti buah-buahan, sayuran, sup, daging tanpa lemak dan produk-produk olahan susu rendah lemak memiliki kandungan air yang cukup tinggi namun kandungan lemaknya rendah. Selain itu, usahakan tidak langsung tidur segera setelah makan serta imbangi diet dengan olahraga teratur. Kurus saja tidak cukup, sebaiknya  tubuh yang langsing namun tetap sehat

Tips Nutrisi yang bisa dicoba:

  1. Sesuaikan kebutuhan nutrisi dengan berat badan, tinggi badan, usia dan aktivitas fisik.

  2. Kunci keberhasilan diet yang baik dan sehat adalah kalori disesuaikan, lemak diminimalkan dan protein dicukupkan.

  3. Penurunan berat badan harus dilakukan secara bertahap agar kulit tidak bergelampir dan kusam. Pada penurunan berat badan secara drastis, bukan lemak yang berkurang, melainkan otot dan cairan tubuh.

  4. Baca dengan cermat kandungan nutrisi yang tertera pada kemasan makanan.

  5. Olahraga intensitas sedang (tidak sampai kelelahan) ditambah olahraga perut secara teratur (5 hingga 7 hari seminggu) akan membantu mendapatkan tubuh yang langsing, perut datar dan sehat.

  6. Tekun, sabar, disiplin tinggi dan tekat yang teguh sangat diperlukan agar berhasil memiliki tubuh ideal dan sempurna.


Sumber: Kalbe Nutritionals

No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.