recent

Makna Dukhul Suami dengan Isteri

Ungkapan dukhul yang dimaksud adalah masuknya suami dengan isterinya ke rumahnya. Yaitu ketika suami memegang tangan isteri kemudian masuk bersama. Inilah yang dimaksud dukhul dengan isteri. Karena masuknya isteri ke rumah suaminya ini merupakan permulaan dan persiapan untuk pergaulan suami isteri dengan segala seginya. Kadang-kadang dukhul juga diartikan dengan 'jima'' secara mutlak sebagai ungkapan. Disini kami maksudkan bahwa dukhul dengan dua makna tersebut guna menjelaskan perkara-perkara yang penting yang akan dialami oleh keduanya karena dukhul.

Berdasarkan makna pertama, maka masuknya isteri ke rumah suami atau suami ke rumah isteri artinya pindah rumah, dari satu keluarga ke keluarga yang lain dan dari saudaranya yang satu ke saudara yang lain. Maka dia yang sebelumnya tinggal bersama kedua orang tuanya dan saudara-saudara kandungnya kemudian jadilah ia teman hidup suaminya. Demikian pula dikatakan seperti ini bagi pihak laki-laki yang telah menjadi suami yang bertanggung jawab terhadap isterinya, dan dia harus menanggung semua tanggung jawab masa depan keluarganya.

Maka kedua mempelai dituntut untuk mempersiapkan diri guna pertemuan pertama diantara keduanya. Sebelum terjadinya pertemuan ini suami harus mempersiapkan dirinya agar bisa mempergauli isterinya dengan baik, bijaksana dan sabar serta tawadlu' terhadap isteri. Karena dia menghadapi perkara yang tidak mudah, tapi dia menghadapi perkara yang besar dan penuh bahaya. Bagi wanita, untuk menyiapkan dirinya menghadapi perpindahan yang penuh bahaya dari seorang 'gadis' lajang, menjadi isteri yang penuh tanggung jawab, agar keduanya mengetahui apa-apa yang akan dia hadapi dan apa yang dia persiapkan dari amanah dan tanggung jawab.

Adapun berdasarkan makna kedua maka suami -isteri tersebut agar memandang bahwa jima' itu adalah cara untuk memelihara 'kemaluan' dan mengekang syahwat dari yang haram, sebagaimana artikel yang telah lalu tentang tujuan pernikahan dan akan di bawah lebih lanjut pada artikel selanjutnya.

No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.