recent

FAQ Seputar Akad Nikah

Berikut tanya-jawab seputar permasalahan akad nikah dan yang berhubungan dengannya.

T : Apakah isteri berhak untuk minta cerai ? Dan kapan itu bisa dilakukan ?


J : Ya boleh, dibenarkan isteri untuk mengajukan cerai dengan suaminya dengan talak yang baik kapan saja dan ini adalah penyerahan yang mutlak dan dibenarkan pula untuk penyerahan itu dengan batas waktu tertentu seperti satu tahun, satu bulan, atau berkaitan dengan syarat. Dan mungkin diberikan hak ini kepada isteri ketika mengucapkan sighah akad nikah atau sesudahnya kapan saja.



T : Apakah hak cerai itu ada ditangan isteri saja sehingga suami tidak memiliki hak cerai ?

J : Bukan demikian maksudnya. Akan tetapi suami itu tetap memiliki hak cerai meskipun suami itu menyerahkan hak cerai kepada isterinya. Sebab penyerahan itu satu bentuk dari perwakilan dan yang namanya perwakilan itu tidak menggugurkan hak dari yang mewakilkan.

T : Apakah boleh pernikahan itu menggunakan selain bahasa arab ?


J : Ya, akad nikah bagi setiap kaum dengan menggunakan bahasa mereka sendiri dengan lafadz yang sudah ditetapkan di kalangan mereka.



T : Ada seorang muslimah yang menikah dengan lelaki non-muslim di depan gereja atau nikah negara/catatan sipil ? Bagaimana hukum pernikahan ini ?

J : Ini adalah pernikahan yang bathil. Sesungguhnya seorang muslimah yang melaksanakan sedikit saja aturan-aturan gereja maka dia telah keluar dari Islam, jadilah dia murtad dan wajib kembali masuk Islam dengan mengucapkan syahadatain. Dia menjadi kafir kalau meyakini pernikahannya dengan orang kafir tersebut boleh menurut Islam.

T : Jika seorang perempuan menikah dengan non-muslim dan ingin bertaubat, apa yang harus dia lakukan ?


J : 1. Dia harus bertaubat dari kesesatannya dengan mengucapkan syahadatain dan mengucapkan saya berlepas diri dari apa yang telah saya kerjakan.


2. Mengajak suaminya untuk masuk Islam, kalau suaminya mau maka diteruskan pernikahannya, kalau tidak mau segera bercerai meskipun punya anak.



T : Apakah nikah negara itu syah menurut syari'at, kalau suami isteri itu muslim, atau suaminya muslim isterinya ahlul kitab ?

J : Perkawinan itu dianggap syah jika terpenuhi semua syarat-syaratnya, tidak terkait dengan tempat pencatatan, tapi kami tidak tahu tentang peraturan nikah yang ada di berbagai negeri. Jika syarat-syarat syar'i tidak terpenuhi dan petugas yang bertanggung jawab atas berlangsungnya nikah negara tidak memperhatikan syarat-syarat yang ditentukan oleh Islam maka pernikahan tersebut tidak syah.

T : Apakah termasuk syarat pernikahan yaitu berlangsung di depan pengadilan Agama atau harus mendapatkan ijin darinya, atau di hadapan seorang alim ?


J : Semua ini tidak termasuk syarat nikah, bahkan syarat nikah itu syah dengan adanya dua saksi muslim sebagaimana yang telah kita sebutkan. Adapun pencatatan secara resmi ini penting unutk menjaga dan memelihara hak-hak yang dikhawatirkan untuk ditentang atau diingkari. Adapun keberadaaan yang mengijini atau seorang alim ketika aqad nikah, itu untuk membantu calon pengantin mengucapkan aqad nikah dengan lafadz syar'i kepada pengantin. Dan untuk menjelaskan apa-apa yang tidak diketahui dari hukum mahar.



T : Apakah bapak, karib kerabat berhak menikahkan anak perempuan tanpa keridhoan anak putrinya?

J : Tidak berhak mereka itu menikahkan kecuali dengan keridhoannya, kecuali anak perempuannya itu masih kecil/belum baligh. Maka seorang ayah dengan perwaliannya menikahkannya.

T : Apakah boleh seseorang mengambil mahar isterinya tanpa keridhoannya ?


J : Tidak boleh kecuali karena kebaikan isteri. Sebab mahar itu adalah hak isteri semata.



T : Apa dibenarkan suami membatalkan penyerahan hak cerai kepada isteri ?

J : Tidak dibenarkan suami membatalkan penyerahan hak cerai dari isteri. Bahkan hak isteri tersebut tetap ada sesuai dengan penyerahan. Berbeda dengan perwakilan, dimana suami bisa mencabut perwakilannya tersebut. Sehingga tidak berhak lagi bagi dia (wakil) untuk menceraikan isterinya.

No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.