recent

Pendahuluan Bab 9 Tentang Perusak Hubungan Suami Isteri

Hubungan suami isteri akan tegak bila dibangun diatas satu dasar yaitu kasih sayang yang telah Allah jelaskan dalam firman-Nya,

["Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya , dan Dia menjadikan diantara kalian rasa kasih sayang"] Ar-Ruum : 21



Maka sepanjang dasar itu tegak dengan kokoh, maka tidak ada bahaya dan kekhawatiran terhadap kehidupan rumah tangga, meskipun terjadi perselisihan antara suami isteri, mereka akan saling memahami dan tidak mpermasalahan. Karena hati mereka saling mencintai dan mau memikul kejelekan dan bersabar terhadap pihak yang berbuat jelek.

Dan sudah diketahui bahwa kehidupan rumah tangga tidak kosong dari perselisihan dan kesulitan. Maka kalau suami isteri tidak sabar dan tidak mau menanggungnya, maka tidak akan hidup bersama suami isteri tersebut. Dan bahaya akan selalu mengancam dan bisa bisa menghancurkan hubungan suami isteri secara total apabila dasarnya itu lemah atau sirna. Karena dengan hilangnya kecintaan dari hati akan mendatangkan kebencian, sehingga suami isteri tidak akan memperlakukan pasangannya dengan penuh kasih sayang dan kecintaan, tidak bisa bersabar dan menahan diri, bahkan akan memperlakukan dengan sikap kaku, kasar, saling mencaci serta mencela.

Sesungguhnya termasuk hal yang penting kita sampaikan adalah dasar hubungan antara manusia yakni kecintaan yaitu selamatnya hati dari sikap benci dan kedengkian kepada orang lain. Maka tidak akan tumbuh kebencian dan kedengkian seseorang terhadap orang lain kecuali disebabkan oleh perkara-perkara yang menjauhkannya yang dilakukan oleh orang lain. Maka berubahlah sikap cinta menjadi benci sehingga terpenuhi hati seseorang dengan kedengkian dan kebencian.

Suami isteri adalah pria dan wanita yang keduanya ridha untuk menjadi pasangan suami isteri ketika tidak ada dalam hati masing-masing selain kecintaan yang memenuhi hati terhadap pasangannya dan kasih sayang yang memenuhi hati dan perasaannya. Dengan dasar ini keduanya menikah dan hidup berdua, maka kalau terjadi perubahan antara keduanya dan adanya kegoncangan dalam hubungannya mesti disebabkan oleh satu perkara yang merusak hubungan tersebut, yaitu sikap jelek yang muncul dari salah satu pasangan terhadap yang lainnya sehingga mengganggu dan menyakitinya.

Sesungguhnya kami akan berbicara tentang sebab yang merusak hubungan suami isteri dengan segala kemampuan secara gamblang dan sesuai dengan kenyataan tanpa peduli dengan apa yang telah menjadi kebiasaan manusia dan tanpa mempertimbangkan norma-norma mereka yang rusak maupun semboyan-semboyan mereka yang kosong.

Mengobati penyakit masyarakat adalah tidak dengan menyembunyikan penyakit atau menyamarkan penyebabnya, serta menipu diri sendiri ataupun orang lain. Tetapi pengobatan yang benar dan bermanfaat yaitu dengan menangani luka tersebut, membongkar penyebabnya dan menjelaskan bahaya besar yang ditimbulkan, kemudian memberi pengobatan yang benar dan obat yang bermanfaat. Dan inilah yang akan kita lakukan dengan pertolongan Allah.

No comments

Silakan berikan tanggapan ataupun komentar. Jika komen terdeteksi Spam akan kami hapus.

Powered by Blogger.